BOSAN DENGAN SUASANA KOTA, YUK KUNJUNGI KEBUN RAYA DI INDONESIA

Menikmati panorama alam dengan udara sejuk di antara pepohonan hijau, bisa menjadi pilihan ide liburan seru #DiIndonesiaAja bersama keluarga.  Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, jenis liburan ini bisa dibilang cukup aman untuk dilakukan. Nah, rekomendasi destinasi yang paling cocok untuk dipilih adalah kebun raya.  Selain tempatnya yang luas dan terbuka, Anda bisa melihat berbagai jenis pohon dan tanaman yang unik dan juga langka.  Bahkan, tidak sedikit tanaman di kebun raya yang berasal dari luar negeri, lho.

Pengertian kebun bersifat umum karena tanah yang ditumbuhi tanaman liar juga bisa disebut taman, asalkan berada di daerah pemukiman. Taman dalam arti Indonesia adalah sebidang tanah, biasanya di tempat terbuka, yang mendapat perlakuan tertentu oleh manusia, terutama sebagai tempat untuk menanam tanaman.

Dalam keadaan seperti itu, taman dibedakan dari hutan dilihat dari jenis dan kepadatan tanaman.  Dalam istilah sehari-hari, kebun sering digunakan untuk merujuk pada perkebunan (seperti "kebun karet" atau "kebun kelapa") terutama ketika ukurannya tidak terlalu besar.  Dan itu tidak dikejar secara intensif komersial. Kata taman juga digunakan untuk merujuk pada pekarangan dan kebun.  Taman bisa menjadi halaman, tetapi tidak selalu demikian.  Seluruh atau sebagian dari taman dapat ditata menjadi taman.


Berikut ini beberapa destinasi kebunraya yang bisa Anda jadikan referensi liburan Anda:

 

1 |  Kebun Raya  Samosir , Sumatera Utara

Jika Anda dan keluarga ingin menikmati keindahan pegunungan di atas kaldera terbesar di dunia, salah satu destinasi terbaik di Sumatera Utara bernama Samosir Botanical Garden akan menjadi pilihan tepat.  tepat. Sebab, kawasan kebun raya dengan luas sekitar 100 hektare ini, menyimpan keindahan luar biasa berupa pemandangan alam di sekitar Danau Toba.  Anda akan melihat berbagai koleksi pohon dan tanaman yang sangat lekat dengan budaya Batak, seperti tanaman untuk obat-obatan, pewarna alami untuk membuat kain ulos, berbagai jenis rempah-rempah dan buah-buahan, serta beberapa jenis pohon pinus endemik.  Bangunan di sekitar kebun raya ini juga memiliki arsitektur dan ornamen yang disesuaikan dengan filosofi tradisional Batak, seperti  ukiran jangkrik yang berarti kesetiaan.

 


Nah, saat berkunjung ke Samosir, jangan lupa cicipi  hidangan ikan mas arsik.  Hidangan ini dimasak dengan 16 jenis rempah-rempah dan merupakan salah satu makanan khas Batak Toba yang paling populer.  Sambil berkeliling dan menikmati berbagai hidangan lezat, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, sobat pesona.

 

 

2 |  Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

 

Jika anda ingin menghabiskan waktu bersantai di bawah pohon rindang dengan udara sejuk yang segar, anda bisa datang ke Kebun Raya Bogor atau juga dikenal dengan botanical garden. Bogor. Kebun raya yang terletak di kaki Gunung Salak ini menyimpan 400 jenis pohon palem, 5.000 jenis pohon tropis dari berbagai negara, 3.000 jenis anggrek dan ribuan jenis tanaman lainnya.

 


Di sekitar lokasi kebun raya, Sobat Pesona bisa menikmati kuliner lokal khas kota Bogor juga, lho.  Pedagang kaki lima biasanya menjajakan  mie soto, tauge goreng dan juga  acar bogor.  Selain rasanya yang lezat, harganya juga sangat bersahabat.

 

 

3 |  Kebun Raya  Cibodas , Jawa Barat

Masih berlokasi di Jawa Barat, tepatnya di kabupaten Cipanas Cianjur, Sobat Pesona akan dimanjakan dengan berbagai koleksi jenis bunga, taman lumut, pakis dan pohon yang tumbuh subur.  di  Kebun Raya Cibodas.  Tempat dengan topografi tanah berbukit ini, sangat nyaman untuk bersantai sambil menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada juga warung makan yang bisa kamu pesonakan dan keluargamu bisa berkunjung untuk mencicipi berbagai kuliner lokal khas Cianjur.  Beberapa menu yang tersedia antara lain, seperti, geco,  bubur cianjur dan bandrek yang cocok untuk menghangatkan tubuh dalam cuaca dingin.  Sambil berjalan-jalan dan menikmati camilan, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol CHSE di tempat umum, ya!

 


 

4 |  Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Kebun Raya Kuningan berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. Di sini Sobat Pesona dapat menikmati keindahan kebun raya terbesar di Indonesia yang memiliki luas lahan sekitar 156 hektar.  Sobat Pesona juga akan kagum dengan area perbukitan yang dipenuhi pepohonan yang mengelilingi bukit dengan taman-taman yang dibuat dengan tematik, seperti Rock Garden, Endemic Garden Ciremai atau Green House. Dari area parkir hingga kebun raya, Anda akan menyusuri jalan berundak dengan latar belakang perbukitan hijau yang sangat indah untuk dijadikan spot foto.  Tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan keamanan selama berjalan kaki, karena berbagai destinasi wisata di Tanah Air, termasuk di Jawa Barat telah menerapkan protokol kesehatan, Charm Buddy.

 


Jika bosan berkeliling, Anda bisa beristirahat di beberapa kedai kopi dan menikmati  makanan khas Kuningan yang rasanya siap menggoyang lidah.  Mulai dari opak bakar, tape ketan,  keripik gemblong, tahu lamping hingga kwecang, semua bisa kamu cicipi bersama keluarga sambil menikmati panorama indah di sekitar kebun raya.

 

 

5 |  Kebun Raya  Purwodadi , Jawa Timur

Teman-teman Pesona dan keluarga ingin liburan ke daerah Jawa Timur? Nah, ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Jawa Timur, salah satunya adalah Kebun Raya Purwodadi .  Dengan luas 85 hektar, kebun raya ini diperkaya dengan 2.000 spesies tanaman dari 11.000 spesies. Karena lokasinya yang berada di atas pegunungan, kebun raya ini memiliki cuaca yang sangat segar dan sejuk serta jauh dari polusi.



Kebun raya ini juga dilengkapi dengan bangunan gazebo yang berdiri di tengah taman untuk beristirahat sejenak saat anda lelah mengelilingi kebun raya.  Anda juga bisa melihat-lihat koleksi berbagai jenis anggrek dan beberapa jenis bunga lainnya di rumah kaca, lho. Jika berkunjung ke Purwodadi, tidak lengkap rasanya melewatkan kuliner khasnya yang menggugah selera, seperti garang asem, acar sayur dan  mie tek-tek.   Purwodadi juga memiliki oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang, Sobat Pesona.  Sebut saja, yangko godong, kue semprong, jualan pisang, hingga emping jagung.

 

 

6 |  Kebun Raya Eka Karya , Bali

Menjadi salah satu andalan tempat wisata di Bali, Kebun Raya Eka Karya menghadirkan pelestarian lingkungan alam yang hijau, tertata rapi dan bersih di udara sejuk pegunungan yang segar dan bersih.   Dan jauh dari polusi.  Dengan luas 157,5 hektar, kebun raya ini memiliki ratusan koleksi jenis pohon dan berbagai jenis kaktus. Di sini, Sobat Pesona juga bisa menikmati  fasilitas outbond sambil menikmati keindahan alam kebun raya ini.  Sebelum mudik, Sobat Pesona bisa mencicipi tipat cantok yang merupakan hidangan khas daerah Bali.

 



Sumber : https://kebunraya.id/cibodas/about

Post a Comment

0 Comments