CARA MUDAH DAN SEDERHANA MENANAM TANAMAN HIAS DI MEJA TAMU

Aneka-Peliharaanhias----Menanam tanaman hias di dalam rumah terutama di meja tamu, harus dengan cara khusus agar tanaman dapat tumbuh  dan memeberikan keindahannya dengan maksimal. Cara-cara khusus ini menyangkut cara penanaman, penyiraman, pemupukan, termasuk penyediaan media tanam yang cocok untuk di dalam ruangan.

Tidak semua flora cocok dijadikan tanaman pada ruangan, hal ini terkait dengan ciri berdasarkan tumbuhan tersebut. Faktor yg sangat mempengaruhi cocok tidaknya tumbuhan tersebut dalam ruangan adalah kebutuhan akan cahaya surya. Ada tanaman jenis eksklusif yang harus menerima surya yg poly, perlu sinaran sepanjang hari. Ada pula yg perlu ditempat teduh. Walaupun hal ini sanggup disiasati dengan penggunaan lampu, namun faktor kepraktisannya sangat perlu dipertimbangkan.

Berikut ini cara & tips-tips menanam tanaman hias pada dalam ruangan khususnya pada ruang tamu, supaya tumbuhan terlihat latif dan menarik.

1. Pemilihan Media Tanam untuk Tanaman Hias

Media tanam yg dipakai buat menanam tumbuhan hias pada pada tempat tinggal / indoor wajib mempunyai karakter porous yaitu hanya dapat menampung sedikit air. Menanam tumbuhan hias di dalam tempat tinggal sangat identik menggunakan menanam tumbuhan hias di dalam pot. Faktor kebersihan juga menjadi perhatia utama, jangan hingga media tanam berhamburan dan menyebabkan ruangan kotor. Contoh media tanam yg cocok digunakan buat menanam tanaman hias indoor merupakan sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis, atau kombinasi media tanam. Media tanam tsb sebaiknya dicampur dengan humus, pupuk kompos atau pupuk sangkar buat menjamin terdapatnya nutrisi yang cukup pada media tanam tsb.

Dua. Pemilihan Tanaman Hias

Sudah disinggung sedikit pada atas, buat menanam tumbuhan hias pada pada rumah wajib menentukan flora hias yang bertenaga & tahan akan kondisi pada ruangan. Contoh tanaman hias indoor yg cukup terkenal pada antaranya merupakan phaeleonopsis / anggrek bulan dan dendrobium. Tetapi seperti yg Anda memahami, buat menanam anggrek diharapkan perawatan yg sempurna supaya dapat terus tumbuh dan berbunga. Contoh tumbuhan hias indoor lainnya merupakan palem, bunga Lili, anthurium, sirih gading, bunga andong, dll. Bila Anda menjadi pemula, sebaiknya memilih tanaman hias yang mudah ditanam & dapat tumbuh dengan hanya sedikit perawatan contohnya philodendron, sanseviera, dracaena. Tanaman yg tidak memerlukan banyak sinar matahari sangat cocok ditempatkan di dalam rumah.

Tiga. Lakuan Rotasi Tanaman Hias

Kurang baiknya syarat lingkungan di pada rumah terutama cahaya surya buat pertumbuhan flora hias adalah perkara utama dalam menanam flora hias pada dalam tempat tinggal . Oleh karena itu sebaiknya dilakukan rotasi penempatan tumbuhan setidaknya setiap 2 minggu sekali ke tempat yang mempunyai asupan cahaya relatif misalnya pada dekat ventilasi yg menerima cahaya matahari. Atau Anda dapat meletakkan pot tsb pada pekarangan rumah untuk ad interim saat. Tujuan berdasarkan rotasi tumbuhan ini adalah buat memberikan kesegaran & asupan sinar mentari buat keperluan fotosintensis & pertumbuhan tumbuhan hias itu sendiri. Bila diperlukan, Anda dapat memasang lampu artificial pada dalam tempat tinggal buat keperluan cahaya bagi tanaman .

4. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan sinkron dengan kondisi dan kebutuhan tumbuhan. Pilih pupuk tertentu yang tidak bersifat menyuburkan daun, lantaran pertumbuhan daun yg telalu pesat akan meningkatkan kecepatan penguningan & kerontokan daun tumbuhan. Pada sebagian hobis flora hias pada ruangan poly yg menggunakan pupuk menggunakan komposisi seimbang & jangka panjang. Pupuk yg poly dipakai merupakan pupuk Majemuk berbentuk tablet yg praktis dipakai.

Lima. Perawatan Tanaman Hias

Salah satu tantangan terbesar menanam tumbuhan hias di pada tempat tinggal merupakan perawatannya. Perawatan tumbuhan yg dilakukan misalnya halnya perawatan tanaman hias pada pekarangan rumah mencakup penyiraman, pencabutan gulma, pemangkasan dan pemupukan. Penyiraman flora hias di dalam rumah tidak perlu dilakukan sesering jika ditempatkan pada luar rumah. Untuk penyiraman, lakukan tes kelembaban media tanam terlebih dahulu menggunakan cara menekan media tanam menggunakan jari. Bila kering lakukan penyiraman secukupnya.

6. Upgrade Pot Tanaman Hias

Saat tanamn hias mulai tumbuh membesar & akar dalam pot mulai memenuhi pot, sampai kadang sampai keluar, maka itulah tanda saatnya tanaman hias tsb wajib dipindahkan ke pot yang lebih akbar. Pemindahan tumbuhan hias tsb wajib dilakukan hati-hati agar nir menghambat flora hias. Selain membarui pot perlu pula dilakukan pergantian media tanam menggunakan yang lebih baru, mengingat tumbuhan perlu media tumbuh yg lebih segar dan alami. Pemindahan pot dan penggantian media tanam tsb jua sangat krusial buat mengklaim ketersediaan nutrisi di dalam media tanam yang dipakai.

Demikianlah cara menanam flora hias pada pada tempat tinggal dan diruang tamu. Tanaman hias yang kita tanam akan memberikan keindahannya baik daun ataupun bunganya, bila kita rawat dengan sungguh-benar-benar. Terimakasih telah berkunjung kesini. Sukses selalu.

Post a comment

0 Comments