CARA MUDAH MEMBEDAKAN IKAN LOUHAN JANTAN DAN BETINA UNTUK MEMIJAHKAN

Aneka-Perliharaanhias----Ikan Louhan merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang umumnya dibudidayakan oleh para peternak ikan louhan untuk dijadikan sebagai ikan hias akuarium oleh para pecinta ikan louhan. Dulu saat maraknya tren ikan louhan, ikan ini memiliki harga jual yang cukup fantastis. Bahkan bisa mencapai puluhan  hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada motif, warna serta benjolan yang dimiliki ikan tersebut. Ikan ini juga dipercaya mampu membawa keberuntungan bagi pemilik ikan hias air tawar ini.

Apabila Anda adalah salah satu penggemar ikan louhan, maka nir afdol cita rasanya apabila Anda belum mengetahui cara membedakan antara ikan lauhan pejantan & ikan lauhan betina. Berikut kami akan memberikan Cara membedakan ikan Louhan jantan & betina menggunakan mudah dan seksama, membedakan antara lohan jantan & betina bisa dikatakan gampang-gampang susah, poly pendapat yang sudah dibagikan pada sesama penghobby ikan louhan. Baik kita lihat menurut besar kecilnya jenong kepalanya, berdasarkan warna sirip maupun dari pen kelaminnya.

Dalam membedakan ikan louhan jantan dan betina para peternak ikan louhan umumnya menekan dalam bagian kelamin ikan itu sendiri umumnya ikan louhan jantan pada waktu ditekan akan mengeluarkan cairan berwarnah putih & ikan louhan betina akan mengeluarkan cairan kental berwarna kekuningan, selain itu ikan louhan jantan memiliki perut ramping dan ikan louhan betina mempunyai perut buncit dalam saat ingin memasuki masa kawin.

Semuanya memang bisa benar dan bisa juga meleset, walaupun dengan cara yang terakhir merupakan cara yg paling akurat. Meskipun demikian, cara tersebutpun kadang meleset pula, walaupun hampir mendekati 100 % taraf keakuratannya, pada arti terdapat kemungkinan meleset pula apabila kita kurang teliti atau kita seorang pemula yang baru mau memulai dalam beternak ikan louhan, meskipun cara inilah yg paling gampang.

Perbedaan fisik yg relatif terlihat kentara menurut ikan louhan jantan dan betina adalah dalam besar kecilnya jenong pada kepalanya. Namun apabila ikan louhan tadi masih kecil dan berumur kurang menurut dua bulan, mungkin hal ini relatif sulit buat dipengaruhi, meskipun terdapat beberapa jenis ikan louhan yg menggunakan umur yg nisbi masih belia tetapi telah mempunyai jenong yang mampu dikatakan relatif akbar & telah kelihatan akan sebagai louhan menggunakan jenong yg besar .

1. Membandingkan Karakter Fisik

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membedakan ikan louhan jantan dan betina merupakan membandingkan karakter fisik ikan, memang secara garis besar ukuran ikan luhan jantan lebih besar dari dalam ikan louhan betina. Benjolan ikan louhan jantan pun lebih panjang & lebih lebar menurut dalam benjolan yg diiliki ikan louhan betina. Ciri khusus buat ikan louhan betina merupakan dibagian perutnya masih ada semacam vent yang agak menonjol , jadi mudah untuk membedakan ikan louhan jantan dan betina. Sedangkan untuk ikan louhan hasil keturunan dari Cichlasoma Trimaculatum, betinanya terdapat bintik hitam dibagian sirip punggungnya.

Dua. Mengamati Organ Kelamin

Langkah ke 2 buat mengetahui perbedaan antara ikan louhan jantan & betina merupakan dengan mengamati organ kelaminnya, bila mengalami kesulitan menggunakan cara yg pertama yaitu membandingkan karakter fisiknya, anda bisa menggunakan cara kedua. Ikan louhan jantan ditandai dengan adanya alat kelamin yang dimiliki ikan, ikan louhan jantan memiliki kelamin menggunakan bentuk benjolan yg keluar, & buat kelamin ikan louhan betina tampak menggunakan cekungan. Ciri khusus lagi, bahwa kelamin ikan louhan jantan akan mengeluarkan cariaran berwarna keputih-putihan apabila pada urut, & bagi ikan betina akan mengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan.

Tiga. Memperhatikan Tingkah Laku

Cara yang terakhir adalah dengan memperhatikan tingkah laris yg dilakoni ikan louhan, jika anda perhatikan menggunakan seksama, tingkah laku ikan louhan jantan & betina memiliki perbedaan. Untuk ikan jantan memiliki tingkah laris aktif & gerak yang lincah sekali, sedangkan ikan louhan betina sebaliknya menggunakan gerak yg lemah lembut & gemulai.

Ketiga Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina yang kami paparkan di atas relatif mudah & simple, jika anda masih ragu pada tetapkan jenis kelaminnya, maka anda sanggup memakai ketiga cara di atas. Setelah bisa membedakan ikan louhan jantan & betina, lanjut pembahasan tentang Cara Budidaya Ikan Louhan menggunakan gampang.

Kita mampu amati menurut jenongnya, dimana ikan louhan jantan lebih besar kemungkinan mempunyai jenong yg lebih besar dibandingkan ikan louhan betina, hal ini mampu kita bandingkan apabila ikan louhan tersebut berumur sama & berdasarkan indukan yang sama. Karena bila berumur tidak selaras & dari indukan yang tidak sama pula, maka akan lebih sulit dibandingkan lantaran mampu saja ikan louhan betina lebih akbar jenongnya karena memang dia asal berdasarkan gen menggunakan indukan yang memiliki jenong yg besar .

Dari bentuk jenis kelamin, cara ini merupakan yg paling seksama & sedikit kemungkinan keliru, kecuali buat penghoby atau peternak yg masih umum , kemungkinan masih menerka-nerka sebelum memiliki pengalaman cara memilih louhan jantan dan betina dengan sempurna.

Dimana indera kelamin louhan jantan tidak sama menggunakan alat kelamin louhan betina, dalam louhan jantan kita akan melihat indera kelamin yg sedikit menonjol kebawah yg bisasa kita sebut ven, dan pada louhan betina alat kelaminnya lebih cenderung berbentuk cekungan dan tidak terlalu menonjol.

Tetapi pada waktu ke 2 louhan ini telah ereksi, maka akan lebih kentara terlihat jika dilihat dari samping, dimana louhan jantan mempunyai ven yg menunjuk kebawah menggunakan panjang lebih kurang 0.Lima cm sedangkan louhan betina memiliki ven pula yang menunjuk kebawah tetapi relatif sedikit miring kebelakang, itu adalah semacam corong untuk mengeluarkan telur saat louhan betina bertelur.

Demikian tentang cara gampang membedakan ikan Louhan jantan & betina menggunakan seksama, semoga bermanfaat, dan mungkin terdapat tambahan dari para master louhan, terimakasih & semoga sukses pada membudidayakan ikan louhan.

Post a Comment

0 Comments