TANAMAN HIAS JENGGER AYAM MERAH (CELOSIA ARGENTEA) YANG BERKHASIAT

Aneka-Peliharaanhias---Tanaman hias Jengger ayam merah, simerah meriah yg anggun dan dagi pada taman, begitulah orang mengatakannya. Bunganya yg berwana merah menyala sangat menarik & menggoda mata buat dapat memandanginya.

Mengapa Dinamakan Jengger Ayam?

Ternyata bentuk bunganya yang menyerupai daging merah yang tumbuh di bagian kepala ayam jantan menyebabkan tanaman bunga dari famili Amaranthaceae ini dinamakan jengger ayam.  Orang menanamnya sebagai tanaman hias. Bunganya yang beraneka warna selain merah, mempercantik penampilan halaman, apalagi jika ditanam dalam rimbunan bunganya yang beraneka warna.

Jengger ayam memiliki nama ilmiah Celosia cristata, L., dengan nama sinonim Celosia argentea, L. Dan mengutip dari theflowerexpert.com, nama celosia berasal dari bahasa Yunani “kelos” yang berarti “terbakar”, mengacu dari bentuk bunganya yang merah terang di ujung batang.

Jengger ayam adalah flora semusim, tumbuh tegak menggunakan tinggi antara 60 cm - 90 cm. Batangnya tebal dan kuat.

Daunnya daun tunggal, tumbuh berseling, berbentuk bulat telur sampai memanjang menggunakan panjang 5 centimeter - 12 centimeter & lebar tiga,5 centimeter - 6,5 centimeter, berujung runcing, bertepi homogen dan berwarna hijau atau berwarna perunggu, bergantung pada kultivarnya, dengan sedikit garis merah pada tengah-tengah daun.

Bunganya bunga beragam, berbentuk bulir, di ujung batang atau pada ketiak daun, menggunakan daun pelindung pendek, menggunakan jumlah benang sari lima. Tangkai sari pada pangkalnya bersatu berbentuk cawan, putik berbentuk benang, kepala putik berbentuk bulat. Bunga selain berwarna cerah, juga ada kultivar berwarna kuning, oranye. Buahnya bulat telur, berwarna merah kehijauan. Bijinya berbentuk ginjal, keras, hitam.

Jengger ayam pada umumnya tidak tumbuh liar melainkan di taman-taman atau halaman rumah sebagai tanaman hias dan tempat-tempat lain hingga ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. tanaman bunga jengger ayam atau Celosia tumbuh subur didataran tinggi yang sejuk,  banyak dijumpai di taman-taman puncak. Bagi para hobies yang mau menanamnya didataran rendah juga bisa tetapi perlu perlakuan khusus, seperti tempatkan Celosia di ditempat terbuka teduh yang tidak terkena matahari langsung.

Mengutip dari Wikipedia, tumbuhan ini banyak dikenal di Sulawesi dengan sebutan tatara manuk, sapiri manu, bunga api-api, laya, langgelo, kaputi ayam, rangrang jangang, bunga lali manu, dan puwa ri sawito.  Situs warintek.ristekdikti.go.id menambahkan tumbuhan ini di Makassar disebut barang jangan.

Di Jawa, tumbuhan bunga ini selain dikenal dengan nama jengger ayam, jawer kotok, bayem cenggeng (Jawa), jua disebut jawer hayam (bahasa Sunda), jhanggar ayam (Madura) atau rebha mangsor.

Di Bali, orang menyebutnya janggar siap. Di Nusa Tenggara, flora ini dianggap bunak manulalarit (Timor), ndae ana sina (Rote), atau pula janggar siap.

Di Sumatera, mengutip menurut warintek.Ristekdikti.Go.Id, flora ini disebut sebagai celala (Gayo), banda ulu (Batak), & bunga tali (Palembang), & bayam biludu (Sumatera Barat).

Orang Maluku menyebutnya tiko ma rerede (Halmahera), sule-sule (Ternate). Nama lain yg dikenal adalah wire, kolak, toko.

Dalam bahasa Inggris, tanaman ini dianggap cockscomb, & mengutip menurut theflowerexpert.Com, jua dianggap wool flowers atau brain celosia. Di Tiongkok, tumbuhan ini dianggap chi kuan.

Tidak diketahui asal tanaman ini, mengutip dari theflowerexpert.com, tetapi para ahli memperkirakan berasal dari Afrika, India, dan Amerika Utara ataupun Amerika Selatan. Tiga spesies dari Celosia, yakni cristata, argentea, dan spicata, diintroduksi  ke Inggris pada 1570.

Wikipedia menjelaskan tumbuhan ini tahan menurut serangan penyakit, dapat ditanam pada luar tempat tinggal ataupun pada pada rumah, walaupun lebih menyukai tumbuh di tempat terbuka, terpapar eksklusif matahari menggunakan sistem drainase yg baik.

Cara Menanam Tanaman Hias Jengger Ayam

Menurut pengalaman penulis menanam Jengger ayam nir wajib mempunyai keahlian khusus, lantaran tumbuhan ini sangat mudah di tanam dan dipelihara serta nir perlu perlakuan khusus cukup lakukan seperti pada flora hias lain dalam umumnya. Penamaman dapat dilakukan pada pada Pot atau pribadi pada Lahan perkarangan yang tersedia, berikut Aneka-Peliharaanhias bagikan cara menanam bunga jengger ayam secara sederhana pada pekarangan tempat tinggal ;

1. Menyiapkan Lahan Tanam

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu menyiapkan lahan tanam sama seperti cara menanam bunga cosmos . Agar tanah bersifat netral maka minimal huma tanam disipkan 1 minggu sebelum tanam. Untuk memudahkan pengolahan tanah, maka dibuatkan lahan tanam bedengan.

Berikut termin pengolahan tanahnya.

  • Untuk membuat bedengan, anda membutuhkan peralatan berupa cangkul, garpu dan koret.
  • Ukuran bedeng dibuat dengan ukuran pxl sebesar 1×0.5 meter.
  • Cangkul yang gemburkan tanah yang akan di buat lokasi tanam bunga jengger ayam.
  • Kemudian buat bedengan dengan ukuran yang telah di tentukan tadi.
  • Kemudian sebarkan pupuk kandang atau kompos secara merata di atas permukaan bedengan.
  • Kemudian diamkan selama 1 minggu, baru setelahnya dapat dilakukan penanaman.

Dua. Membeli Bibit Tanaman Bunga Jengger Ayam

Seperti yang sudah pada jelaskan tersebut bahwa bunga jengger ayam dapat pada tanam melalui biji berbeda menggunakan cara menanam bunga calla lily . Untuk mendapatkan bijinya anda harus mempunyai tumbuhan indukan.

Namun, tentu saja anda mampu mencari cara yang lebih mudah. Benih bunga jengger ayam telah poly pada jual di toko bibit tumbuhan hias. Atau jika ingin lebih praktis maka anda mampu membelinya melalui situs online yang mampu kita temukan pada internet.

Tentu saja anda wajib membelinya pada situs & penjual yang terpercaya. Jangan sungkan buat menanyakan liputan lengkap mengenai benih yg akan anda beli. Lantaran jangan hingga saat telah di beli malah, kita merasa tertipu karena nir menanyakan menggunakan detail kabar tentang benih. Untuk menjaga kualitas & daya tumbuh benih, usahakan simpan benih pada tempat yang sejuk & nir terkena cahaya surya eksklusif.

3. Menanam Bibit Di Lahan

Setelah benih siap, maka termin selanjutnya merupakan melakukan penanam di lahan seperti pada cara menanam bunga dandelion . Untuk mempermudah, anda mampu langsung menanam biji ke dalam bedengan. Mengingat umur tanaman ini pendek maka melakukan persemaian akan sedikit memperlama saat tanam.

Apabila benih yg anda pilih merupakan benih yang berkualitas maka anda tidak perlu mengkhawatirkan biji nir tumbuh. Berikut Aneka-Peliharaanhias bagikan cara menanam bunga jengger ayam yg baik dan gampang buat anda.

  • Sebelum di tanam sebaiknya lahan tanam benar benar bersih, jika ada gulma yang tumbuh sebaiknya di singkirkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu, anda dapat melakukan penanaman dengan cara menyebarkan benih ke permukaan bedengan.
  • Cara ini seperti saat anda menanam sayuran bayam, karena bijinya berukuran kecil jadi pastikan anda menyebarkannya secara merata.
  • Kemudian taburkan pupuk kandang halus atau kompos untuk menutupi biji yang telah di sebar tadi.
  • Tutup hingga biji tidak ada yang muncul kepermukaan.
  • Kemudian setelahnya siram menggunakan air secukupnya. Sebaiknya penyiraman dilakukan dengan menggunakan semprotan atau handsprayer.
  • Jika ada benih yang muncul kepermukaan sebaiknya taburkan kembali pupuk kandang halus untuk menutupinya.
  • Setelah 2-4 hari biji akan mulai berkecambah dan pada hari ke 7 tanaman muda akan mulai muncul dari permukaan tanah.
  • Pada saat ini tanaman rentan di serang serangga seperti jangkrik dan bekicot, untuk intu anda bisa menyebarkan Fudaradan 3G di permukaan media tanam.
  • Lakukan juga penyiraman rutin, untuk menjaga pertumbuhan tanaman.

4. Penjarangan Tanaman

Setelah 2 minggu maka flora akan mulai tumbuh dengan 3-4 helai daun sejatinya. Pada waktu ini, anda harus melakukan penjarangan tanaman , agar flora dapat memiliki pertumbuhan yg optimal seperti pada tata cara menanam bunga balsam.

Lakukan penjarangan dalam tumbuhan yang tumbuh terlampau kedap, berdekatan dan bertumpuk. Pindahkan pada bedengan dengan jeda yg ideal. Penjarangan ini dimaksudkan supaya nir terjadi perebutan unsur hara antar flora. Perebutan ini tentu akan mengakibatkan flora yg kalah akan mengalami pertumbuhan yg lambat dan kalah dibandingkan yg lainnya. Tentu saja hal ini akan berdampak dalam masa berbunga yang nir serempak.

5. Perawatan dan Pemeliharaan

Pemeliharaan & perawatan dilakukan supaya tumbuhan dapat permanen tumbuh dan dalam akhirnya dapt membentuk bunga. Pemeliharaan pada tumbuhan ini sebenarnya nir jauh berbeda menggunakan tumbuhan hias lainnya misalnya pada cara menanam mawar hitam menurut biji . Ada beberapa hal perlu anda perhatikan antara lain sebagai berikut :

Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara rutin minimal sehari dua kali semenjak flora muda. Kemudian saat tumbuhan sudah mulai dapat tumbuh menggunakan baik, maka penyiraman bisa pada kurangi dan pada sesuaikan dengan syarat tanaman & huma tanam. Pada musin hujan usahakan anda nir perlu melakukan penyiraman. Cukup untuk saluran irigasi sebaik mungkin supaya nir terdapat air yg menggenang di bedengan yg bisa menyebabkan akar tanaman membusuk.

Pembumbunan

Untuk pembumbunan harus di lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Pembumbunan dilakukan supaya akar flora lebih bertenaga mencengkerang tanah, sebagai akibatnya tanaman tida mudah rebah. Apalagi jika hingga akan flora ada kepermukaan tanah, maka akan mampu berdampak pada pertumbuhan tumbuhan.

Penyiangan

Untuk penyiangan anda bisa melakukannya berbarengan dengan pembumbunan. Penyiangan dilakukan buat mematikan pertumbuhan gulma pada lebih kurang tanaman . Sehingga tidak ada persaingan perebutan hara antara flora & gulma.

Pemupukan

Untuk pemupukan sendiri anda relatif memakai pupuk sangkar yang di tambahkan kedalam bedengan. Tidak perlu menambahkan pupuk anorganik lain. Lantaran dalam dasarnya nir di pupukpun flora ini dapat tumbuh menggunakan baik.

Pemangkasan Daun Tanaman

Pemangkasan ini dilakukan bila syarat daun flora terlalu rimbun. Maka tentu perlu dilakukan penjarangan supaya hara flora nir dipakai buat pertumbuhan daun tumbuhan saja melainkan buat membuat bunga menggunakan cepat. Lakukan pemangkasan pada demam isu kering saja, selain mengurangi penguapan, cara ini dapat menghindari bekas luka pangkasan pada serang cendawan atau bakteri berbahaya.

Penanggulangan Hama dan Penyakit Tanaman (HPT)

Hama & penyakit tanaman sangat sporadis ditemukan pada tanaman ini. Meskipun tahan terhadap agresi tentunya kita tetap wajib berjaga jaga. Untuk itu anda sanggup melakukan penyemprotan pestisida setiap tiga bulan sekali. Dengan menjaga kebersihan lahan & sanitasi lingkungan, maka hama dan penyakit nir akan mendekati tumbuhan ini.

Tanaman Hias Jengger ayam Cantik Berkhasiat Besar

Tanaman hias Jengger ayam ternyata selain latif, anggun & menarik di tanam menjadi tumbuhan hias, ternyata juga menyimpan khasiat lain selain sebagai penghias halaman. Baik daun ataupun bunganya dapat dimanfaatkan menjadi sayuran, mengingat jengger ayam satu famili menggunakan sayuran bayam. Tumbuhan ini dibudidayakan di India, Afrika Barat & Amerika Selatan sebagai bahan pangan.

Aneka-Peliharaanhias, mengutip berdasarkan Wikipedia, Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia, menyebutkan jengger ayam memiliki rasa anggun & sejuk, dan bisa digunakan buat antiradang, menghentikan keputihan, & memberitahuakn penglihatan. Tanaman ini dapat menghentikan perdarahan, seperti pada batuk darah, muntah darah, mimisan, dan wasir berdarah.

Bunga jengger ayam mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin, pinitol, sedangkan pada daun terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol.

Studi pada Indonesia, misalnya dimuat dalam etd.Repository.Ugm.Ac.Id, mengungkapkan tumbuhan jengger ayam merupakan salah satu tanaman yg bisa dipakai menjadi sumber antioksidan yang potensial.

Bunga jengger ayam juga memiliki kemampuan antibakteri. Yulia Pita Sari, Darwis Welly, dan Supriati Rochmah, meneliti ekstrak bunga tanaman jengger ayam sebagai antibakteri dalam karya penelitian untuk tesis di Universitas Bengkulu (2014). Melalui penelitian berjudul “Uji Efektivitas Ekstrak Bunga Tanaman Jengger Ayam (Celosia cristata, L.) sebagai antibakteri Shigella dysenteriae Kiyoshi Shiga dan Salmonella typhi Karl Ebert, para peneliti dari Departemen Ilmu Biologi Fakultas MIPA tersebut berdasarkan hasil analisis ANOVA mendapatkan hasil konsentrasi efektif ekstrak bunga jengger ayam dalam menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysentriae yaitu 15 persen (150 µg/ml), untuk bakteri Salmonella typhi yaitu konsentrasi 35 persen (350 µg/ml).

Ekstrak bunga tanaman jengger ayam, menurut penelitian yang dapat dibaca di repository.unib.ac.id itu,  lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae dan bakteri Salmonella typhi dibandingkan larutan pembanding kloramfenikol.

Uji efektivitas ekstrak bunga tanaman jengger ayam dalam merusak pertumbuhan bakteri S. Dysentriae dihasilkan H0 (perlakuan ekstrak nir Mengganggu pertumbuhan bakteri S. Dysentriae) diterima dan H1 (perlakuan ekstrak merusak pertumbuhan bakteri S. Dysentriae) ditolak dan buat hasil uji efektivitas dalam Mengganggu pertumbuhan bakteri S. Typhi dihasilkan H0 (perlakuan ekstrak nir Mengganggu pertumbuhan bakteri S. Typhi) ditolak & H1 (perlakuan ekstrak merusak pertumbuhan bakteri S. Typhi) diterima.

Demikian artikel sederhana tentang Tanaman Hias Jengger Ayam Merah atau Celosia argentea yang cantik,  yang juga berkhasiat untuk tanaman obat. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin menanam Tanaman Hias Jengger Ayam Merah atau Celosia argentea, agar tumbuh dengan baik. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments