INILAH ALASAN MENGAPA MEMELIHARA IKAN KOI MEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Aneka-Peliharaanhias---Banyak orang yang meyakini bahwa memelihara ikan hias itu membawa beberapa laba dan keberuntungan. Terlepas berdasarkan anda percaya atau tidak, menganggap sesuatu itu mitos atau suatu yang terjadi secara konkret, banyak yang sudah meyakini bahwa ikan hias terutama ikan Koi dipercaya sudah menaruh manfaat yg akbar bagi pemiliknya. Bahkan tidak jeda hobbis yg sudah usang dengan susah payah memeliharanya mendapatkan keberuntungan baik dari segi nasib juga secara finansial menurut segi keuntungan ekonomis dari nilai jual ikan yang tinggi. Ikan koi memang dipercaya membawa hoky dan keberuntungan bagi mereka yg memelihara pada kolam-kolamnya.

  1. Dua hal yang membawa keberuntungan ketika memelihara ikan Koi, yakni penempatan kolam berisi air dan corak warna tubuh ikan Koi diyakini membawa keberuntungan “hoki” kepada si pemilik, penghuni rumah / kantor, atau pun dimana kolam ikan koi ini ditempatkan
  2. Kolam ikan yang dibangun sebaiknya disesuaikan menurut aturan fengshui.  Sebainya kedalaman kolam digali  melebihi permukaan kolam yang berada diatas permukaan tanah
  3. Jumlah ikan Koi yang dipelihara dalam kolam berjumlah delapan sampai sembilan ekor. Dimana mengandung unsur-unsur melambangkan seperti; Delapan diartikan kaya ( kemakmuran ), sedangkan Sembilan mengandung arti forever ( selamanya)
  4. Unsur Air meningkatkan Chi atau energi positif dalam gedung yang ditempati, serta melambangkan sumber kehidupan selalu dibutuhkan oleh manusia dan mahluk hidup lain
  5. Posisi terbaik penempatan kolam Koi berada pada kutub Barat Daya, yakni 232,5° – 247,5° dan kutub Barat, yakni 247,5° – 262,5°. Posisi kutub Barat Laut dan Barat mengaktifkan kutub Logam atau Emas.

1. Legenda koi si pembawa keberuntungan.

Bagi yg percaya dengan feng shui, pasti mengerti mengenai khasiat ikan koi bagi keberuntungan rumah. Kenapa sih ikan koi dibilang si pembawa hoki? Tahukah engkau legendanya? Begini ceritanya :

Dahulu kala sekelompok ikan koi berenang bersama-sama melewati sungai. Apapun rintangan dan kesulitan, mereka lalui bersama-sama. Kebersamaan membuat mereka memiliki kekuatan untuk melawan arus. Ketika mereka mencapai air terjun di ujung sungai, melihat derasnya air terjun tersebut kebanyakan dari mereka pun mulai menyerah. Walau begitu, koi lainnya tidak menyerah begitu saja. Mereka terus berusaha melompat-lompat untuk mencapai puncak air terjun. Tak tahu bahwa iblis sedang mempermainkan mereka dengan menambah kekuatan arus air terjun tersebut. Para ikan koi pun  tak mau menyerah terus berusaha melompat-lompat selama 100 tahun lamanya. Pada akhirnya satu ikan koi berhasil menapai puncak air terjun. Para dewa yang mengakui tekad dan usaha ikan koi tersebut, mengubahnya menjadi seekor naga emas yang melambangkan kekuasaan dan ketekunan.

Legenda ini yg menciptakan ikan koi dipercayai menggunakan hal-hal positif. Ketekunan dan bisnis yang keras menjadikan ikan koi sebagai lambang hoki. Cerita diatas pun dipercaya sang Jepang sebagai lambang buat para samurai mereka terdahulu lho.

Dua. Apakah warna ikan koi melambangkan sesuatu?

Dalam meyakini keberuntungan memelihara ikan koi, tidak jarang para hobbis melihat jenis dan warna ikan yang sesuai dengan tujuan mereka. Bahkan warna ikan koi pun memiliki lambangnya masing-masing lho. Setiap warna ini dilambangkan sebagai doa para pemiliknya untuk mencapai kesuksesan.  Berikut ini lambang atau arti dari warna-warna jenis ikan Koi :

a. Ikan koi emas :  Melambangkan kejayaan dan kekayaan dalam usaha.

B. Ikan koi hitam : Melambangkan sukses sehabis memulai perubahan.

C. Ikan koi merah : Melambangkan sukses dalam percintaan.

D. Ikan koi perak : Melambangkan sukses dalam bisnis.

E. Ikan koi putih : Melambangkan kunggulan pada karir maupun famili.

Tiga. Ikan koi hewan terbaik buat dipelihara?

Tidak disangkal lagi, jikalau ikan koi merupakan peliharaan ikan hias yg paling asik dan menyenangkan. Kalau yang satu ini, memang kabar ikan koi. Ikan koi sangat jinak dengan insan. Mereka bahagia berinteraksi apalagi bila waktu itu kamu sedang memberinya makan. Merawatnya pun sangat mudah. Kamu bahkan ngak perlu takut kolam mu mudah kotor. Dengan sistem filterisasi sederhanapun kolam akan terpelihara dan selalu bersih. Ikan koi terkenal sangat menjaga kebersihannya lho. Kamu cukup membersihkannya sebulan sekali. Peliharaan yang lucu, jinak dan nir membutuhkan poly uang buat merawatnya, siapa lagi jikalau bukan ikan koi iya kan?

4. Benarkah Ikan dengan umur sangat panjang?

Berbeda menggunakan fauna-fauna yang diperlihara seperti kucing, anjing, kelinci dan lain-lainnya yg hanya bertahan lebih kurang 10-15 tahun lamanya. Rata-rata ikan koi mampu bertahan hidup hingga 50 tahun. Bahkan ada ikan koi yg berumur 100 memahami dan 200 tahu lho! Makanya ngak heran, ikan koi mampu dikatakan sebagai hewan pendamping hidup terbaik manusia. Tentu saja karena usianya bahkan mampu melebihi kita.

Di Jepang, ditemukan ikan koi berumur 215 tahun milik sorang dokter bernama Komei. Ikan koi ini dinamakan Hanako. Hanako ini memiliki rona merah dengan panjang 70 centimeter dan berat 7,5 kg. Komei juga bercerita Hanako bahkan telah ada sejak dia lahir dan sudah beserta famili nya selama 4 generasi. Luar biasa. Asal kita bisa merawat ikan koi menggunakan baik, hidup ikan koi niscaya sanggup bertahan relatif lama . Siapa memahami? Ikan koi mu sanggup bertahan usang seperti Hanako. Iya gak?

Lima. Ikan koi membantu mendekatkan dirimu pada alam?

Ntah engkau percaya atau tidak, ikan koi dipercayai dapat membantu mendekatkan pemiliknya menggunakan alam lho. Katanya, alam sangat mencintai ikan koi. Maka apabila kamu memilihara ikan pada pada sebuah kolam, kolam itu bagaikan ?Ajakanmu? Bagi makhluk hayati lainnya seperti tumbuh-flora, bunga, burung, & lain-lainnnya. Kamu pun akan secara nir sengaja menciptakan sebuah ruang buat bertemen menggunakan alam kurang lebih. Lagipula membentuk kolam juga mempercantik teras & menambah nilai indah rumahmu bukan?

Nah itulah pernyataan singkat tentang ikan koi. Anda percayai atau nir, akan tetapi sudah banyak orang yang mengakui memang ikan ini membawa keberuntungan & kesuksesan bagi yang memeliharanya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca goresan pena artikel ini.

Post a comment

0 Comments