PENYEBAB KEKUARANGAN OKSIGEN GEJALA DAN AKIBATNYA PADA IKAN HIAS

Aneka-Peliharaanhias----Sahabat Pencinta ikan hias, Sebagian besar ikan membutuhkan oksigen (O?) terlaru dalam air sebesar 3 mg/l. Idealnya, batas minimal kandungan oksigen terlarut buat pertumbuhan ikan merupakan 5 mg/l. Meskipun demikian, ikan hias masih dapat hayati dibawah batas minimal tersebut. Konsekuensinya nafsu makannya akan menurun & pertumbuhannya terhambat.

Gejala kekurangan oksigen pada ikan tampak menurut mobilitas-geriknya yg gelisah, selalu berenang di permukaan air, dan frekuensi pernapasan yg lebih cepat (insang & lisan membuka dan menutup lebih cepat). Kekurangan oksigen umumnya terjadi dampak faktor-faktor menjadi berikut :

1. Kenaikan Temperatur

Meningkatnya temperatur air akan menurunkan kemampuan air buat menyerap oksigen sebagai akibatnya taraf kejenuhan oksigen pada dalam air juga menurun. Namun, naiknya temperatur akan menaikkan respirasi yg membuahkan pada peningkatan penggunaan oksigen. Untuk menjaga supaya temperatur selalu konstan dalam siang dan malam hari, di kolam bisa dipasang indera pemanas (heater) dan Themostat. Langkah ini poly diterapkan buat budi daya ikan diskus yang masih mini atau muda.

Dua. Kandungan Bahan-bahan Organik

Kandungan bahan organik yang tinggi bisa menyebabkan konsentrasi oksigen pada dalam air menipis karena dipakai sang bakteri pengurai untuk proses respirasi (pernapasan).

Tiga. Kombinasi Tanaman Air

Selain membentuk oksigen, tumbuhan air pula memanfaatkan oksigen buat proses respirasi dalam siang & malam hari. Bertambahnya jumlah flora air akan menaikkan kandungan oksigen di bagian atas air, tetapi akan mengurangi oksigen pada bagian bawah bagian atas air. Karena itu, harus diperhatikan keseimbangan pertumbuhan flora supaya tidak terjadi penumpukan oksigen dalam siang hari & penurunan drastis oksigen dalam malam hari.

4. Kepadatan terlalu tinggi

Kepadatan yang terlalu tinggi mengakibatkan ikan saling bertebut oksigen. Akibat paling tragis, ikan-ikan akan tewas karena kekurangan oksigen. Hanya ikan jenis labirin, seperti gurami yg bisa bertahan hayati lantaran bisa menyerap oksigen eksklusif dari udara. Kekurangan oksigen bisa mengakibatkan ikan stres dan daya tahan tubuhnya menurun sebagai akibatnya gampang diserang penyakit.

Lantaran itu Untuk mengatasi berkurangnya jumlah ogsigen terlarut di dalam air baik dalam Aqurium maupun kolam ikan hias perlu dilakukan cara-cara sebagai berikut :

1. Mekanik,

Cara mekanik ini dengan memakai aerator atau alat aliran air (pompa) yang mampu memutar oksigen dari udara ke pada air secara cepat dan dalam jumlah besar . Biasanya buat aquarium dipakai Aerator dan Blower-pompa udara ukuran besar umumnya dipakai buat kolam. Intinya, aerator & blower berfungsi buat menaikkan intensitas pertukaran air sehingga kualitas air bisa terjaga.

Dua. Kimia

Meskipun jarang dipakai, salah satunya menggunakan hadiah superfosfat sudah terbukti sanggup merangsang pertumbuhan fitoplankton baru yg dapat membantu proses fotosintesis yg tentunya sangat bermanfaat bagi komunitas ikan hias di aqurium maupun di pada kolam.

3. Biologi

Cara ini dilakukan dengan menjaga ekuilibrium kandungan oksigen antara flora produsen oksigen dan organisme pengguna oksigen. Perlu diperhatikan & diatur dengan baik antara jumlah Tanaman air di pada aquarium menggunakan jumlah ikan pada dalamnya.

Demikianlah sobat pencinta ikan hias, tentang penyebab kekurangan oksigen, gejala & akbatnya pada ikan hias serta cara mengatasinya, semoga berguna. Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments