MANFFAAT DAN KHASIAT MENANAM LEMON (CITRUS LIMON)

Aneka-Peliharaanhias----Menanam buah lemon dipekarangan tentunya bisa memberikan nilai tambah tersendiri, baik tumbuhan lemon dibentuk buat penghias estetika taman & laman juga bermanfaat buat konsumsi sehari-hari. Buah jeruk lemon atau citrus limon demikian orang poly mengenalnya, merupakan sejenis jeruk yg berguna yang dikenal pula dengan sebutan sitrun, jeruk sitrun (menurut bahasa Belanda), citroen, buahnya berbentuk bundar oval, terdapat tonjolan pada ujungnya, rona kulit butir matang kuning cerah, cita rasanya asam, sepet, sedikit anggun.

Berikut admint akan mengulas sedikit tentang manfaat dan ciri-ciri umum berdasarkan buah lemon yang dapat kita tanam sendiri di halaman ataupun dipekarangan ini.

Lemon lebih terkenal dalam industri kuliner lantaran memiliki aroma citrus yg segar dan bagian yang digunakan air perasan & kulitnya. Beberapa fungsi lemon dalam kuliner, yaitu menjadi penambah citarasa, menghilangkan aroma amis pada ikan dan seafood, memberi aroma segar pada soto. Kulit lemon dapat digunakan sebagai garnish makanan & minuman, kue, cake, & lainya.

Klasifikasi ilmiah dari buah lemon, adalah sebagai berikut  :

Divisio     :   Plantae

Ordo       :   Sapindales

Famili      :   Rutaceae

Genus     :   Citrus

Spesies   :   Citrus limon

Lemon memiliki sekitar 20 varietas atau jenis. Namun di pasar Indonesia hanya ada jenis lemon eksklusif, pada umumnya jenis Eureka dan Meyer. Beberapa jenis lemon yang ditemukan, antara lain :

1. Eureka lemon: Sama dengan lemon pada umumnya, memiliki rasa asam, sepet, kulitnya kasar, terdapat biji, ada tonjolan di ujungnya.

2. Lisbon lemon: Rasanya sama dengan eureka lemon, namun kulitnya halus, tanpa biji, tidak ada tonjolan pada ujungnya.

3. Meyer lemon (Citrus x Meyeri): Lemon ini banyak dijumpai di pasar dan restoran, memiliki flavor manis dan lebih aromatik.

Perbedaan Lemon dengan Jeruk Nipis

Lemon & jeruk nipis memang sama-sama jeruk asam tetapi dapat dibedakan berdasarkan warnanya, yaitu lemon berwarna kuning cerah, sedangkan jeruk nipis berwarna hijau. Jeruk nipis memang lebih gampang ditemukan di Indonesia, sedangkan lemon masih jarang dan harga sedikit lebih mahal karena sebagian besar masih impor.

Manfaat Buah Lemon Segar

Buah jeruk lemon atau citrus limon sangat bermanfaat buat kecantikan, kesehatan, & menjadi pemberi citarasa & flavor pada kuliner.

Khasiat lemon bagi kecantikan:

- Memutihkan gigi

- Menjaga kesetan Mulut

- Menguatkan & menciptakan kuku lebih lebih putih

- Mengatasi malasah kulit paras seperti flek hitam, pori-pori besar , & keriput dalam kulit

- Melembabkan kulit yg kemarau

- Menurunkan berat badan

- Membuat rambut berkilau

- Menghilangkan ketombe.

Khasiat Lemon Bagi kesehatan

- Memperbaiki sistem pencernaan supaya dapat menyerap zat gizi dengan baik

- Menyeimbangkan pH tubuh

- Menyerap & mengeluarkan racun menurut pada tubuh melalui urin (detoksifikasi)

- Menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah, menurunkunkan resiko penyakit jantung dan diabetes

- Mencegah penyakit batu ginjal & menjaga kesehatan hati

- Menghilangkan tertekan

- Mencegah kanker

- Meningkatkan kekebalan tubuh.

Keutamaan kandungan Gizi Buah Lemon

Vitamin C

Vitamin C dalam 100 gram buah lemon kurang lebih 50 mg. Kadar vitamin C yang sangat tinggi ini tidak mudah rusak lantaran memiliki pH yg cukup asam, yaitu 2-3. Dengan mengonsumsi 1,lima-tiga butir lemon bisa memenuhi RDA vitamin C buat orang dewasa (perempuan 75 mg/hari, laki-laki 90 mg/hari).

Asam sitrat

Lemon mengandung 5% asam sitrat (sekitar 0,3 mililiter per liter) yg berfungsi menstimulasi produksi enzim hati & menyerap racun dalam aliran darah (detoks) yang dibuang melalui urin.

Kalium

Kalium adalah keliru satu mineral krusial buat otak, mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Lemon mengandung tinggi kalium, yaitu 140 mg pada 100 gram buah. Kandungan kalium yg sangat tinggi ini sanggup menyembuhkan biliousness atau gejala gangguna hati.

Limonene

Kulit lemon memiliki kelenjar yang menghasilkan minyak esensial (citri aetheroleum) yang memberi aroma citrus & rasa lemon yg juga dibangun dengan d-lemonen. Lemon mengandung 68% d-limonen yg dipelajari bisa mencegah kanker lantaran merupakan antioksidan yg baik. Berdasarkan penelitian di Mediterania yang sebagian besar penduduknya mengonsumsi minuman lemonade terbuat dari seluruh bagian lemon termasuk kulit yang banyak mengandung d-lemonen, mempunyai risiko lebih rendah terhadap obesitas dan kanker.

Quersetin

Lemon mengandung flavonoid, yaitu quersetin yg berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Flavonoid ini berfungsi pula sebagai antivirus, antikanker, dan antialergenik. Selain itu quersetin ini menaikkan kekebalan tubuh, memproduksi hormon insulin sehingga menyeimbangkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, lemon juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B komplek, Vitamin E, kalsium, fosfor, besi, natrium, magnesium, mangan, zink, beta karoten, serat, & zat gizi mikro lainnya yg bermanfaat bagi kesehatan.

Diet Detoks Lemon

Diet detoks lemon tak hanya untuk menurunkan berat badan namun juga untuk menghilangkan racun dan tubuh (detoksifikasi). Dengan rutin mengkonsumsi minuman detoks lemon dan asupan menu harian yang teratur,  Sudah banyak membuktikan dapat menurunkan berat badan dan menetralkan racun dalam tubuh.

Manfaat detoksifikasi adalah racun yg mengendap pada tubuh akan keluar sebagai akibatnya kelenjar & sel tubuh bersih, menghilangkan kotoran & bahan mengeras dalam sendi dan otot, meredakan tekanan dan iritasi pada saraf, arteri, dan pembuluh darah. Lemon mengandung asam sitrat, antioksidan, flavonoid yg sanggup menyerap racun dalam tubuh & mengeluarkannya melalui urin.

Resep minuman detoks lemon yang original dibuat oleh Stanley Burrough dalam bukunya the Master Cleaser, yaitu terdiri atas lemon, sirup maple, cayenne pepper (bubuk jahe), dan air. Bubuk jahe memberi rasa hangat pedas karena mengandung senyawa gigerol dan zat capsaicin yang mampu mengatur kadar gula darah dengan cara mempengaruhi pemecahan karbohidrat. Sirup maple memberi rasa manis namun rendah kalori, mengandung zink dan magnesium untuk meningkatkan selera makan dan mempercepat pembakaran lemak.

Post a comment

0 Comments