MANFAAT BUNGA KEMBANG SEPATU (HIBISCUS ROSA SINENSIS)

Aneka-Peliharaanhias – Sahabat penggemar dan hobiss tanaman hias, Tahukah Anda, ternyata bunga kembang sepatu yang banyak kita jumpai di tempat kita, selain indah untuk ditanam, ternyata juga memiliki banyak manfaat dan khasiat. apa saja manfaat kembang sepatu? Bunga yang dikenal indah dan berwarna-warni, ada yang merah ada juga yang kuning, putih, orange, pink maupun warna lain. Orang mengenalnya sebagai bunga kembang sepatu ( Hibiscus rosa sinensis ) Di Sumatra dan Malaysia, kembang sepatu disebut bunga raya, atau wora-wari yang biasa di sebut oleh orang Jawa.

Tanaman Bunga Kembang sepatu ( Hibiscus rosa-sinensis L .) adalah termasuk tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Tanaman ini memang termasuk juga dalam keluarga Malvaceae. Tanaman kembang sepatu ini banyak ditanam orang di halaman rumah sebagai tanaman hias atau sebagai pagar hidup. Bunganya yang indah serta warna yang mencolok bisa memberi kesegaran mata serta memperindah pekarangan. Untuk perkembangbiakannya, umumnya dilakukan lewat cara stek batang atau cangkok. Jarang sekali yang memakai bijinya.

Bunga jenis ini terdiri dari 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx), sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi flora kurang lebih dua hingga 5 meter. Daun berbentuk oval yang lebar atau oval yang sempit menggunakan ujung daun yang meruncing. Di wilayah tropis atau di tempat tinggal kaca flora berbunga sepanjang tahun, sedangkan pada daerah subtropis berbunga mulai dari trend panas hingga musim gugur.

Bunga berbentuk trompet menggunakan diameter bunga lebih kurang 6 centimeter hingga 20 centimeter. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga sanggup mengembang menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, flora bersifat steril & tidak menghasilkan butir. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Sekarang banyak kita temukan beragam jenis warna & penampilan cantik bunga kembang sepatu ini. Yg tentu saja selain latif buat di pandang jua tentunya sangat menarik apabila dipakai sebagai flora penghias taman & page kita.

Gambar: Hibiscus Flower-Pinterest.Com

Ternyata belum poly orang yg memahami akan manfaat kembang sepatu ini buat segala jenis pengobatan. Sebab, hampir semua bagian bunga sepatu, menurut mulai akar, batang, daun, bunga, serta kelopak bunga berguna buat kesehatan. Bagian bunganya memiliki kandungan gossy peptin anthocyanin dan glucoside hibiscin yang mempunyai pengaruh diuretic serta choleretic, memperlancar sirkulasi darah, mencegah tekanan darah tinggi, & berperan krusial sebagai tonik (obat bertenaga).

Asam aminonya berperan pada sistem peremajaan sel tubuh. Sedangkan akar dan daunnya mempunyai kandungan Calcium oksalat, peroxidase, lemak dan protein. Kurang lebih 15-30 persen berdasarkan tanaman bunga sepatu terdiri berdasarkan asam tanaman . Termasuk juga asam sitrat, asam malat, asam tartarat dan allo-hidroksisitrat lakton asam, yakni asam kembang sepatu.

Sebagai tanaman memiliki kegunaan untuk menyembuhkan, akhirnya Tanaman bunga kembang sepatu semakin populer. Sekarang ini tersedia secara instan di pasaran dalam bentuk rajangan teh yang dibuat menurut bunga kembang sepatu. Jadi apabila Anda memakainya tinggal diseduh saja. Teh bisa digunakan buat mengobati demam, membuat hati rileks, menurunkan berat badan hingga mengeluarkan racun berdasarkan dalam tubuh. Untuk global kecantikan, ekstrak teh bunga sepatu ini diyakini menjaga kesehatan kulit. Beberapa penyakit lain seperti batuk, sariawan, gondok, bronkhitis, sakit kepala dan gonorhoe jua mampu disembuhkan dengan bunga kembang sepatu.

Demikianlah beberapa manfaat bunga kembang sepatu atau dalam bahasa latinnya Hibiscus Rosa Sinensis ini, dan manfaat ini masih banyak yang belum kita ketahui, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments