CARA MENANAM TANAMAN HIAS BUNGA TORENIA (MATA KUCING)

Aneka-Peliharaanhias---Torenia ungu atau sering disebut dengan bunga mata kucing (wishbone flower) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang indah dengan bunga tanaman torenia ungu ini memiliki perpaduan warna putih, kuning dan biru gelap (ungu). Tanaman bunga mata kucing ini dapat tumbuh dengan ketinggian sekitar 20-40 cm.

Tanaman bunga mata kucing yg sedang digandrungi waktu ini merupakan dengan warna putih, kuning, biru gelap. Torenia atau wishbone flower disebut juga bunga mata kucing. Tanaman ini cukup bandel dan sanggup tumbuh sangat baik pada dataran rendah menggunakan cuaca panas. Tanamannya pendek, dan berbunga banyak, terlihat seperti mata kucing. Tinggi homogen-homogen optimal tumbuhan waktu ini : 20-40cm

Tanaman Bunga Torenia/ Mata Kucing  Gambar: Google

Cara Menanam Bunga Torenia Ungu (Mata Kucing) Dari Biji Bagi Pemula:

Hampir sama menggunakan beberapa jenis tanaman yg lain, Mata Kucing ini bisa diperbanyak melalui cara yg lain selain menanam bijinya (contoh : stek). Tapi dikesempatan ini kita akan belajar cara menanam Mata Kucing dari bijinya.

1. Pertama-tama, siapkan pot tanam dengan drainase baik; tanah humus; kompos atau media tanam siap pakai (misalnya adonan tanah, sekam bakar, cocopeat, pakis & lain sebagainya); dan biji tanaman mata kucing yg bisa dibeli pada toko bibit atau perlengkapan perkerbunan.

Dua. Selanjutnya, masukkan tanah humus atau tanah yg dicampur menggunakan pupuk kompos pada pot ukuran sedang sampai besar menggunakan diameter minimal 40 cm . Media tanam yg digunakan bisa jua menggunakan media tanam siap pakai yang bisa dibeli di toko tumbuhan.

Apabila media tanam sudah dimasukkan pada pot, siram media tanam dengan air sedikit-sedikit atau bisa juga memakai spayer kemudian diaduk pulang supaya air merata kebagian dasar media tanam, tujuannya yaitu buat menaruh kelembaban dalam media tanam.

3. Setelah media tanam siap, lakukan penaburan biji-biji mata kucing di permukaan tanah akan tetapi pastikan biji nir saling menempel satu sama lain. Setelah itu, semprotkan biji menggunakan air menggunakan spayer. Penyemprotan tersebut dapat dilakukan sebanyak 2 kali sehari.

4. Letakkan pot semai ditempat yg terlindung dari sinar surya jua hujan. Tapi sesekali letakkan pot pada tempat yg terkena sinar mentari secara langsung.

Tanaman Torenia/ Mata Kucing  Gambar: Koleksi Pribadi

lima. Biasanya biji-biji bunga mata kucing tersebut akan mulai bertunas sehabis berumur kurang lebih 14 hari atau dua minggu sesudah semai. Apabila telah kokoh dan cukup tinggi maka bibit bunga torenia ungu atau bunga mata kucing tersebut bisa dipindahkan tanam ke media tanam yang lebih luas dan akbar. Bunga tumbuhan mata kucing membutuhkan ketika kurang lebih 8-12 minggu atau 2-tiga bulan buat tumbuh akbar dan mulai berbunga.

6. Perawatan yg dapat dilakukan dalam flora mata kucing atau bunga torenia ungu ini diantaranya melakukan pruning pada pucuk daun pertama sehabis tumbuh 2 pasang daun sebenarnya supaya nantinya tanaman mempunyai poly bunga dan rimbun.

Selain itu, lakukan penyiraman secara rutin setiap sekali sehari dalam pagi atau sore hari secukupnya saja jangan sampai menggenang. Agar nutrisi yg diharapkan tanaman bunga terpenuhi maka lakukan pemupukan secara rutin setiap satu bulan sekali.

Demikian cara menanam tanaman hias Tanaman bunga Torenia atau mata kucing. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments