CARA MENANAM DAN MERAWAT BOUGENVIILE (KEMBANG KERTAS)

Aneka-peliharaanhias-----Cara menanam dan memelihara serta merawat tanaman hias bunga bougenville atau tanaman kembang kertas. Tanaman hias yang berbunga indah Bunga Bougenville yang memiliki nama ilmiah Bougainvillea adalah jenis tanaman hias yang cukup populer di Masyarakat. Memiliki banyak jenis dan warna bunga, tanaman hias juga digemari karena penanaman dan perawatannya yang cukup mudah. Bunga Bougenville juga akrab dengan nama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas.

Bougenville-Bunga-Kembang-Kertas

Di alam, tanaman hias Bougenville bisa tumbuh menjadi pohon tinggi dan bisa mencapai tinggi beberapa meter. Namun, sebagai tanaman hias, tanaman ini kebanyakan biasanya hanya tumbuh hingga 1 meter saja. Pilihan lain dalam mengelolanya untuk menjadikan bunga yang dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan ini sebagai tanaman hias adalah dengan menjadikannya sebagai tanaman bonsai mungil dengan mengandalkan bunga yang sangat rimbun.

Yang menarik pula satu pohon bunga bougenville bisa dibentuk menjadi beragam bunga aneka warna menggunakan menggabungkan beberapa jenis bunga bougenville. Ini dapat dilakukan menggunakan teknik sambung & setek pada tumbuhan hias bougenville.

Tanaman hias Bougenville atau Bunga kertas pada umumnya memiliki agar dengan jenis akar tunggang yang tumbuh vertikal, berserabut, dan ada akar cabang yang tumbuh lebat dengan kedalaman sekitar 50-80 cm. Tanaman ini termasuk jenis tanaman perdu tegak yang dapat tumbuh lurus hingga tingginya mencapai 2-4 meter. Batang bunga kertas bertekstur seperti kayu, berwarna coklat dan bulat dengan duri-duri kecil. Percabangan tanaman bunga kertas adalah monopodial.

Tepi daun tanaman bougenville merata dengan tulang menyirip tiga hingga lebih dari 5. Warnanya kehijauan muda hingga tua. Bunga kertas memiliki tekstur mahkota bunga berupa lembaran kertas yang tipis tapi kaku. Lalu, jenis bunganya adalah kelopak majemuk dimana bentuknya seperti payung bersusun-susun dan muncul di bagian ketiak daun. Tenda bunga kertas bentuknya seperti tabung segi lima, berambut, berwarna hijau dan panjangnya 1,5-2,5 cm. Bunga kertas terbentuk dari 1-7 anak payung bertangkai yang biasanya terdiri dari 3 bunga.

Bougenville atau Bunga kertas jua mempunyai tipe bunga yg hanya bisa ditanam pada media tanah yg subur & gembur serta mempunyai pH normal & unsur hara yang baik buat pertumbuhan tumbuhan bunga kertas. Berikut ini cara mudah menanam & memelihara bougenville untuk bisa dipraktekan di dirumah kita.

1. Penanaman dengan Stek Batang

Tanaman bunga kertas atau bougenville bukanlah tipe bunga yg gampang buat ditanam dengan biji, umbi atau lainnya. Cara paling mudah buat budidaya bunga kertas adalah dengan menggunakan teknik stek btg.

Cara menanam bunga kertas dengan stek btg adalah anda wajib memakai btg bunga yg sudah dewasa. Kemudian, pangkas btg bunga kertas tersebut menggunakan cara menyerong & runcing.

Selanjutnya Anda bisa menanam atau menancapkan btg tadi dalam media tanam dengan kedalaman sekitar tiga sampai lima cm. Proses penanaman seperti ini sebaiknya dilakukan ketika hari tidak panas yaitu dalam pagi atau sore malam hari agar tumbuhan ini lebih mudah layu & bisa tumbuh tunas dan berbunga lebat.

2. Penanaman Melalui Media Campuran

Menanam menggunakan media campuran pasir disukai oleh bunga kertas ini karena adonan pasir bersifat porous sebagai akibatnya media tanam memiliki mempunyai pori-pori atau lubang-lubang kecil. Fungsi dari pori-pori tanah yaitu buat memudahkan udara masuk ke pada media tanam, air juga terserap secara efektif & kelembaban tumbuhan permanen stabil.

Untuk mendapatkan Hasil yg paling baik akan didapat jika Anda menggunakan pasir malang. Anda bisa memberikan pasir pada bagian paling bawah sebanyak 1/3 dari tinggi pot.

Tiga. Pemangkasan Tanaman Secara Teratur

Agar bunga kertas tampak lebih latif & acapkali berbunga yaitu menggunakan memangkas bunga secara teratur. Anda usahakan memangkas tanaman ini seperlunya saja dalam bagian ranting atau cabang yang telah terlalu panjang dan daun yang lebat menggunakan permanen memperhatikan estetika tanaman . Jangan biarkan tumbuhan ini dipenuhi dengan daun-daunan karena nutrisi yg diperoleh flora hanya beredar ke daun dan akan Mengganggu munculnya bunga baru.

4. Pemupukan Ulang Perlu Dilakukan

Pemupukan ulang secara teratur krusial buat dilakukan supaya tanaman mampu tumbuh fertile. Pupuk yg digunakan usahakan pupuk hewani, organik atau kompos menggunakan dosis sewajarnya. Jangan gunakan pupuk protesis lantaran kurang baik buat pertumbuhan. Pemupukan ulang ini usahakan dilakukan sebulan sekali.

Lima. Penanaman menggunakan Teknik Sambungan Pucuk

Teknik sambungan pucuk ini sedang sebagai tren yang diterapkan dalam penanaman bunga kertas. Tren rona bunga kertas yg bermacam-macam dalam satu tanaman tengah digemari warga .

Teknik sambungan pucuk ini nir sulit buat dilakukan asalkan Anda berani mencoba. Teknik sambungan pucuk merupakan teknik untuk menyambung cabang belia ke tanaman bunga kertas yg sudah dewasa baik homogen atau jenis bunga kertas lainnya.

Cabang-cabang muda sebaiknya dibiarkan buat tumbuh & menyatu menggunakan btg utama. Sedangkan buat perawatan tanaman ini sangat gampang yaitu hanya menggunakan penyiraman rutin setiap pagi & pemupukan yg sempurna sehingga tanaman ini bisa tumbuh dengan segar secara singkat (kurang menurut dua minggu). Iklim tropis Indonesia sangat cocok buat bougenville sehingga gampang buat menyesuaikan diri dan berbunga.

6. Teknik Perawatan

Pertumbuhan bunga kertas ditentukan oleh intensitas air yg diserap sebagai akibatnya flora bunga kertas ini memerlukan penyiraman yang cukup & teratur. Tetapi Anda perlu perhatikan adanya masa pada satu tahun, bunga kertas nir memerlukan air. Jadi, terdapat masa kering pada budidaya bunga kertas yg terjadi ketika kuncup bunga mulai tumbuh. Masa kering ini umumnya jangka ketika lamanya terjadi hingga empat hari. Tujuan dari adanya masa kering ini merupakan buat merangsang pertumbuhan kuncup-kuncup tersebut.

Jangan menyiram bunga kertas menggunakan air hiperbola. Tumbuhan ini relatif disiram hingga lembab saja. Jangan terlalu tak jarang disiram sebab saat tumbuhan ini terlalu basah justru bisa membuat bunga cepat membusuk. Lakukanlah penyiraman secukupnya saja, nir terlalu sedikit & tidak terlalu banyak.

7. Pencegahan Penyakit dan Hama Tanaman

Bougenville juga memiliki musuh berupa penyakit & hama flora yang dapat menyerang hingga menghambat daun, batang dan bunganya. Bahkan bisa menyebabkan tanaman ini mangkat . Nah buat menghindari serangan penyakit & hama tumbuhan ini lakukan pemeliharaan antara lain dengan cara ini dia :

Letakkan flora hias bunga Bougenville di loka yang menerima cahaya mentari relatif banyak. Hal ini dapat menciptakan proses fotosintesisi berjalan dengan baik. Jika tanaman terkena hama penyakit, Anda wajib segera melakukan perawatan intensif. Bagaimana caranya? Praktis saja, Anda hanya perlu memotong bagian yang terkena hama penyakit atau menyemprotkan fungsisida.

Di sisi lain, bougenville juga butuh masa kering. Di masa kemarau Anda bisa terapkan stress air pada tumbuhan bunga kertas yaitu nir disiram selama beberapa hari menggunakan perhitungan tanaman tidak meninggal lantaran kekurangan air. Setelah perlakuan seperti itu, kemungkinan daun akan rontok sebagian & mulai keluar kuncup bunga. Bunga kertas juga membutuhkan tambahan pupuk buat pertumbuhan yang baik yg harus diberikan dalam masa kemarau tersebut.

Bougenville-Bunga-Kembang-Kertas

Tips Menanam Bunga Kertas dengan Benih

Saat menanam tanaman apapun, termin pertama yang harus dilakukan merupakan pembenihan. Ada hal-hal yang wajib dilakukan pada pembenihan bunga kertas ini. Pertama, siapkan benih bunga kertas sebelum ditanam.

Benih bunga kertas sanggup didapatkan menurut indukan bunga kertas yang berkualitas dan telah berumur. Setelah menerima benih yg cocok maka Anda dapat mengambil & memotong bunganya. Ketiga, jemur bunga pada bawah gambaran sinar matahari.

Setelah kering, ambil biji bunga kertas untuk dijadikan benih bunga yang baru. Anda harus menyemai biji menggunakan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.  Kemudian benamkan biji ke dalam media semai lalu siram air secukupnya. Kemudian biarkan selama lebih dari 7 hari sampai benih berkecambah dan memiliki beberapa daun. Bibit bisa ditanam jika tingginya mencapai 30 cm.

Bougenvile tergolong tumbuhan sangat mudah berbunga yakni pada 1 bulan sekali sanggup pribadi berbunga. Cara menanam & merawat bunga bougenvile sekilas terlihat gampang, namun Anda wajib telaten melakukannya dan nir boleh asal-asalan terutama pada hal takaran penyiraman dan pemupukan. Keunikan menurut bunga kertas ini adalah Anda bisa merancang bentuk dan rona bunga bogenvile sinkron dengan asa Anda.

Mari saksikan vide tutorila cara menanam dan merawat tanaman bunga Bougenville  agar sehat dan cepat tumbuh dengan subur berikut ini

Video Tutorial Panduan lengkap cara menanam bunga kertas agar sehat dan cepat tumbuh subur:

https://youtu.Be/qpSq-9kEO6A

Bunga bougenville mudah ditanam pada pot atau bila Anda memiliki area pekarangan yg luas, tanaman ini juga mudah ditanam pada tanah yang luas. Cara menanam bunga kertas dan perawatannya nir jauh tidak sama. Perbedaan hanya pada takaran air dan pupuk saja. Tempat tumbuh yang lebih luas memungkinkan flora akan tumbuh menggunakan ukuran yg lebih luas sebagai akibatnya membutuhkan lebih banyak nutrisi.

Demikianlah teman aneka-peliharaanhias, mengenai cara gampang menanam dan merawat tanaman hias bunga bougenville Selamat mencoba buat menanam bunga cantik ini & nikmati hasilnya buat sendiri atau jika jumlahnya sangat banyak dapat Anda jual pada orang-orang yang membutuhkannya. Terimaksih kasih telah singgah diblog ini.

Sumber Gambar:

Gambar Bougenville bunga kembang kertas Koleksi langsung.

Lihat juga foto-foto & jenis-jenis bunga bougenville lainnya pada sini !!

Post a Comment

0 Comments