CARA MENANAM TANAMAN BUNGA ANGGREK YANG BAIK DAN BENAR

Aneka-Peliharaanhias----Tanaman Anggrek merupakan salah satu jenis tumbuhan yg banyak disukai sang para penggemar aneka Tanaman hias di Indonesia. Tanaman hias yang satu ini kerap kali menjadi penghias taman dan halaman tempat tinggal yang sejuk. Keindahan & kecantikan bunga berdasarkan aneka jenis Tanaman anggrek ini menciptakan poly orang menanamnya dengan asa menikmati estetika aneka bunga yg indah yang bermekaran setiap ketika.

Tanaman Hias Bunga Anggrek merupakan jenis Tanaman bunga menggunakan Varian grup menggunakan jenis terbanyak diantara jenis Tanaman bunga-bunga lainnya. Terdapat lebih menurut kurang lebih 26 ribu spesies anggrek yg tersebar menurut mulai daerah tropika basah hingga ke wilayah sirkumpolar tertentu.

Bunga anggrek yang khas menjadi pembeda di antara jenis suku bunga lain, bunga anggrek tersusun majemuk  yang muncul dari tangkai bunga yang memanjang dari ketiak daun bunganya memiliki bentuk simetri bilateral, bunga anggrek banyak dikenal sebagai tanaman hias yang sangat populer karena keindahan bunganya memiliki varian yang tidak terbatas di indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi yang tersebar dari wilayah sumatra hingga papua anggrek dapat ditemui yang hidup pada pohon atau epifit salah satu bunga anggrek yang menjadi bunga bangsa indonesia adalah anggrek bulan.

Dan menurut sekian banyak spesies anggrek tadi, ada 5 ribu jenis spesies yang tersebar ke semua penjuru daerah Indonesia. Umumnya, tanaman anggrek mempunyai ciri berbentuk lonjong memanjang dengan mempunyai tulang daun yg jua memanjang. Bentuk memanjang ini dikarenakan beliau berfungsi menjadi penyimpan cadangan air bagi flora anggrek.

Adapula jenis anggrek yang biasa ditanam pada Indonesia adalah Anggrek Catteleya, Anggrek Dendrodium, Anggrek Grammathopilum, Anggrek Oncidium, Anggrek Phalaenopsis, Anggrek Vanda atau Anggrek Potong, & Anggrek Spathiphyllum.

Dengan harga jual yang bisa dibilang tidak murah, dan kebutuhan di Indonesia yang relatif banyak, tumbuhan anggrek sebagai keliru satu flora yang patut kalian perhitungkan buat dibudidayakan lantaran peluang bisnis yg baik.

Penanaman tanaman anggrek ini sebenarnya gampang dilakukan, kalian sanggup menanamnya dengan cara stek btg atau langsung dari biji bibit anggrek. Berikut adalah cara menanam flora anggrek agar output yang dihasilkan mampu maksimal sebagai akibatnya memperoleh harga jual yg tinggi pada pasaran.

1. Persiapkan Bibit Tanaman Anggrek

Pertama-tama waktu kalian hendak menanam tumbuhan anggrek artinya persiapkan bibit flora sebaik mungkin, karena bibit yg baik akan membuat bunga anggrek yg anggun & latif buat dijadikan flora hias.

Ada dua cara pembibitan yg dilakukan dalam tanaman ini, yg pertama cara pembibitan vegetatif & generatif. Berikut penjelasannya:

a. Pembibitan Anggrek Secara Vegetatif

Cara pembibitan yang pertama artinya dengan cara vegetatif, yaitu pertama-tama kalian siapkan pot sebagai penampung bibitnya, untuk pembibitannya kalian bisa melakukan pemisahan atau pemecahan berdasarkan indukannya yg telah memiliki semacam tunas.

Tunas yang dijadikan bibit diwajibkan mempunyai akar yg poly & bertenaga buat lalu nantinya dipindahkan ke dalam pot yg telah disediakan.

B. Pembibitan Anggrek Secara Generatif

Kemudian, lain halnya dengan cara vegetatif yang gampang dilakukan, buat cara pembibitan generatif ini sedikit menyulitkan dan memerlukan ketika yang tidak sementara waktu bagi kalian yang baru pertama kali melakukan penanaman flora anggrek.

Cara ini dilakukan menggunakan melakukan penyemaian biji tumbuhan anggrek, sesudah itu kalian wajib menyesuaikan syarat lingkungan baik itu suhu temperatur ataupun kelembapannya. Jika syarat lingkungan tidak sinkron dengan bibitnya, maka flora anggrek nir bisa berkecambah secara sehat.

Untuk waktunya sendiri, durasi ketika yang diperlukan buat pembibitan memerlukan tiga bulan lamanya & sesudah itu barulah bibit siap dipindahkan ke pada pot. Di usia nya yg telah mencapai 3 bulan, tanaman anggrek telah memiliki daun yang banyak & siap dijual ke pasaran.

2. Persiapkan Media Tanam Anggrek

Langkah selanjutnya merupakan, kalian persiapkan media tanam yg terbaik agar flora anggrek bisa tumbuh dengan maksimal .

Persiapkan pot flora dengan ukuran sedang, nir terlalu akbar ataupun mini , kemudian persiapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk sangkar yang sudah pada fermentasi, arang hitam, kulit kelapa kemarau, serabut kelapa, serta pecahan-pecahan kecil batu bata merah / genting tempat tinggal .

Dalam mencampur semua bahan-bahan media tanam tersebut tidaklah asal meletakkan saja, melainkan terdapat caranya agar bibit tanaman anggrek dapat tumbuh aporisma, pertama-tama kalian letakkan pecahan batu bata dalam bagian paling bawah pot, kemudian diatasnya kalian letakkan kulit kelapa secara merata.

Selanjutnya secara berurutan kalian letakkan serabut kelapa, lalu yg terakhir kalian masukkan tanah yg sudah kalian campur terlebih dahulu dengan pupuk sangkar pada bagian paling atas campuran tersebut.

Untuk perbandingannya disarankan merata, tidak tak seimbang disalah satu bahan media tanam tadi.

3. Tanam dan Pindahkan Bibit Tanaman Anggrek

Penanaman dan Pemindahan Bibit Tanaman Anggrek

Kemudian sehabis media tanam telah siap digunakan, maka langkah selanjutnya ialah proses penanaman & pemindahan bibit ke media tanam.

Pemindahan dilakukan sebaiknya dilakukan waktu tanaman anggrek sudah berumur 3 bulan, karena waktu umur telah mencapai umur tiga bulan, tumbuhan anggrek telah mempunyai akar yang lebat & sangat bertenaga sebagai akibatnya penyerapan air bisa berjalan maksimal lantaran sudah menerima unsur hara yang baik.

Penempatan pun perlu diperhatikan, agar dapat tumbuh maksimal dan latif, sebaiknya tanaman anggrek dipindahkan pada waktu pagi hari sebelum jam 8 saat mentari belum terlalu terik pada menyinari flora, hal ini dilakukan agar flora nir mudah layu, setelah ditanam kalian siram dengan air secukupnya supaya kelembapan tetap terjaga.

Setelah itu, penempatan tanaman anggrek jua perlu diperhatikan agar flora anggrek dapat tumbuh aporisma, penempatan yg baik yaitu dengan cara digantung atau disimpan pada rak supaya bunga anggrek tidak mudah terkena penyakit & fungi.

4. Pelihara & Rawat Tanaman Anggrek

Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Anggrek

Langkah selanjutnya adalah langkah yang nir kalah penting dibanding langkah-langkah lainnya merupakan kalian lakukan pemeliharaan dan perawatan dalam tumbuhan anggrek yang telah ditanam.

Pemeliharaan yang paling krusial merupakan penyiraman. Tanaman anggrek menyukai syarat lingkungan yg lembab tetapi nir disarankan buat menyiram eksklusif ke bunga nya. Jika dilakukan penyiraman ke bunga, maka dapat mengakibatkan rusaknya kuncup bunga, sebagai akibatnya menyebabkan bunga tidak mengembang menggunakan sempurna.

Ada beberapa tips yang disarankan untuk perawatannya agar tanaman anggrek dapat tumbuh maksimal dan  dengan pnampilan yang baik, berikut diantaranya:

  1. Tips yang pertama ialah agar tanaman anggrek mendapatkan hasil bunga yang mekar sempurna, maka letakkan di tempat yang terkena pancaran sinar matahari secara alami, namun hindari pancaran sinar matahari secara langsung.
  2. Tips berikutnya apabila kalian meletakkan tanaman anggrek di dalam ruangan, maka hal yang bisa kalian lakukan adalah berikan cahaya lampu buatan, karena hal ini akan menjaga bunga anggrek tetap mekar dan tidak layu.
  3. Kemudian kalian harus selalu memperhatikan dan menjaga kelembapan dan suhu dari tanaman anggrek ini, karena tanaman ini masuk ke dalam kategori tanaman tropis yang mana membutuhkan kelembapan yang cukup, jangan terlalu basah dan jangan terlalu kering.
  4. Tips selanjutnya, kalian lakukan penyiraman, penyiraman sebaiknya dilakukan dengan menggunakan metode spraying, penyiraman dilakukan pada bagian batang, daun dan bunga. Penyiraman sebaiknya dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari sebelum dilakukannya pemupukan.
  5. Setelah disiram, lakukan pemupukan. Jenis pupuknya dapat menggunakan pupuk yang khusus untuk tanaman tropis. Siram lagi sedikit dan jangan terlalu basah ketika kalian sudah melakukan pemupukan. Lakukan pemupukan selama 3 hari sekali. Untuk tipe vegetatif, beri pupuk NPK dengan perbandingan 30:10:10
  6. Terakhir, rawat agar terhindar dari serangan hama dan penyakit. Semprotkan cairan fungisida dan bakterisida untuk pengendalian pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab kebusukan. Penyakit ini sering terjadi ketika musim penghujan tiba, karena memiliki tingkat intensitas air hujan yang tinggi sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.

Ketika kalian sudah melakukan beberapa langkah-langkah diatas, kalian hanya tinggal menunggu waktunya saja sampai keluarnya bunga anggrek yang harum & latif, perlu diketahui flora anggrek bisa bertahan sampai lima tahun lamanya bila kalian melakukan perawatan yang intensif & konsisten.

Demikianlah Cara Menanam Tanaman Bunga Anggrek Yang Baik & Benar, Semoga berguna. Terimakasih.

Sumber Gambar: Google dan Koleksi pribadi

Post a Comment

0 Comments