CARA MUDAH DAN AMAN MEMELIHARAH ULAR PYTHON RETIC (Python Reticulatus)

Aneka-Peliharaanhias---Kita para Hobbis atau penggemar binatang peliharaan ular Python, mengenal bermacam-macam jenis jenis ular Python ini seperti: mulai dari platinum phyton , sunfire phyton , tiger phyton , golden child phyton , motley platinum phyton , genetic strip dan velvet, hingga Python Reticulatus atau retic culatus phyton. Ular Piton dinilai mahal karena motifnya, warna dan genetik. Paling bagus yang bisa memperlihatkan lima gen indah. Kelimanya bisa dilihat dari tampilan warna dan motif kulitnya.

Salah satu yang cukup menarik adalah Ular Python Retic (Python Reticulatus), Retic  atau sanca kembang seringkali dijumpai oleh masyarakat di alam sekitar.  Ciri ular ini adalah coraknya yang cukup cantik. Pada punggungnya terdapat rangkaian pola berwana hitam yang membentuk berbagai pola. Ada yang bulat seperti rangkaian rantai, ada pula yang kotak seperti kartu wajik, dan masih banyak bentuk lainnya yang memanjang dari leher sampai dengan ekornya. Bagian samping ular ini dihiasi corak berwarna kuning dan abu-abu keperakan. Nama sanca batik itu sendiri karena melihat sisi sampinya ini yang nampak seperti lukisan batik yang beraturan.

Jenis ular Python Reticulatus ini dikenal juga menggunakan nama ular Sanca Kembang. Retic termasuk ke pada famili python. Seluruh keluarga besar python tidak mempunyai mampu. Mereka membunuh mangsa dengan cara melilit tubuh mangsanya hingga kehabisan nafas. Namun, pada kalangan para penggemar ular peliharaan, jenis ular Python Reticulatus ini lebih tak jarang dikenal menggunakan sebutan ular retic. Jenis ular peliharaan yg satu ini sangat diminati sang semua kalangan pecinta ular, mulai berdasarkan yg newbie atau pemula hingga yang expert atau berpengalaman. Jenis ular ini sangat diminati karena tubuhnya yang terlihat garang, namun sebenarnya jinak. Ular ini pula tidak agresif, mudah dijinakan, dan tidak berbisa. Selain itu, pada pulang corak tubuhnya yg exotic, ular ini cenderung mudah dipelihara dan nir merepotkan. Lantaran itu, jenis ular Phyton Reticulatus ini sangat direkomendasikan bagi para pemula. Retic tercatat menjadi ular terbesar pada dunia. Panjang homogen-rata retic dewasa adalah 5-7 meter.

Habitat:

Retic seringkali dijumpai masuk ke dalam tempat tinggal atau pekarangan rakyat. Habitat ular ini termasuk sangat felksibel. Dia sanggup hayati pada dalam hutan hujan yang rimbun, semak belukar, padang rumput, dan bahkan gorong-gorong saluran air dekat pemukiman insan. Ular ini jua kerap ditemukan dekat sumber air. Pada dasarnya retic menyukai loka yang hangat namun memiliki tingkat kelembaban tinggi. Oleh karenanya ular ini sering masuk ke rumah manusia lantaran banyak loka yang disenangi ular ini.

Karakter:

Ular ini sangat tidak dianjurkan buat mereka yg baru memulai memelihara reptil. Mengapa? Ular ini termasuk tipe ular akbar. Selain itu tingkat agresifitas & nafsu makannya cukup tinggi. Kalau menemukan retic yg jinak tentunya telah melalui proses domestifikasi & interaksi yg intens dengan manusia. Retic merupakan ular yang mengandalkan kekuatan lilitan & rahangnya yg sangat bertenaga. Untuk ular yang diperoleh hasil tangkapan umumnya akan menjadi sangat galak. Selain itu umumnya cenderung buat mogok makan dalam jangka waktu yg cukup usang.

Kandang:

Retic termasuk ular yang hayati pada atas bagian atas tanah (terrestrial). Kandang yg pas merupakan berbentuk meluas & melebar, bukan meninggi. Kandang yang baik adalah si ular dapat merentangkan tubuhnya minimal 2/3 tubuhnya. Harus ada ventilasi yang relatif karena retic memiliki kencing yang relatif menyengat aromanya. Untuk alas kandang biasa pakai alas koran. Ada jua yang memakai serpihan kayu atau serutan kayu. Kandang yang dipakai bisa dibentuk sendiri atau membeli jadi. Tetapi demi kepraktisan kebanyakan hobiis menggunakan kontainer box yang dilubangi sisinya dengan solder buat lubang nafas & jendela.

Handling:

Urusan handling retic mejadi hal yg sangat krusial diperhatikan. Retic termasuk fauna yg buas & susah diprediksi. Selain itu kekuatan retic juga patut dipertimbangkan sebab tenaganya relatif akbar dan menguras energi kita. Pastikan sebelum menghandle ular anda tangan harus pada keadaan dicuci. Sebab dikhawatirkan apabila tangan kita tidak bersih, khususnya sehabis memberi makan, ular akan menghajar tangan anda karena menduga tangan anda adalah makanan. Kunci utamanya merupakan anda harus percaya diri & hening, tidak panik jika terjadi sesuatu. Biarkan ular percaya pada anda dan nir menganggap anda sebagai ancaman baginya.

Makanan, Pakan dan cara Memberi makan:

Berikut berapa kuliner dan cara memberi makan ular Piton Retic yg baik dan sahih :

Retic termasuk pemakan segala. Mulai dari tikus, kelinci, marmut, ayam, bahkan daging sapi pun bisa jadi menu makannya. Nafsu makan retic termasuk nomor satu jika dibanding dengan ular lain. Maka tak jarang retic dijuluki tong sampah yang berarti bisa masuk apa saja ke perutnya. Untuk ular yang masih baby bisa langsung diberi makan tikus mencit yang masih muda (jumper).  Diusahakan jangan terlalu banyak memberikan makan ketika masih kecil. Sebab dikhawatirkan bayi retic akan muntah.

Pemberian pakan dalam intensitas tak jarang & kuantitas yg banyak hanya akan membuat retic anda sebagai cepat akbar. Perlu diingat anda memlihara hewan ini nir hanya satu atau dua tahun. Anda wajib bertanggung jawab mengurus ular ini sampai dia besar nanti. Pakan buat ular yg akbar di atas satu meter sanggup diberikan rat atau marmut. Sedangkan buat retic yg sudah masuk berukuran adult (tiga meter keatas) berikan pakan berupa ayam atau kelinci.

Di alam liar, banyak ular yg memangsa tikus & hewan kecil lainnya. Tidak semua tikus yg sudah dimakan ular merupakan tikus yang sehat. Kenyataanya ular peliharaan membutuhkan gizi lain agar ular permanen sehat. Apabila Anda memilihara satu ekor ular, Anda bisa menggunakan mudah mendapatkan kuliner menggunakan membeli tikus sehat di toko hewan peliharaan.

Pilih makanan yang hidup atau yang telah dibekukan. Ular merupakan fauna peliharaan yg digemari banyak orang, sehingga sudah tersedia poly produk-produk kuliner khusus ular peliharaan. Banyak pemilik ular peliharaan memilih tikus hidup buat makanan ular peliharannya, tetapi menggunakan membeli tikus beku yg telah dikemas juga bisa menjadi pilihan yg baik.

Berikan makanan sesuai menggunakan ukuran ular. Biasanya ukuran yg berbeda dari tikus yang dijual buat kuliner ular perliharaan. Ular mini membutuhkan mangsa yang lebih kecil dari ular besar . Pada ketika ular peliharaan Anda tumbuh akbar, Anda harus memberi kuliner yg lebih besar jua. Akan tetapi, bila Anda memberi makanan yang terlalu akbar, akan menyulitkan ular peliharaan Anda pada mencerna kuliner tersebut. Lebih baik Anda memberi kuliner buat ular peliharaan Anda yang sinkron dengan tubuh ular tadi.

Selain makan, ular Python jua perlu air, sediakan semangkuk besar air dalam sangkar. Air yg diharapkan sang ular merupakan air tawar. Berikan air yang cukup buat berendam ular peliharaan Anda. Ular tidak poly minum air, namun suatu waktu ular akan menenggelamkan tubuhnya di air buat tetap segar & sehat.

Jaga kebersihan kandang dari makanan dan pakan yang nir dimakan, Pastikan kandang selalu higienis. Anda harus acapkali membersihkan kandang ular peliharaan Anda supaya terbebas berdasarkan bakteri.

Mengawinkan dan Pemijahan Ular Phiton

Sediakan kotak kayu menggunakan tutup kaca tebal minimal 8 centimeter, berisi ular piton ukuran 1 - dua meter besar .

Masukan 2 ekor ular yang telah siap kawin, sepasang ular raksasa yang siap kawin.

Pisahkan ular yg tengah bunting, & satu kotak berisi. Biasanya selesainya kawin, induk ular piton akan mengandung telurnya selama tiga bulan. Setelah 3 bulan, barulah telurnya akan dikeluarkan. Satu ekor induk piton umumnya sanggup membuat lebih kurang 30 telur.

Siapkan wadah khusus buat (inkubator) buat menetaskan telur. Suhu inkubator wajib berkisar 29 derajat hingga 30 derajat Celcius, Sedangkan kelembaban udara mencapai 90 RH (kelembaban nisbi). Setelah dimasukkan inkubator selama 100 hari, telur akan menetas.

Begitu menetas, bayi piton yang masih kecil-kecil ini butuh waktu satu bulan untuk makan pertama kalinya, biasanya dapat diberikan tikus mencit yang masih muda, atau pakan yang sesuai ukuran bayi ular tersebut.

Demikianlah cara memelihara termasuk cara mengawinkan dan memijahkan ular Ular Python Retic (Python Reticulatus), semoga bermanfaat. terimakasih.

Post a comment

0 Comments