CARA MEMILIH IKAN CUPANG BETTA BERKUALITAS UNTUK HIASAN KOLEKSIAN DI RUMAH

Memilih ikan cupang berbeda-beda tergantung berdasarkan tujuan kita membeli ikan cupang tersebut. Mulai berdasarkan membeli buat hiasan dirumah atau sekedar menambah koleksi, membeli buat dijadikan amunisi kontes hingga membeli buat dijadikan indukan. Tetapi untuk postingan kali ini kami akan membahas cara memilih ikan cupang secara generik yaitu untuk hiasan atau koleksi. Lantaran tips menentukan ikan untuk keperluan kontes telah dibahas pada artikel CARA DAN KRITERIA PENILAIAN DALAM KONTES CUPANG HIAS, & cara menentukan ikan cupang buat indukan akan dibahas pada artikel berikutnya.

Dalam memilih cupang hias untuk sekedar koleksian tentunya juga harus memperhatikan tampilan dari fisik dan mental ikan cupang yang akan kita pilih. Tentukan jenis ikan cupang yang akan kita pelihara sesuai selera kita, banyak jenis ikan cupang yang secara garis besar terbagi menjadi 3 yaitu jenis Serit, Halfmoon, dan Plakat Terdapat lebih dari 73 spesies ikan cupang yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa spesies ikan cupang yang populer di masyarakat kita antara lain Betta splendens, Betta mahachai, Betta stiktos, Betta smaragdina, serta Betta imbellis. Saat ini juga tengah marak dilakukan upaya-upaya persilangan dari spesies-spesies ikan cupang di atas untuk melahirkan jenis bibit ikan cupang yang terbaru.

Jenis-jenis Ikan Cupang

Berikut ini beberapa saran dan cara dalam menentukan ikan cupang secara generik buat ikan cupang hiasan atau koleksi bagi pemula:

  1. Pilihlah ikan cupang yang sehat: Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan cupang adalah kesehatan ikan tersebut. Ciri-ciri dari ikan cupang yang sehat adalah bergerak lincah, berwarna cerah, ekornya tidak kusut dan ketika melihat cupang yang lain menjadi agresif dan mengembangkan siripnya.
  2. Perhatikan seluruh bagian tubuh dan siripnya. Pastikan ikan yang anda pilih tidak cacat atau sedang mengalami luka pada tubuh atau sirip ikan tersebut, dan perhatikan juga barangkali ada jamur yang menempel di tubuh ikan tersebut.
  3. Pilihlah warna seuai dengan selera anda. Ikan cupang memiliki berbagai warna yang menarik, mulai dari warna dasar, warna metalik dan sampai warna kombinasi. Oleh karena itu jangan ragu untuk bertanya kepada pedagang warna-warna apa saja yang tersedia.
  4. Jika anda pemula atau pertama kali memelihara ikan cupang, Pilih ikan cupang dengan jenis yang tidak terlalu lebar atau banyak siripnya. Pilih jenis-jenis seperti Plakat Betta atau jenis Koi yang tidak mudah layu sirip-siripnya.
  5. Perhatikan penjualnya. Tidak menjadi masalah kita membeli dari pedagang ataupun dari peternak langsung. Namun belilah ikan dari penjual atau peternak yang terpercaya pastikan penjual memberikan info yang benar mengenai kualitas, harga maupun kesehatan ikan tersebut, tanyakan jenis, dan kualitas atau indukan dari calon cupang kesayangan kita tersebut.

Demikian cara memilih ikan cupang Betta berkualitas buat hiasan atau koleksenian pada rumah, semoga berguna. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments