SERBA SERBI IKAN LOUHAN DAN PERAWATAN DAN PEMELIHARAANNYA

Aneka-Peliharaanhias----- Ikan louhan (Flowerhorn) bagi sebagian orang merupakan ikan pembawa Hoki. Bagi siapa saja yang memelihara & memilikinya diyakini akan mendatangkan keberuntugan. Anggapan menjadi Ikan Hoki adalah keyakinan yang tumbuh & berkembang di kalangan rakyat eksklusif.

Namun demikian secara hitung-hitungan bisnispun sebenarnya ikan Louhan adalah suatu komoditas bisnis yang teramat sangat mejanjikan. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana membudidayakan ikan louhan secara baik dan sahih. Ikan Louhan yang dicirikan menggunakan benjolan di ketua, sering diistilahkan jenong atau nonong, rona warni pada tubuhnya dan adanya huruf cina atau alfabet arab di di bagian tubuhnya. Disebut jua flower horn karena warna tubuhnya yg warna-warni bagai bunga, dan benjolan di kepala bagai sebuah tanduk.

Asal Mula Louhan Progam pengembangbiakan sudah dimulai dari tahun 1993. Orang Malaysia terutama poly yg mengagumi ikan menggunakan ketua menonjol, yang dikenal menjadi Karoi atau ?Kapal perang?, ditemukan pada bagian barat negara mereka. Dahi sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini berharga untuk para peminat warga Taiwan menjadi pertanda pembawa keberuntungan dalam geomansi.

Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan output bibit unggul parrot cichlid yg diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara bersamaan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut. Pada tahun 1995, perkawinan persilangan diadakan lebih lanjut menggunakan Human Face Red God of Fortune, yg membuat jenis baru yg diklaim Five-Colors God of Fortune. Karena warnanya yg latif, ikan ini sebagai cepat terkenal.

Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut hingga tahun 1998, waktu Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yg jua diklaim menjadi Greenish Gold Tiger) yang diimpor menurut Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya menggunakan Jin Gang Blood Parrot menurut Taiwan. Pembelesteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama bibit unggul flowerhorn Hua Luo Han, yg kemudian diikuti menggunakan ta’aruf flowerhorn berikutnya.

Ketika flowerhorn pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, hanya terdapat dua jenis ikan ini yg distribusi, flowerhorn dan Golden Base. Maka menurut itu datanglah 2 varietas, mereka dengan mutiara (bintik-bintik perak putih pada kulit) dan yang nir. Golden Base pula mempunyai dua varietas, mereka yang pudar dan yg nir. Di antara segala jenis flowerhorn, yg tanpa mutiara menggunakan cepat disusul popularitasnya sang mereka yang memiliki mutiara, menjadi skala flowerhorns mutiara, atau Zhen Zhu. Dengan Golden Base, yg dikembangkan kulit menjadi keemasan yang menarik ditempatkan dalam flowerhorn kulit abu-abu itu.

Pada tahun 1999, ada empat jenis flowerhorn yg tersedia di pasar Amerika: flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, & fader. Peternak komersial pengkembang biak, dan ikan yang dipilih buat penampilan tanpa memperhatikan terminologi. Akibatnya, nama menjadi sesuatu yg membingungkan & jenis keturunan sebagai sulit dilacak. Sekitar 2000-2001, berbagai Kamfa ada. Ini merupakan bibit unggul menurut setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau menggunakan Parrot Cichlid jenis apapun. Ini membawa beberapa sifat baru, seperti verbal pendek, ekor terbungkus, mata cekung, & gundukan yg semakin akbar pada bagian kepala.

Melihat ini, mereka yg membesarkan di Zhen Zhus baik itu peternakan ikan buat mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna, buat bersaing menggunakan jenis Kamfa.

Jenis

Berdasarkan jenisnya, ikan Louhan dibagi sebagai 6 jenis:

1. CHINWA

2. CENCU

3. FLY MARKING

4. GOLDEN BEST

lima. CLASSIC

6. FREE HEAD

Perawatan Flowerhorn Cichlid diharuskan buat disimpan dalam suhu air 80-85 ?F, dan pH kurang menurut 7.4-8.0. Mereka membutuhkan tangki minimum sekitar 20-30 galon buat tumbuh. Apabila militan dan teritorial, 2 atau lebih flowerhorn umumnya nir disimpan secara berkelompok, namun isi tangki mereka bisa dibagi menggunakan membagi akrilik atau krat telur.

Aquarium untuk memelihara louhan Aquarium Ikan Louhan Aquarium sebaiknya diubahsuaikan dengan menggunakan ukuran louhan menjadi perbandingan, buat louhan ukuran 40-50cm usahakan ukuran aquarium merupakan 200x170x80cm. Aquarium yg baik buat louhan harus dilengkapi : Aerator dan Filter, Heater, Tempat Persembunyian, Bebatuan, Tanaman Air & Pencahayaan yang cukup.

Kiat Memilih Louhan

Ciri-karakteristik Louhan berkualitas baik :

* Sirip atas bawah & ekor seimbang

* Bintik hitam tegas berdasarkan pangkal ekor sampai insang

* Lingkaran rona perak keemasan metalik melingkari bintik hitam

* Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan

* Warna dasar tubuh merah cerah & kuning cerah

* Sirip & ekor merekah melebar & utuh

* Nongnong di ketua tampak proporsional

* Mata merah satu bulat penuh

Pakan Untuk Louhan Makanan Ikan Louhan Makanan alami dan kuliner buatan. Makanan alami terdiri berdasarkan : Artemia, Kutu Air, Jentik Nyamuk, Cacing Rambut & Sutra, Cacing Darah, Cacing Tanah & Udang. Makanan Buatan berupa pelet spesifik Louhan dapat diberikan berselingan dengan Cacing atau Udang.

Mengatasi Penyakit/Hama

Penyakit yang acapkali menyerang Louhan merupakan penyakit jamur, gejala yg tampak pada tubuh louhan merupakan tubuh seperti diselimuti benang halus.

Cara mengatasi penyakit ini merupakan :

* Hindari Ikan terluka

* Merendam Lohan kedalam larutan Malachite Green Oxalat menggunakan perbandingan 3g buat 1 kubik air. Ikan direndam kurang lebih 30 mnt

* Setelah selesai maka masukkan louhan kedalam aquarium yang sudah dibersihkan & diganti menggunakan air baru.

Klasifikasi ilmiah

* Kerajaan : Animalia

* Filum : Chordata

* Kelas : Actinopterygii

* Ordo : Perciformes

* Famili : Cichlidae

* Genus : Amphilophus

* Spesies : A. Trimaculatus

* Nama binomial: Amphilophus trimaculatus

Kritik Kritik jua telah terdengar mengenai flowerhorn, yg sebenarnya merupakan ikan protesis insan, ke dalam taksa ikan, yang disediakan buat identifikasi spesies yg ditemukan di alam. Praktek ini dapat menciptakan identifikasi cichlid semakin sulit. Pembiakan menggunakan garis keturunan yg murni spesies Cichlid telah terjadi pada sejumlah cichlid yg umumnya disimpan untuk tujuan hobi, risiko kerugian adalah mengenai material genetik.

Pengembangbiakan Flowerhorn juga memberikan kontribusi akan permintaan komersial buat pembuatan ikan jenis baru dan tidak selaras yg mungkin bisa menyebabkan praktek yg dipertanyakan dan diragukan seperti peternakan buat kelainan bentuk anatomi (misalnya yg terjadi di peternakan ikan mas).

Flowerhorn sudah dikritik oleh beberapa penggemar Cichlid dan pemerhati lingkungan untuk sejumlah alasan. Minat flowerhorn mengakibatkan pemusnahan surplus & cacat ikan, beberapa yg dibuang di alam liar pada Malaysia & Singapura, di mana mereka mudah menyesuaikan diri dan mengganggu ekosistem sungai dan kolam. Seperti cichlids lainnya, flowerhorn bersifat agresif & dapat berkembang biak menggunakan cepat, bersaing dan memangsa ikan asli.

Tips Memelihara Ikan Louhan.

Ikan Louhan (bahasa Inggris: Flowerhorn) diterbitkan berdasarkan bahasa Cina yaitu Lou Han. Luohan pertama kali ada pada Malaysia sekitar tahun 1996-1997. Lou Han merupakan galat satu ikan hias yg banyak digemari di Indonesia dan berasal dari famili Cichlidae. Siklid adalah keluarga akbar yg terdiri atas ratusan spesies. Perkawinan silang antar Lou Han terbukti membentuk Lou Han yang cukup baik kualitasnya menggunakan ciri-karakteristik fisik eksklusif, yaitu dalam aspek warna, rajah & keindahan bentuk.

Salah satu faktor yg berpengaruh terhadap perubahan rona ikan Louhan adalah dengan hadiah pakan buatan di samping faktor genetik ikan tersebut. Dalam pemeliharaan, Lohan nir terlalu sulit & tidak terlalu mahal terutama pada hadiah makanannya. Selain kuliner alami yg mudah didapat (cacing, udang), ikan ini pula menyukai makanan protesis (pelet).

1. Akuarium Volume akuarium tergantung ukuran, ikan louhan mini 5 - 7,5 cm sanggup memakai akuarium 20x30 cm?.. Ikan besar , 10-15 centimeter memerlukan akuarium lebih besar , 40x60 centimeter?. Louhan berukuran pada atas 25 cm pakai akuarium 60x120 centimeter?. Agar Louhan ukuran 40 cm bisa berkiprah bebas, akuarium yg dapat dipakai yakni ukuran 80x166 - 180 centimeter?.

Dua. Pengisian Air LouHan hidup baik pada suhu cukup hangat, 28-30 derajat Celcius. Air dingin bisa menyebabkan nafsu makan ikan kurang dan pertumbuhannya lambat.

3. Pemberian Makanan Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik. Untuk anugerah pelet dibiasakan semenjak mini .

4. Perawatan Bersihkan kotoran ikan yg ada pada dalam akuarium selama 2-3 hari sekali buat menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, bisa memelihara ikan Sapu-sapu, dengan ikan satu ini, ikan Louhan "segan" sehingga nir menjahilinya.

5. Peralatan Peralatan yg diperlukan dalam perawatan Louhan nir jauh berbeda dengan ikan lain, antara lain:

* Aerator, buat memasok oksigen / menciptakan gelembung

* Filter, buat menyaring kotoran dan memasok okigen

* Selang penyedot air, yang digunakan buat mengubah sebagian air atau mengganti total air pada akuarium * Batu apung, buat membersihkan kaca, kain lap dan lain-lain.

Cara Budidaya Ikan Louhan Louhan pertama kali ada di Malaysia pada tahun 1997. Asal usul Louhan hingg ketika ini masih samar-samar. Nama louhan diambil dari kata ?Hua louhan? Yg adalah dewi pelindung. Louhan banyak disukai masyarkat lantaran keunikannya. Keunikan louhan tampak dalam rona sisik dan dahi atau jenongnya yg menonjol (nongnong). Bahkan terakdang dalam sisik louhan masih ada pertanda atau marking yg berbentuk motif atau huruf mandarin, latin, atau nomor . Marking yang masih ada pada louhan memunculkan mitos bahwa lu han bisa mendatangkan hoki bagi pemiliknya. Mitos ini semakin menambah daya tarik louhan.

Pemijahan Louhan Hal yg perlu mendapatkan perhatian spesifik dalam pembudidayaan atau pemijahan louhan merupakan kualitas air yang akan dipakai menjadi media pemijahan. Sumber air yg akan digunakan buat pemijahan bisa asal dariair sumur maupun air PAM. Jika pemijahan dilakukan dengan menggunakan air sumur, sebaiknya air sumur diendapkan selama 48 jam seblum digunakan. Jika memakai air PAM, sebaiknya kadar klorin dan pH air dinetralkan terlebih dahulu. Penetralan ini bisa dilakukan menggunakan memakai larutan trisulfat 5 ppm. Pemijahan louhan dapat dilakukan dalam akuarium atau kolam.

Beberapa jenis peralatan yang wajib terdapat pada kolam atau akuarium adalah sebagai berikut :

1. Bak penampungan air

2. Filter

tiga. Aerator

4. Alat Penampung air

lima. Ornamen dan bebatuan

6. Lampu UV

Louhan adalah jenis ikan yg agresif & teritorial (mempertahankan wilayah kekuasaannya), sebagai akibatnya ikan ini acap kali berkelahi dengan ikan lain yang ditempatkan dalam satu daerah dengannya. Meskipun demikian, louhan termasuk ikan yg gampang diternakan. Untuk dapat melakukan pemijahan, diperlukan louhan betina ukuran minimal 10 cm & louhan jantan yg lebih besar . Perbedaan antara louhan jantan & betina dapat dilihat menurut kedekatan genetiknya. Untuk louhan keturunan Cichlasoma trimaculatum, jika pada sirip punggungnya masih ada bintik hitam maka louhan tadi berjenis kelamin betina. Jika pembedaan secara fisik sulit dilakukan, pembedaan jenis kelamin dapat dilakukan dengan cara venting, yaitu mengamati organ kelamin louhan yang bersangkutan. Setelah menerima calon induk buat dipijahkan, letakkan ke 2 induk tersebut dalam satu akuarium yang telah diberi sekat pemisah berdasarkan kaca. Tujuannya agar mereka terbiasa satu sama lain. Ketika louhan betina sudah memperlihatkan tanda-tanda bertelur, lepaskan sekat pemisah. Setelah sekat pemisah dilepas, amati perilaku ke 2 louhan. Jika keduanya terus berkelahi, segera sisihkan ke 2 louhan. Upaya penyatuan kedua louhan bisa dilakukan beberapa minggu kemudian atau dapat jua mengubah pasangannya. Jika pemijahan berhasil, amatilah tingkah laku kedua louhan. Jika kedua induk akur dan menjaga telurnya, abaikan mereka permanen bersatu. Jika ke 2 induk cenderung buat berkelahi, pisahkan induk jantan berdasarkan insuk betina agar induk betina menjaga telur tersebut. Jika induk betina memakan telurnya, pisahkan insuk tadi menurut telurnya.

Pemeliharaan Louhan Louhan termasuk jenis ikan yang gampang pemeliharaannya. Dengan standar pemeliharaan ikan dalam umumnya, louhan dapat hidup & tumbuh dengan baik. Tetapi, louhan akan semakin menarik, jika dalam pemeliharaanya memperhatikan baik-baik.

1. Tempat pemeliharaan Ikan Louhan Louhan umumnya dipelihara dalam akuarium yang berbentuk persegi panjang. Panjang akuarium usahakan 4 kali panjang tubuh louhan, karena ruang mobilitas yang luas akan memicu pertumbuhan louhan. Akuarium sebaiknya diletakkan 80 cm di atas lantai, supaya louhan tidak stres dan akuarium tidak pecah. Akuarium tempat pemeliharaan louhan wajib diberi lampu UV. Sinar lampu UV akan memicu pertumbuhan rona louhan sebagai akibatnya menjadi lebih cemerlang . Lampu UV sebaiknya tidak dinyalakan sepanjang hari, karena sinar lampu merangsang louhan buat terus berkiprah sehingga louhan nir dapat beristirahat. Dasar akuarium pula diberi kerikil atau batuan, agar misalnya tempat asli indukan orisinil louhan. Ada jua yang memasang cermin pada dalam akuarium. Tujuannya buat memicu pertumbuhan jenong louhan dan melatih louhan agar tampil lincah. Pemasangan cermin nir boleh asal-asalan. Cermin usahakan ditempatkan dalam air & jangan ditempelkan pada dinding akuariium, supaya nir membahayakann louhan. Selain itu, jangan meletakkan cermin sepanjang hari dalam akuarium, karena louhan cepat bosan.

2. Pemeriksaan Kualitas Air Untuk Ikan Louhan Sama halnya dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya, Kualitas air yang digunakan akan tumbuh optimal pada kisaran pH netral, yaitu antara 6,5-7,lima. Jika pH air terlalu tinggi, marking louhan akan tampak pudar. Suhu yang mendukung pertumbuhan louhan berkisar 35-320 C. Pemasangan filter akan membantu menjaga kualitas air. Penggantian air akuarium jua dpat mempengaruhi kadar dalam air. Terlalu sering mengganti air menyebabkan pH air di atas 7,5. Buat menatasi hal tadi, penggantian air dapat dilakukan menggunakan mengganti 1/2 volume air lama dengan air yg baru. Jika air pengganti dari menurut PAM, usahakan diendapkan terlebih dahulu. Apabila air pengganti dari dari air tanah, sebaiknya diberi zat pembunuh bakteri merugikan.

Tiga. Pemberian Pakan pada Ikan Louhan Selain tempat pemeliharaan dan kualitas air, hadiah pakan juga menghipnotis penampilan louhan. Pakan yang mengandung nutrisi yg sempurna, seimbang akan mempercantik penampilan louhan. Pakan louhan ada 2 macam, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing. Karena pakan alami kurang higieni, sebainya dicuci atau dibersihkan menurut kuman & bakteri sebelum diberikan pada louhan. Pakan alami dapat menciptakan warna louhan semakin brilian. Sedangkan pakan protesis bisa berupa pelet yang mengandung hormon ata pelet yang mengandung spirulina.Pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan rona louhan, sebagai akibatnya louhan menjadi lebih brilian & latif. Pemberian pakan buatan meningkatkan kecepatan perkembangan warna louhan. Akan namun, pemberian pakan buatan yg hiperbola menyebabkan beberapa dampak negatif. Misalnya keluarnya warna pada loka yang tidak diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan bila over dosis bisa menyerang lever & menyebabkna kematian sang karenanya, hadiah pakan yang bervariasi akan mengklaim kecukupan asupan vitamin dan gizi yg dibutuhkan louhan.

Penyakit dan Penanganan Penyakit Louhan Penampilan louhan akan semakin memukau bila didukung dengan kesehatan yg baik. Louhan bisa terkena aneka macam penyakit yang akan mengurangi nilai keindahnannya. Penyakit yang biasa menyerang louhan diantaranya white spot, lisan bisulan, stigma atau luka, stres, serta kembung & busuk verbal.

1. Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan White spot atau bintik adalah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot ditimbulkan oleh adanya fungi. Jamur ini timbul lantaran buruknya kualitas air yg digunakan. White spot merupakan penyakit yg sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah keluarnya white spot.

Dua. Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan Louhan yang terkena lisan bisulan ditandai menggunakan bengkak merah dalam mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi lantaran agresi Crustaceae (homogen udang), luka infeksi dampak perkelahian, bakteri atau jamur, & pakan yang nir cocok. Multu bisulan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama pada perawatan, puasakan louhan selama dua-3 hari. Setelah itu berikan pakan yg bergizi.

3. Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan Cacat atau luka dalam louhan dapat terjadi lantaran berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. Oenyakit ini dapat disembukan menggunakan mengisolasi louhan dalam akuarium spesifik & mengobati luka dengan memakai antibiotik. Selama pada perawatan, louhan diberi pakan yg bergizi agar cepat sembuh.

4. Stres Pada Ikan Louhan apabila warna tubuh louhan datang-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, & tingkah lakunya pasif, kemungkinan akbar louhan tadi mengalami stres. Louhan bisa mengalami stres lantaran aneka macam hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah , pakan yg jelek, takut terhadap musuh, atau sorot lampu & warna baju. Untuk mengatasi stres pada louhan dapat dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 centimeter di atas lantai, louhan diberi pakan yg sinkron, dipisahkan menurut ikan lain, & dibiasakan menghadapi aneka macam macam keadaan agar tidak mudah kaget.

5. Kembung dan busuk Mulut apabila perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk lisan. Penyakit ini dapat ada lantaran pakan yg nir higenis. Selain mengakibatkan kembung merah, pakan yg nir higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Penyakit busuk ekspresi ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor. Kedua penyakit tadi dapat disembuhkan menggunakan cara hadiah obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, & antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tadi, louhan pula dapt diterapi menggunakan menggunakan air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama tiga hari.

Post a Comment

0 Comments