CARA MEMELIHARA DAN MERAWAT MURAI BATU AGAR RAJIN (GACOR)

Dalam perawatan murai batu harian secara umum tidak tidak selaras jauh menggunakan burung kicau lain seperti cucak hijau, Cucak rowo dan sebagainya, mungkin yang relatif tidak sama perlakuaannya murai batu ini menurut burung lain merupakan menurut segi pemberian pakan & waktu penjemurannya. Murai batu yg memiliki karakter petarung ini merupakan galat satu maskot burung kicau, galat satu yg kini paling terkenal adalah murai batu medan, selain suaranya latif pula memiliki penampilan yang dagi dengan bulu & ekor yang manis mempesona, maka jadilah harga murai batu pun sudah sangat mahal meskipun baru bakalan/anakan. Karena itu kita perlu hati-hati dan telaten merawat burung jenis ini mengingat nilainya yang sangat cantik disamping menaruh kepuasan merawatnya.

Berikut ini adalah tips sederhana dan cara mudah dalam merawat Murai Batu supaya cepet bunyi dan rajin (gacor) di setiap kesempatan:

  1. Pertama tentukan jenis kelamin burung, pilihlah burung Murai yang jantan karena biasanya yang rajin berkicau adalah yang jenis kelamin jantan, dan kebanyakan para penghobi burung sudah tahu ciri-ciri bedanya antara Burung Jantan dan Betina.
  2. Selanjutnya burung dimandikan setiap pagi dengan cara semprot pakai spray atau bisa juga dengan menggunakan keramba mandi agar lebih bebas sekalian kita bisa membersihkan kandangnya.
  3. Bersihkan kandang setiap hari termasuk buang kotoran burung, ganti atau tambahkan makanan, ganti air minum dan usahakan berilah air minum burung dengan air yang sudah dimasak atau bisa juga dengan air kemasan atau air mineral.
  4. Lakukan penjemuran selama kurang lebih 1 jam atau lebih jika matahari benar-benar cerah dan boleh lebih lama apabila kondisi matahari tidak begitu cerah.
  5. Sediakan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas, karena pada makanan kemasan terebut terdapat kandungan vitamin, protein dan zat lain yang dibutuhkan oleh burung.
  6. Selain makanan yang biasa diberikan baik yang alami atau olahan, Berilah juga makanan tambahan (EF: Extra Fooding) seperti jangkrik setiap pagi 3 - 4 ekor dan sore demikian juga 2-3 ekor, bisa juga ditambah dengan ulat hongkong cukup satu sendok makan untuk 2-3 hari dan juga berikan kroto sebagai variasi jenis EF lainnya yang juga sangat digemari oleh Murai Batu dan sangat bermanfaat dan menambah rajin dan semangatnya.
  7. Lakukan pemasteran suara sesuai yang diinginkan dengan beberapa metode yang sudah ada, bisa dengan perekaman atau pemasangan dengan burung lain.Dan yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana disekitar rumah diusahakan ramah dan aman terhadap burung.

Demikian tips sederhana dan cara gampang dalam merawat Murai Batu, semoga berguna. Tips pada atas adalah tips yang pernah penulis coba, mungkin tips tersebut nir absolut sama antara satu menggunakan yang lain silakan pada sesuaikan menggunakan kebutuhan dan kesempatan para hobies sekalian. Wassalam.....

Post a comment

0 Comments