CARA MEMBUAT RAGAM JENIS BUNGA EUPHORBIA CANTIK DAN INDAH

Aneka-Peliharaan Hias----Membuat Ragam Jenis Bunga Euphorbia yang Indah. Tanaman dari family Euphorbiaceae ini memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu (milky sap). Daun tanaman Euphorbia kebanyakan berbentuk oval dengan ukuran bervariasi menurut hibrida dan kultivar. Bunganya kecil berwarna kuning dengan cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi.

Umumnya tanaman ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga yang memilki bunga yang tidak sempurna yang tidak memiliki organ seksual dan bersifat steril, sehingga tidak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya merupakan bunga yang tidak sempurna. Adapula tanaman yang sebagian bunganya merupakan bunga sempurna dan beberapa kondisi tumbuh bunga yang tidak sempurna. Perakaran Euphorbia merupakan akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar.

Bunga Euphorbia/ Foto:pixabay.com

Tanaman hias Euphorbia memiliki beraneka jenis bunga yg anggun. Warnanya pun bermacam-macam, jua dengan kombinasi garis dan bintik dalam kelopak bunganya. Dengan keterampilan dan kesabaram lebih, estetika bunga ini dapat dihadirkan tidak hanya satu pada satu tumbuhan, namun bisa 2, 3 sampai sembilan jenis dalam satu tanaman utama.

Kesan meriah akan terasa ketika menikmati satu tanaman euphorbia yang memiliki satu tumbuhan euphorbia yang memiliki lebih berdasarkan satu jenis bunga pada dalamnya. Pemilihan rona flora perlu diperhatikan supaya kesan harmonis dapat dirasakan. Membuat Jenis Bunga Euphorbia Cantik-Unik-indah.

Bunga Euphorbia Milii/Foto:pixabay.com

Langkah-langkah Membuat Ragam Jenis Bunga Euphorbia Cantik & Indah

  1. Pangkas cabang sekitar 5-10 cm dari pangkal. Nantibta pada bagian ini disambung dengan batang lain.
  2. Bila menginginkan semua disambung, cabang dapat digunduli.
  3. Buat potongan berbentuk huruf ”V” pada cabang yang dipangkas. Gunakan pisau yang tajam, pipih, dan bersih.
  4. Potongan berbentuk ”V” harus sempurna. Nantinya pada bagian ini menjadiu tempat melekatnya batang atas.
  5. Potong bagian atas berbentuk lancip. Lalu sisipkan ke potongan cabang yang dipangkas. Keduanya harus melekat erat.
  6. Ikat keduanya dengan tali pelastik. Ikatan sebaiknya dimulai dari bawah ke atas.
  7. Umumnya tingginya harga dilihat dari bentukan tanaman keseluruhan dan warna nya yang cerah dan sehat. Untuk mendapatkan bentukan seperti itu diperlukan pemeliharaan yang tepat dan intensif untuk pertumbuhan tanaman yang ideal.

Selain itu, peletakkan yang sempurna dapat memacu pertumbuhan tumbuhan & menurunkan tingkat serangan hama & penyakit tumbuhan.

Salah satucara buat mengatur daun flora tumbuh me-roset anggun, perlu dilakukan pemutaran letak flora terhadap sumber cahaya. Lantaran sifat tumbuhan yang mengejar sumber cahay, arah pertumbuhan daun baru dapat pada atur seperti yg diinginkan.

Euphorbia merupakan jenis tanaman hias yang dapat di percantik dengan pemberian tempat (pot) yang baik sehingga tanaman dapat tumbuh dengan leluasa.

Bentuknya pun beragam ada yg tinggi dan ada yg melebar. Pemilihan bentuk pot dapat disiasati menggunakan bentuk daunnya. Jika berdaun bundar , akan lebih anggun bila menggunakan pot yg tinggi, apabila daun relatif oval, dapat dipakai tempat yg lebih lebar.

Dapat jua pada padukan dengan jenis pot yang anggun & sinkron dengan karakter tanamannya. Jenis potnya dapat bermacam-macam, terdapat yg berupa pot keramik polos, pot keramik cina, potyang terbuat menurut seng, pot dari semen & lainnya.

Manfaatkan permainan warna pot, mulai menurut menciptakan kesan alami menggunakan warna cokelat belia atau tua, sampai rona-rona yg berkesan hangat lainnya misalnya biru dan kuning.

LetakkanEuphorbia diteras rumah. Usahakan sementara tidak terlampau kena sinar matahari langsung. Intensitas cahayanya sekitar 35-40% sudah cukup untuk tumbuh subur. Jangan lupa selalu menyiramnya minimal 2 hari sekali.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, paling simpel taburkan pupuk jenis slow release ke atas permukaan media tanam.

Bonus :

Buat Daun Variegata

Daun variegata sebagai koleksi yang membanggakan. Belang hijau putihnya tampil memikat. Semakin putih, kadang penilaiannya meningkat. Harganya pun mampu berlipat dibandingkan menggunakan yg normal. Pantas, buat menerima flora mutasi secara alami sulit. Dari sekian banyak bibit, satu tumbuhan mutasi telah rupawan.

Tanaman ?Bule? Ini ternyata sanggup dibuat menggunakan sedikit perlakuan. Penambahan giberlin menciptakan daun sebagai ?Bule?.

Ada cara lain yang dapat membuat variegata tetap. Caranya dengan menyemprotkan larutan Colchine dosis tinggi. Agar peluang sebagai lebih akbar , maka masukkan hormon auksin dan sitoksin menggunakan dosis seimbang.

Untuk membantu proses pembelahan sel dibubuhi Myainasital dan vitamin B1. Supaya tumbuh tunas ditambahkan Mn dan Mg. Semua komponen tersebut diramu menjadi satu, lalu semprotkan ke bagian pangkal akar atau batang. Lebih baik pemberiannya waktu masa pertumbuhan tunas. Dosisnya kurang lebih 1-dua tetes saja selama 1-7 hari.

Post a comment

0 Comments