CARA MUDAH, MURAH DAN PRAKTIS MENANAM KAKTUS HIAS

Aneka-Peliharaanhias-----Kaktus sebagai salah satu tanaman hias unik yang banyak memiliki ragam jenisnya, ada jenis kaktus mini yang memiliki bentuk yang lucu dan unik, sangat pas untuk dijadikan tanaman hias yang sangat banyak diminati para penghobi tanaman hias ini.

Kaktus adalah nama bagi tanaman hias ini yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktut termasuk tanaman tahan banting, karena dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering.

Kata jamak buat kaktus merupakan kakti.

Nama ilmiah: Cactaceae

Famili: Cactaceae; Juss.

Kingdom: Plantae

Tingkatan takson: Famili

Klasifikasi lebih tinggi: Caryophyllales

Divisi: Magnoliophyta

Tanaman kaktus (keluarga cactaceae) ini sanggup hidup usang eksis di lingkungan yg panas dengan tanah kemarau dan minim air. Habitat orisinil flora kaktus adalah pada gurun pasir sebagai akibatnya ciri tanaman kaktus menyesuaikan dengan lingkungannya.

Karakteristik lain tumbuhan kaktus ini adalah beliau mempunyai daun yg berbentuk duri untuk mengurangi penguapan, memiliki batang berlapis lilin buat mempertahankan kadar air, pada btg kaktus tersusun jaringan spon buat menyimpan kadar air yang baik.

Akar yang dimiliki flora kaktus panjang dan menyebar luas ke dalam tanah, akar yang panjang tersebut berfungsi buat lebih mampu menjangkau dan mengambil air & unsur hara yang masih ada di pada tanah.

Macam-macam Jenis Kaktus Hias

Kaktus dalam awalnya berkembang pada daerah gurun, tetapi pada akhirnya menyebar sampai ke aneka macam belahan dunia. Kaktus ada aneka macam jenis, mulai dari kaktus ukuran tinggi hingga kaktus berukuran sangat mini . Ada juga jenis kaktus berduri tanpa bunga, namun terdapat pula kaktus yg tumbuh tanpa duri dan berbunga sangat latif. Lantaran keunikannya inilah, waktu ini kaktus banyak dilirik menjadi tanaman hias.

Kaktus yg dijadikan flora hias dirumah ini memiliki jenis yang majemuk, dan setiap jenis mempunyai keindahan dan keunikannya masing-masing baik dari segi tampilan, bentuk, & rona bunganya. Berikut ini merupakan macam-macam jenis tanaman kaktus hias yg mampu dijadikan tumbuhan hias buat dipelihara pada tempat tinggal anda antara lain;

1. Kaktus Hias Ariocarpus

dua. Kaktus Hias Astrophytum

tiga. Kaktus Hias Cereus Tetragonous

4. Kaktus Hias Cephalocereus Senilis

lima. Kaktus Hias Echinocacts Grusoni

6. Kaktus Hias Pincushion

7. Kaktus Hias Parodia

8. Kaktus Hias Melocactus

9. Kaktus Hias Mammillaria Fraileana

10. Kaktus Hias Mammillaria Elongata Var Intertexta

11. Kaktus Hias Mammillaria Elongata

12. Kaktus Hias Lobivia Oganmaru

13. Kaktus Hias Haworthia Attenuata (Zebra)

14. Kaktus Hias Gymnocalycium

15. Kaktus Hias Ferocactus

16. Kaktus Hias Echinofossulocactus

Biasanya untuk tanaman hias, kaktus yg poly ditanam & disenangi penggemar kaktus buat dirawat & dipelihara di tempat tinggal adalah jenis kaktus kecil, yg ukuran kecil yang muat di pot & media tanam yang sedikit.

Cara Menanam Tanaman Kaktus Hias

Proses penanaman kaktus hias tergolong mudah dilakukan, baik mulai dari persiapan hingga proses pemeliharaan. Hal ini dikarenakan kaktus adalah tanaman yang kuat dan tahan banting tadi. Kaktus termasuk Tanaman Hias yang mudah untuk tumbuh dan mudah pula untuk dirawat. Tanaman ini dikenal juga sebagai tanaman gurun, maka sangatlah wajar apabila kaktus memiliki daya tahan luar biasa terhadap lingkungan ekstrim. Agar sukses dalam menanam kaktus hias, anda perlu tahu kuncinya dengan menyesuaikan media tanam dari tanaman kaktus hias ini, yaitu pasir. Apabila Anda tertarik untuk menanam tanaman ini, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menanamnya;

1. Pembibitan

Pembibitan merupakan tahapan yang sangat penting, oleh karena itu Anda perlu berhati-hati dalam melakukan proses ini. Bibit kaktus dapat dibeli dengan mudah di nursery, atau Anda bisa melakukannya sendiri dengan memilih bibit dari batang induk. Pastikan untuk memilih bibit yang unggul, tidak terdapat cacat fisik pada bibit tersebut. Anda bisa memilih bibit kaktus yang duri-durinya masih sempurna, batangnya tak mengalami memar, dan juga arah tumbuhnya tegak lurus. Pilihlah bibit yang umurnya sudah melebihi tiga bulan. Jika Anda mengambil dari batang indukan, pastikan batang bibit juga sudah mencukupi umurnya.  Cara menanam kaktus dengan menggunakan batang dari induk juga sama dengan proses menanam menggunakan bibit dari nursery.

Dua. Pembuatan Media Tanam

Karena kaktus termasuk tanaman yg berkarakteristik wilayah kemarau, maka kaktus hias memerlukan media yg kemarau & nir menunda air, sehingga akar kaktus tak terlalu lama dalam mengikat air. Oleh karenanya, kita tidak bisa memakai tanah merah dan tanah liat sebagai media tanam, karena 2 jenis tanah tadi mempunyai daya ikat air yg tinggi. Jika jumlah air di media tanam terlalu poly, maka bisa menyebabkan batang kaktus menjadi membusuk.

Anda sanggup menciptakan media tanam yang memakai bahan seperti tanah pasir, arang sekam, dan kompos dengan komposisi 1:1:1. Cara menanam kaktus menggunakan menggunakan kompos atau pupuk organik diyakini lebih berhasil dibanding menggunakan pupuk kimia. Kemudian siapkanlah pot yg sesuai. Jika kaktus bentuknya membulat, maka Anda sanggup memakai pot menggunakan berukuran lima sampai 10 cm. Jika kaktus bentuknya tinggi, Anda bisa memakai pot yang tingginya 1/2 menurut tinggi kaktus. Pastikan dulu bahwa pot mempunyai sistem drainase cukup baik, agar kaktus Anda nir membusuk.

3. Perawatan

Beda menggunakan Anggrek dan Bunga Kamboja, Kaktus termasuk tanaman yg tidak begitu menyukai air, namun kaktus permanen perlu disiram. Siramlah kaktus Anda seminggu sekali. Anda pula perlu melakukan penggantian pot & jua media tanam paling nir setiap setahun sekali. Yang perlu diingat, terdapat jenis kaktus yang menyukai sinar mentari , tetapi terdapat pula yang menyukai loka yang gelap. Sesuaikanlah letak kaktus Anda sinkron jenisnya, jangan hingga terbalik. Namun jangan langsung meletakkan kaktus di loka yang pribadi terkena sinar surya. Setelah minggu ketiga menurut masa tanam, Anda baru sanggup memindahnya ke tempat yang poly sinar mataharinya. Jika kaktus Anda merupakan jenis kaktus yg menyukai tempat yang tidak terlalu poly sinar mataharinya, sesekali Anda pula perlu memindahnya ke tempat yg terang.

Selain itu, Anda pula perlu memangkas tumbuhan ini bila proses tumbuhnya telah terlalu panjang. Untuk melindungi tumbuhan ini berdasarkan hama yg menyerang, seperti halnya hama cendawan, keong tanah dan tungau, Anda bisa menyemprotkan pestisida pada kaktus Anda. Anda juga perlu menaruh bakterisida secara terpola. Jika Anda jeli dalam perawatan, kaktus Anda akan tumbuh subur sesuai asa Anda.

Jika Anda ragu buat mencoba menanam menurut bibit, Anda mampu membeli kaktus yang telah jadi pada berbagai penjual flora hias yg sanggup Anda temui menggunakan mudah pada lebih kurang lingkungan Anda. Meski termasuk jenis tumbuhan yang gampang menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebaiknya kaktus yg baru saja Anda beli nir pribadi diletakkan di ruangan. Sebaiknya tanaman baru tadi dikondisikan terlebih dahulu pada loka yg intensitas cahaya mataharinya sedang, sirkulasi udaranya lancar, dan nir seringkali terkena air hujan.

Untuk perawatan kaktus ini, lakukan penyiraman seminggu sekali, atau mampu diadaptasi dengan tingkat kekeringan berdasarkan media tanamnya. Setelah dua minggu, Anda bisa memindah kaktus tadi dalam tempat yang diinginkan, contohnya di meja ruang tamu, di ruang kerja, juga di loka favorit Anda yg lainnya.

Demikianlah tentang macam-macam kaktus & cara gampang dan murah menanam kaktus tersebut, semoga Artikel ini berguna. Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments