11 TANAMAN HIAS PALING POPULER DAN DICARI TAHUN 2018

Aneka-Peliharaanhias------Jika dilakukan survei tentang flora apa saja yg disukai dan poly dicari para penggemar flora hias tahun 2018, tentu saja akan merujuk pada tanaman yang jua telah terkenal pada tahun-tahun sebelumnya. Beberapa jenis tanaman hias populer ini sangat digandrungi, sehingga harganya pun jadi meroket ratusan ribu sampai hingga puluhan juta rupiah. Apa saja tumbuhan hias yang paling populer ini & dicari di tahun 2018 ini. Berikut ulasasan admin aneka-Peliharaanhias, tentang hal tersebut, selesainya melihat syarat pada lapangan dan perkembangan pasaran flora hias yg poly perjual belikan secara online.

1. ANGGREK

Tanaman hias anggrek ini memang selalu menjadi primadona. Keindahannya dari segi bunga membuat para penggemar Anggrek selalu mencari-carinya, buat melengkapi koleksi mereka. Menurut catatan dari aneka macam asal, di semua dunia ini telah terdapat lebih dari 30.000 spesies anggrek. Jumlah sebanyak anggrek itu mencakup 660 genre menggunakan 75.000 hibrida yang terdaftar. Bayangkan, betapa kayanya dunia kita ini. Di Indonesia sendiri, berdasarkan catatan, potensi plasma nutfah anggrek di bumi Nusantara sekitar lima.000 jenis & nir sampai 10% yg dibudidayakan secara komersial. Itu berarti peluang usaha anggrek masih sangat terbuka.

Baca jua mengenai Tanaman Hias Anggrek di sini !!

2. AGLAONEMA

Tanaman Hias Aglaonema atau yang dikenal juga dengan sebutan sri rejeki ini, memiliki beragam spesies. Salah satu spesies yang paling terkenal dan digemari para hobbis adalah Aglaonema commutatum, ini adalah aglaonema yang daunnya menyerupai mata tombak berwarna hijau dengan paanjang daun sekitar 20 cm dan lebar 5 cm. Ada beberapa jenis nama Aglaonema yang sering dicari para penggemarnya antara lain Aglaonema Priede Of Sumatera, Aglaonema Chocin, Aglaonema Stella, Aglaonema hujan es, Aglaonema Tiara, Aglaonema Liptstik, AglaonemaAglaonema Shinta, Aglaonema Srikandi, Aglaonema Diana, Aglaonema Julied, dan Aglaonema  Widuri.

Baca juga tentang Tanaman Hias Aglaonema di sini !!

Tiga. ADENIUM

Tanaman hias Adenium (Plumeria Acuminate Varadenium) yang dikenal juga dengan nama kamboja Jepang. Meskipun ada embel-embel "Jepang" dibelakang namanya, tanaman ini bukan berasal dari jepang, tetapi dari Negara Afrika. Di wilayah asalnya Afrika, Adenium hidup di padang pasir. Ironisnya, tanaman ini mampu berbunga lebat. Bunganya pun berwarna warni dan akarnya dapat membesar kokoh membentuk bonggol yang menawan dengan bentuk-bentuk unik yang kadang tidak kita sangka-sangka. Adenium memang masih tanaman primadona. Di awal masa-masa jayanya, harganya bisa mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah per pot untuk tanaman Adenium yang bermutu bagus yang dilihat dari bonggolnya yang indah meliuk-liuk, menekuk, membulat, dan membengkak.

4. ANTHURIUM

Awalnya nama "Anthurium" hanya dialamatkan pada tanaman kuping gajah. Ciri khasnya terletak pada daunnya yang berbentuk jantung & menyerupai telinga gajah. Sesungguhnya ini menunjuk pada Anthurium crystallianum. Dan itulah anthurium yang pertama kali diintrodusir ke Indonesia. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, sekarang sudah banyak dijumpai anthurium lainnya, bahkan menggunakan penampilan yang lebih mempesona. Tidak hanya daunnya yg menarik, namun ada beberapa anthurium yang justru waktu berbunga, bunganya itu yang sangat mempesona. Jadi ada anthurium daun, & ada juga anthurium bunga. Kedua-duanya banyak diburu oleh para penggemar tumbuhan hias populer yg satu ini.

Lima. EUPHORBIA

Ephorbia dipercaya adalah flora berasal Madagaskar, dengan karaktristik bunganya kecil-kecil & warnanya sangat terbatas. Namun sesudah dilakukan rekayasa genetik sang para ahli tanaman pada Thailand, barulah orang mulai memerhatikan flora satu ini. Mereka berhasil menemukan beberapa euphorbia bibit unggul yg ditandai menggunakan munculnya bunga yang lebih besar menggunakan rona yg majemuk, bahkan bergradasi.

6. KELADI HIAS

Berdasarkan klasifikasi tanaman, kladi hias dengan aneka jenisnya itu, bersumber pada famili yang sama, yaitu Araceae. Namun, genusnya berbeda-beda. Ada genus Caladium, yakni aneka jenis keladi. Contohnya keladi Green Ice (Caladium marmoratum), caladium bicolor, atau Caladium humboldtii. Ada pula genus Alocasi, yakni aneka jenis Alokasia. Contohnya, alokasia neon (Alocasi green velvet) dan alokasia kulit badak (Alocasia melo). Ada pula genus-genus lain, seperti Zantedeschia, Aglaonema, Xanthosoma yang memiliki puluhan bahkan ratusan spesies, tetapi oleh masyarakat umum telanjur dianggap sebagai keladi hias. Dengan perkembangan pasar yang sangat tertarik dengan ragam jenis dan warna keladi hias, maka semakin banyak yang mencari harganya juga semakin lumayan naik. Tetapi karena budidayanya untuk tingkat rumahan sangat mudah sehingga mendapatkannya juga mudah jadi harganya bisa lebih murah.

7. NEPENTHES

Nepentes atau yg sang masyarakat generik lebih dikenal menggunakan nama kantong semar, pula sebagai salah satu flora hias yang masih banyak dicari. Tanaman ini memang unik dan mudah dikenali menggunakan kantong yang khas yg dimilikinya. Banyak orang yang salah menduga apabila kantong itu adalah bunga menurut nepenthes, padahal yg sahih kantong itu merupakan daun kantong semar yang ujungnya telah berubah bentuk sebagai kantong. Tahukah anda kenapa dinamakan kantong semar? Itu lantaran bila diperhatikan betul-betul bentuk kantong itu seperti menggunakan buncitnya perut sang tokoh punakawan, yakni semar, sebagai akibatnya jadilah warga menyebut flora nepenthes ini dengan nama kantong semar.

8. SANSEVIERIA

Sansenvieria atau yang sang warga dikenal jua menggunakan nama "pengecap mertua", adalah tanaman hias yg termasuk flora tahan banting. Tanaman ini cukup mampu bertahan lama di pasaran, lantaran berdasarkan dulu sampai kini , para pencinta tanaman hias masih mencintai kehadirannya. Warna daun dan penampilannya yg anggun, daunnya berwarna warni, menurut hijau muda, hijau tua, hijau abu-abu, perak, bahkan ada yang berkombinasi putih-kuning dan hijau kuning. Ada yang sangat menarik pula pada sansevieria memiliki alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daunnya, mempunyai majemuk contoh. Ada yg zig-zag, terdapat yg mengikuti arah serat daun, ada pula yang rambang tidak beraturan. Semua mempunyai estetika yang sang sebagian hobbis dipercaya daya tarik dan keunikan tersendiri dari Sansenvieria.

9. BONSAI

Para penggemar tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan taman bonsai ini. Bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki batang yang kerdil, imut, dan memiliki bentuk yang unik dan menarik.  Bonsai yang namanya berbau Jepang ini, memang asalnya dari negeri sakura atau asalnya dari Jepang ini, tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua dan berkarakter.

Baca juga tentang Tanaman hias Bonsai pada sini !!

10. KAKTUS

Kaktus merupakan anggota flora berbunga keluarga Cactaceae, Kaktus yg pula adalah jenis tanaman hias yg tahan banting, yg bisa hayati di kondisi lingkungan panas, kering, & kurang air. Kaktus mempunyai banyak varietas yang mempunyai btg dan bunga yg sangat unik, sebagai akibatnya ketika ini kaktus banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di Indonesia sendiri, kepopuleran kaktus menjadi tanaman hias sebenarnya telah relatif usang. Para hobbis yang menggemari kaktus ini senang mengkoleksi kaktus yg memiliki beragam jenis dan bentuknya yg unik-unik

Baca juga tentang Tanaman Hias kaktus pada sini !!

11. Portulaka ( Bunga Pukul Sembilan)

Portulaca grandiflora, Tanaman hias yang satu ini dikenal dengan berbagai nama, seperti; Portulaka, Krokot, Bunga Pukul Sembilan, Cantik Manis, Sutera Bombay, hingga dengan nama latin tanaman ini, Portulaca grandiflora. Nama portulaka dan krokot merujuk pada nama genus bunga ini yakni Portulaca. Di Indonesia, berbagai jenis Portulaca disebut sebagai krokot. Sedang nama ‘bunga pukul sembilan’ dilekatkan kerena kebiasaan bunga ini yang mulai mekar pada sekitar pukul sembilan pagi. Seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun, jenis bunga krokot ini memiliki sederatan nama. Nama-nama itu antara lain rose moss, eleven o’clock, mexican rose, mose rose, sun rose, rock rose, hingga moss-rose purslane.

Baca pula tentang Tanaman Hias Bunga Pukul Sembilan di sini !!

Demikian tentang 11 sebelas flora hias paling populer dan dicari tahun 2018, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Foto: Koleksi Pribadi blog Aneka-Peliharaan Hias.

Post a comment

0 Comments