Cara Budidaya Buah Jeruk Dan Manfaatnya

DhanyInfo.net - Kita mungkin sering sekali mendengar bahwa tubuh membutuhkan asupan buah dan sayuran dibanding jenis makanan lainnya. Mungkin ada juga yang bertanya-tanya, jenis buah dan sayuran apakah yang baik untuk tubuh? Bagaimana dengan buah jeruk? Apakah jeruk merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan?

Jeruk masuk kedalam suku rutaceae ( suku jeruk-jerukan). Tanaman ini diperkirakan berasal berdasarkan asia timur & asia tenggara. Untuk asia timur adalah dari jeruk manis & sitrun (lemon),sedangkan asia tenggara sebagai produsen jeruk bali, jeruk nipis, & jeruk purut.

Jeruk mempunyai kandungan akan vitamin C yg tinggi, serta memiliki kadar kalori yg rendah. Hal ini dapat memberikan manfaat menjadi sebagian menurut diet seimbang pada pola hidup yg sehat. Satu butir jeruk yang beratnya kurang lebih 140 gr, mempunyai lebih kurang 69 jumlah kalori tanpa lemak atau protein, dengan karbohidrat sebanyak 11 gr dan mengandung tiga gr serat kuliner. Vitamin C adalah vitamin antioksidan yang diperlukan oleh tubuh buat memenuhi fungsi kekebalan tubuh yg baik misalnya penyembuhan luka dan sebagainya. Jeruk juga memiliki 82 mg vitamin C. Buah ini pula bebas berdasarkan natrium & mempunyai 232 mg kalium atau kurang lebih 7 persen dari yang diperlukan oleh tubuh setiap hari.

Berikut adalah manfaat dan khasiat buah jeruk buat kesehatan dan kesejukan tubuh:

1. Memenuhi kebutuhan vitamin C

Buah jeruk merupakan galat satu asal vitamin C yang baik bagi tubuh, Vitamin C berperan buat menaikkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi 2 gelas Jus jeruk setiap hari akan membantu anda buat memenuhi kebutuhan Vitamin C harian anda.

2.Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam butir jeruk berperan menjadi anti kanker dan anti penuaan.

3.Mengurangi resiko Penyakit jantung & diabetes

Menurut sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition, buah jeruk bisa mengurangi peradangan yg terjadi setelah makan kuliner yang tinggi lemak & karbohidrat. Oleh sebab itu butir jeruk memainkan peranan penting pada meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung & diabetes.

4.Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh & mencegah dari berbagai macam penyakit. Untuk itu jika anda ingin memiliki tubuh yg sehat & terhindar berdasarkan aneka macam macam penyakit terdapat harus rajin buat mengkonsumsi butir jeruk, tentunya dengan porsi yang pas & tidak hiperbola, karena bila hiperbola buah jeruk pula mempunyai pengaruh yg negatif dalam lambung.

5. Menurunkan kolesterol

Dengan mengkonsumsi buah jeruk menggunakan rutin & dosis yg pas dapat menjauhkan anda berdasarkan resiko peningkatan kolesterol. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Nutrition Research dalam 2010 lalu menampakan bahwa buah jeruk bisa menurunkan kadar kolesterol pada pasien dengan kadar kolesterol yg tinggi.

6. Mencegah sariawan

Buah jeruk memiliki rasa cantik & sedikit asam yang menjadi cirikas dari buah yang memiliki kandungan vitamin C, Vitamin C pada buah jeruk selain berperan buat menaikkan kekebalan tubuh pula bisa mencegah Sariawan.

7. Manfaat butir jeruk buat menurunkan berat badan

Buah jeruk rendah akan kandungan lemak yang berperan buat menjaga kestabilan & menurunkan berat badan anda.

Berikut ini adalah manfaat lain berdasarkan butir jeruk :

- Mencerahkan kulit dan membuat kulit sebagai sehat serta bercahaya.

- Dapat memperbaiki kondisi kulit kita yang kusam dan pucat.

- Dipercaya sanggup melindungi kulit dari radikal bebas.

- Mampu menekan proses pigmentasi akibat pengaruh UVB.

- Dipercaya bisa menaikkan sintetis collagen sebagai antioksidan.

- Memproduksi collagen dan mengurangi garis halus dan kerutan dalam paras.

- Dipercaya bisa mencegah penyakit stroke.

- Dapat melawan sel-sel kanker.

- Memperbaiki kulit.

- Meningkatkan metabolisme tubuh.

- Menjaga kekebalan tubuh.

- Dapat menjaga kesehatan jantung.

- Meningkatkan kesehatan pernapasan.

- Mencegah kerusakan sel-sel berdasarkan radikal bebas.

- Mencegah batu ginjal.

- Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

- Mempertahankan ekuilibrium gula darah pada penderita diabetes.

- Dapat menurunkan tekanan darah dan pada percaya mencegah osteoporosis.

CARA BUDIDAYA BUAH JERUK

Cara Menanam Bibit di Lahan Terbuka

Waktu buat menanam bibit yang baik merupakan dalam isu terkini penghujan hingga menjelang ekspresi dominan kering. Sebelum memulai menanam, wajib diperhatikan kondisi tanah pada dalam lubang-lubang tanam, yaitu telah benar -betul basah menurut atas sampai ke bawah.

Lebar dan pada lubang wajib relatif buat akar seluruhnya, supaya arah pertumbuhannya bisa lurus. Selain itu dalam lubang tanam perlu diberi pupuk dasar menggunakan pupuk kandang ? 20 kg dan NPK ? 250 g atau campuran urea, TSP, KCL dengan perbandingan 2 : 2 : 1.

Jarak lubang tanam jeruk bhineka buat setiap jenisnya. Kalau buat jenis jeruk yg akbar maka lubang wajib dibuat 8 x 8 m, sedangkan buat jeruk keprok cukup dengan jarak 5 x lima m dan buat jenis jeruk anggun berukuran yg baik & ideal adalah 6 x 6 m.

Jarak tumbuhan ini penting lantaran perkembangan jeruk itu bhineka antara jenis satu & yg lainnya. Di samping itu pengaturan jeda yang baik akan memudahkan masuknya sinar mentari & jalan angin ke sela-sela flora jeruk. Pohon yang terlalu berhimpitan akan gampang terkena penyakit dan kurang baik perkembangannya.

Faktor-faktor lain yg harus diperhatikan dalam menanam jeruk antara lain :

1.    Air dalam tanah harus cukup, tetapi ttidak menggenang

2.    Tanah harus mengandung zat-zat makanan dan bahan organism yyang cukup tinggi.

3.    Tanah harus selalu gembur tidak muudah padat.

4.    Curah hujan dan kelembapan cukup tinggi.

Cara Menanam Bibit pada Lahan Terbuka (Tabulampot)

- Awalnya siram media pada polybag yg berisi bibit jeruk sampai basah

- Balikkan posisi polybag sambil ditepuk-tepuk bagian dasarnya, agar bibit keluar bersama media dan akar-akarnya

- Pangkas sebagian cabang, ranting, dan daun yg nir bermanfaat buat mengurangi penguapan

- Letakkan bibit jeruk tepat di tengah-tengah pot secara tegak

- Timbun menggunakan residu media tanam hingga penuh

- Siram hingga relatif basah, bisa ditambah dengan humus

- Letakkan tabulampot jeruk pada loka yg benar terbuka dan terkena sinar surya pagi hari sampai pukul 11.00 WIB

- Jika mempunyai lebih menurut satu tabulampot jeruk sanggup diletakkan berjajar & teratur

- Jangan lupa lakukan penyiraman dengan mengalirkan air

- Sebaiknya tetap lakukan pemupukan susulan

Cara Pemeliharaan Tanaman Jeruk

1.    Pemupukan

Pupuk yg diberikan dapat berupa pupuk organic juga anorganik. Pupuk organic seperti pupuk kandang dan kompos sangat baik buat memperbaiki struktur tanah agar remah. Sedangkan pupuk anorganik misalnya nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), & unsure-unsur hara makro atau mikro misalnya Zn, Cu, Mn, dan Fe, sangat menunjang pertumbuhan dan kesehatan tanaman .

Pemberian pupuk terhaddap tanaman jeruk berbeda-beda takarannya karena harus disesuaikan dengan usia, jenis, dan kandungan hara  yang  dibutuhkan. Semakin besar tanaman maka semakin banyak kebutuhan pupuk yang dibutuhkan.

Tiga bulan setelah  bibit ditanam sampai berumur setahun, jeruk membutuhkan pemupukan susulan sebanyak 3 kali setahun, pada saat jeruk berumur 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan.

Misalnya jeruk keprok, dosis untuk setiap pemupukannya adalah campuran dari urea, TSP, dan KCL (1 : 1  :1) sebanyak 750 gram per pohon, atau 300 kg per hektar untuk 400 pohon. Dosis pemupukan tahun kedua dan seterusnya meningkat, tapi pemberiannya dilakukan setiap 4 bulan. Pupuk dibenamkan dalam lubang sedalam 15-20 cm di bawah lingkungan tajuk pohon.

2.    Pengairan

Jeruk sangat menyyukai kelembapan dan curah hujan yang cukup, pengairan sangat penting apalagi memasuki musim kemarau. Kekurangan air pada pada saat pertumbuhan vegetative akan menghambat pertumbuhan tunas dan akar,  sedangkan pada masa generratif akan mengakibatkan kerontokan bunga  atau buah.

3.    Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan pada bagian pohon yg lemah atasu terjangkit penyakit, tujuanya buat memelihara tumbuhan supaya tetap segar, sehat, & produktif, selain itu supaya sinar surya & angin dapat menembus sela-sela dahan secara merata. Hasil pemangkasan harus segera dibakar atau dipendam dalam tanah hal ini buat menghindari penyebarab penyakit.S

4.    Pemeliharaan Saat Berbunga

Pohon jeruk yang berumur tiga-5 tahun akan berbunga buat pertama kalinya. Kuncup bunga tumbuh di pucuk, dan lalu akan berubah sebagai buah.

Untuk menjaga  prod uktivitas pohon, maka sebaiknya hanya beberapa bunga yang dibiarkan tumbuh menjadi buah. Sedangkan bunga-bunga yang lainnya sebaiknya dipangkas.. kalau pohon sudah benar-benar kuat maska bunga di biarkan tumbuh semuanya.

5.    Penjaranag Buah

Kualitas buah jeruk dapat ditentukan oleh letak buah pada pohon & cahaya surya. Buah yg menerima sinar surya yang relatif dalam umumnya bermutu tinggi.

Semoga Bermanfaat....

Post a comment

0 Comments