7 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

DhanyInfo™ - Mungkin di antara kita masih ada yang belum mengetahui buah tin. Buah tin memiliki nama latin Ficus carica . Buah ini berasal dari Asia Barat dan sangat terkenal dalam dunia islam. Hal ini dikarenakan buah tin disebut Allah SWT dalam firman Allah SWT dalam Al-Qur'an, yaitu surat At-Tin.

7 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Manfaat dari buah tin sudah tidak diragukan lagi, bahkan di dalam Al-Qur'an Allah berfirman: "Demi pohon Tin dan pohon Zaitun" (QS. At Tin : 1). Selain telah disebutkan dalam Al-Qur'an, buah Tin merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan oleh Abu Darda r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda: " Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Sebab, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad ).

7 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Buah tin kaya akan kandungan-kandungan zat yg sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan-kangdungan zat tersebut di antaranya merupakan: protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, kalsium, zat besi, pottasium, trytophan, magnesium, coumarin, serat, tenaga, zinc, fosfor, & mangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat berdasarkan butir tin:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi & menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium, omega tiga & 6, fenol, dan magnesium pada buah tin bermanfaat buat menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga jantung menurut serangan jantung koroner.

Dua. Mengurangi kadar kolesterol darah

Serat yang larut dalam butir tin disebut pektin. Pektin ini yg bisa mengurangi kadar kolesterol darah.

3. Mencegah osteoporosis

Kandungan coumarin dalam buah tin mampu mencegah osteoporosis serta membantu menaikkan kepadatan tulang.

4. Mengobati diabetes

Kandungan serat yg ada dalam buah tin bisa memperlambat proses penyerapan glukosa dalam usus mini .

5. Mengurangi risiko kanker prostat

Kandungan coumarin pada buah tin bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat.

6. Menghindari Insomnia

Kandungan Trytophan pada buah tin bisa menghindarkan berdasarkan insomnia, serta menciptakan kualitas tidur yg baik.

7. Sebagai zat anti tumor

Buah tin kaya akan fenol dan benzaldehid. Kandungan fenol dan benzaldehid ini yang berfungsi sebagai zat anti tumor, serta bisa membunuh mikroorganisme penyebab penyakit, jamur, dan virus dalam tubuh.

Post a Comment

0 Comments