Jelajah Nusantara : Wisata Pantai di Kalimantan Selatan yang Memanjakan Liburanmu

Wisata Pantai di Kalsel – Sudah saatnya Anda mengeksplore keindahan sisi selatan Kalimantan, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di provinsi yang beribukota di Banjarmasin ini.

wisata-pantai-di-kalimantan-selatan

Wisata Pasar Terapung mungkin sudah barang tentu Anda singgahi soalnya ikonik banget dan dekat pusat Kota Banjarmasin. Di Banjarbaru ada Puncak Tahura Mandiangan yang sering dijadikan muda-mudi destinasi melepas rindu dengan suasana perbukitan, gowes atau hanya sekedar pacaran.

Anyway, tak begitu jauh dari jantung kota “Seribu Sungai” ini melipir ke Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru juga ada wisata pantai yang tak boleh Anda lewatkan ketika liburan di Kalsel. Pantai mana saja? Check this out!

Destinasi Wisata Pantai di Kalsel yang Asyik buat Liburan

Objek wisata pantai masih sebagai galat satu tujuan wisata alam favorit rakyat untuk mengisi saat liburan bersama famili dan sahabat-sahabat. Nah, wisata pantai di Kalimantan Selatan pun saat ini terus mengalami perkembangan dalam bisnis menarik minat wisatawan. Dan hasilnya, jumlah wisatawan yang berkunjung terus semakin tinggi menurut tahun ke tahun.

Berikut tempat wisata pantai terbaik yang ada di Kalimantan Selatan yang harus masuk dalam wish list wisata mu.

1.    Pantai Angsana

Selalu sebagai hal menyenangkan liburan di Tanah Bumbu, dan loka wisata yang harus Anda kunjungi pada sana merupakan Pantai Angsana. Memiliki keindahan alam yg masih ?Perawan? Sebagai daya tarik bagi para wisatawan, baik yang dari Kalsel maupun luar daerah.

wisata-pantai-angsana

Garis pantai berpasir putih yang luas, lautan biru jernih, pepohonan yang rindang untuk berteduh menikmati semilir angin membuat Anda bisa liburan tenang. Panorama unggulan lainnya di Pantai Angsana adalah keindahan alam bawah lautnya, wisatawan sering memanfaatkanya dengan aktivitas snorkeling dan selam scuba. Menyelami taman lautnya bak serasa di Pantai Bunaken atau Raja Ampat karena kita bisa melihat keindahan terumbu karang yang tak jauh dari pesisir pantai. Penasaran? Yuk liburan ke Pantai Angsana!

Lokasi :  Jl. Sawit KM 8, Bunati, Kecamatan Angsana, Batu Licin, Kab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : GRATIS

Fasilitas : bermacam wahana permainan, wisata kuliner, mushola, penginapan, bahakan juga telah ada hotel yang lumayan representative, jasa sewa alat selam. Dan tak ketinggalan toilet, kamar bilas yang banyak serta area parkir yang luas.

Rute : Jarak tempuhnya dari Kota Banjarmasin ± 200 Km (4 jam 32 menit) lalu lintas normal. Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 187 Km (4 jam 12 menit). Dari Pelaihari, Kab Tanah laut ± 140 Km (3 jam 21 menit). Apabila dari Batulicin jaraknya ± 82 km (2 jam 4 menit). Sedangkan dari Pantai Pagatan yang sama-sama berada di Tanah Bumbu, jaraknya adalah ± 50 Km (1 jam 20 menit).

2.    Pantai Pagatan

Pantai Pagatan adalah salah satu pantai terindah yang ada di Kalimantan Selatan. Di pantai ini pengunjung bisa menyisir hamparan pasir putih lembut sembari menikmati birunya laut dan deburan ombak yang bersahabat,  pohon kelapa yang melambai juga angin laut yang sepoi-sepoi akan menjadi teman wisatamu.  Kegiatan berenang, berjemur juga tak boleh Anda lewatkan.

pantai-pagatan-kalsel

Di Pantai Pagatan, kita juga bisa belajar kebudayaan. Ada acara adat mappanretasi (ritual adat khas Bugis) atau yang lebih dikenal dengan festival Pesta Pantai atau Pesta Laut yang diadakan setiap tahunnya pada bulan April. Pesta pantai yang digelar hampir sebulan penuh ini adalah sebuah ungkapan syukur dari hasil laut yang melimpah, serta memohon perlindungan selama nelayan pergi melaut. Berbagai acara adat serta acara modern yang sangat menghibur disuguhkan selama perayaan mappanretasi.Mengasyikkan!

Puncak acara mappanretasi ditutup oleh Bupati Tanah Bumbu & Ketua Adat Bugis menggunakan menaiki bahtera yg membawa sesajen yang nantinya akan dilabuhkan di laut.

Lokasi : Kusan hilir, Batu Licin, Kab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk :  Tidak ada biaya ataupun retribusi khusus ditarik dari wisatawan yang berkunjung dan mmenikmati suasana pantainya.

Fasilitas : Bermacam wahana permainan air, ada banana boat, keliling menaiki speedboat, dll. Warung makan, toko-toko suvenir, penginapan berupa hotel-hotel atau pun losmen dengan harga yang cukup murah, masyarakat sekitar juga membuka pintu rumahnya untuk tempat menginap wisatawan. Ada yang berbayar dan ada yang sekedar cuma-Cuma. Tersedia juga toilet, kamar bilas, gazebo dan tempat parkir kendaraan.

Rute : Jarak tempuhnya dari Kota Banjarmasin ± 241 Km (5 jam 30 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 228 (5 jam 9 menit). Dari Pelaihari ± 176 Km (4 jam 6 menit).  Dan berjarak ± 30 km (45 menit) apabila dari Batu Licin.

3.    Pantai Asmara

Memiliki nama yang cukup puitis, Pantai Asmara sekarang menjadi destinasi idola poly wisatawan. Kawasan pantai yg terjaga bersih membuat pengunjung merasa nyaman berlama-usang menikmati suasana pantai Asmara.

pantai-asamara-pelaihari-kalsel

Hamparan pasir putih pada sepanjang pantai, ombak laut relatif tenang & banyaknya spot menarik buat berfoto terdapat ayunan kekinian, gembok cinta dan papan besar bertuliskan LOVE menciptakan mu tidak boleh melewatkan pantai anggun satu ini. Selain itu adanya dermaga mini yg menjorok ke laut adalah loka yg pas buat Anda bersantai sambil melihat kegiatan pengunjung lainnya atau menunggu momen mentari terbenam.

Lokasi : Kecamatan Jorong, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : Rp10.000,- per orang dewasa.

Fasilitas : Bermacam permainan air, kedai yang menjual makanan khas kalimantan Selatan, tempat parkir, kamar mandi dan toilet yang terjaga kebersihannya. Untuk penginpan, di sekitar pantai masih belum ada. Jadi jika ingin nginap, Anda bisa mencari penginapan di Kabupaten Tanah Laut. Di sana ada banyak penginapan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, baik tarif maupun lokasi.

Rute : Jarak tempuhnya dari Kota Banjarmasin ± 120 Km (2 jam 51 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 107 Km (2 jam 29 menit). Apabila sudah di pusat Kota Pelaihari jaraknya ± 60 km (1 jam 27 menit).

4.    Pantai Turki

Pelaihari punya! Pantai Turki bisa dibilang wisata baru Kalsel yang ngehits baru-baru ini. Mau tahu kenapa dinamakan Pantai Turki? Penamaan pantai ini, menurut beberapa sumber katanya karena letaknya di daerah Tungkaran Kiri, selain itu katanya juga karena pantai ini dimiliki oleh orang keturunan Turki.

wisata-pantai-turki-kalsel

Pemandangan di pantai Turki sangat eksotis dengan kondisi alam yang masih terjaga kealamiannya. Di pantai yeng berpasir kecokelatan ini, pengunjung bisa menikmati birunya laut sembari bersantai di gazebo yang dibentuk bagus dan tentunya rumah pohon yang instagramable banget.

Adanya pohon-pohon rindang dan lapangan rumput yang menghijau melengkapi keasrian Pantai Turki. Anyway, saat akhir pekan atau musim liburan seperti halnya libur tahun baru 2017-2018 kemaren Pantai Turki diserbu pengunjung dari berbagai daerah lho. So! jika ingin lebih leluasa liburan di Pantai Turki datang saja saat hari biasa.

Lokasi : Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : Rp10.000,-

Fasilitas :Area parkir, gazebo, dll.

Rute : Dari Banjarmasin, jaraknya ± 112 Km (2 jam 30 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 99 Km), dari Pelaihari ± 52 Km (1 jam 16 menit).

5.    Pantai Batakan

apabila Anda bertanya pada rakyat Kalimantan Selatan, pantai apa yg telah lama populer pada Kalsel hingga kini ini? Maka satu dari beberapa jawaban mereka hampir sanggup dipastikan Pantai Batakan termasuk di dalamnya.

Berjalan kaki dengan kaki telanjang akan sangat menyenangkan, gulungan ombaknya yg tak terlalu tinggi, banyak pohon cemara yang rindang disekitar pantai, adanya jasa sewa kuda buat ditunggangi keliling pantai dan diajak berfoto menjadikan Anda malas buat berkiprah menurut Patai Batakan ini.

wisata-pantai-yang-di-kalimantan-selatan

Tak perlu khawatir, kuda pada sini bukan kuda pacuan kok yg punggunya berjarak sangat tinggi berdasarkan tanah. Kuda yg digunakan ukuran kecil yang telah jinak.

Tak terlalu berani mengendalikan kuda secara sendiri? Tenang. Pantai Batakan  juga menawarkan pengalaman naik delman untuk menyisir pantai. Anda tinggal duduk santai saja di jok belakang, biarkan pak kusir yang mengendalikan delmannya.

Sebelum Anda sampai ke Pantai Batakan pun, sebenarnya sudah dimanjakan oleh pemandangan persawahan dan perbukitan yg latif pada sepanjang jalan. Setelah itu wisatawan akan disambut tugu Pantai Batakan yang memebelah jalan sebagai 2. Di sini Anda bisa istirahat sejenak & ingat mengabadikan pose terbaik mu.

Lokasi : DesaBatakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : Rp20.000,-

Fasilitas : Tempat parkir yang luas dan sanggup menmpung rautsan kendaraan bermotor, kamar mandi dengan air tawar untuk membilas tubuh setelah puas bermain air laut, area berain anak-anak, masjid, warung makan, hingga panggung hiburan.

Rute : Dari Banjarmasin, jaraknya ± 106 Km (2 jam 33 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 93 Km (2 jam 1 menit). Dari Pelaihari ± 44 Km (1 jam 3 menit).

6.    Pantai Takisung

Juga merupakan pantai di Kalimantan Selatan yg sudah lama populer hingga kini . Terutama ketika hari libur akbar, garis pantai Takisung yg luas & memanjang akan padat oleh wisatawan menurut berbagai penjuru. Panorama unggulan pada Pantai Takisung adalah saat senja, angin yang bertiup akan menemani Anda mencari spot foto berlatar siluet sunset yang memesona.

wisata-pantai-di-kalsel-untuk-liburan

Jangan lupakan jua berfoto pada papan bertuliskan ?PANTAI TAKISUNG? Sebagai bukti bawa Anda pernah berkunjung ke sini.

Lokasi : Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Tiket masuk : Rp10.000,-

Fasilitas : Area parkir luas, pasar tradisional yang menjual berbagai sovenir khas, warung makan, tenda penginapan seadanya, penyewaan ATV, Bananaboats, perahu, pelampung, kamar bilas, toilet, dan lainnya.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 76 Km (2 jam 2 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 63 Km (1 jam 36 menit). Dari Pelaihari ± 25 Km (38 menit).

7.    Pantai Gedambaan

Pantai Gadembaan merupakan wisata pantai di Kalimantan Selatan yang berpasir putih dan memiliki ciri khas pemandangan menakjubkan. Warna air pantai Gedambaan sangat bening kebiruan dengan view perbukitan hijau yang melengkapi.Dasar air laut yang dangkal dapat terlihat dengan mudah karena jernihnya air pantai Gedambaan.

pantai-gedambaan-kotabaru-kalsel

Indahnya lagi, di pantai Gedambaan ini terdapat jua pohon bakau yang tubuh pada sekitarnya, dan nampaknya umur pohon bakaunya rata-homogen telah tua, ini terlihat menurut berukuran btg & akar besar berdasarkan pohon bakau yang keluar dari bagian atas tanah.

Jika datang pada waktu yang tepat,  pemandangan perahu layar tradisional yang bersandar juga bisa Anda temui. Perahu layar tersebut biasanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut.

Lokasi : Pantai yang dulunya dikenal sebagai Pantai Sarang Tiung ini berada di Desa Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : Rp5.000,-

Fasilitas : Cottage, mushola, warung pinggir pantai, area memancing, dan masih banyak lagi.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 322 Km (8 jam 11 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 309 Km (7 jam 48 menit). Dari Pelaihari ± 262 Km (6 jam 53 menit). Dari Kotabaru ± 114 Km (3 jam 15 menit).

8.    Pulau Samber Gelap

Jika Anda menyukai wisata pantai yang indah dan terjaga bersih serta suasana alam damai untuk melepas penat. Maka pulau Samber Gelap ini sangat recommended Anda kunjungi. Pulau Samber Gelap menawarkan keindahan butiran pasir putih nan halus serta air laut yang jernih, pephonan yang akan menambah kesejukan hati, apalagi dengan angin sepoi-sepoi semakin memanjakan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

wisata-pulau-samber-gelap-kotabaru-kalimantan-selatan

Pemandangan bawah lautnya pun indah sekali, maka tidak mengherankan apabila loka ini sebagai favoritnya para penyuka snorkeling & diving. Menariknya lagi, masih di daerah pulau Samber Gelap juga terdapat loka perlindungan penyu.

Pulau Samber Gelap kian banyak dikunjungi sang wisatawan yg terdapat pada sekitaran Kalimantan Selatan, sampai yg berdasarkan luar Kalsel. Jadi, kapan engkau ke sini?

Lokasi : Di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Tiket Masuk :Tidak ada biaya masuk ke kawasan ini. Biaya yang dikeluarkan hanya biaya perjalanan menuju tempat ini yang nantinya akan menaiki kapal air untuk menyebrang.

Fasilitas : Pulau Samber Gelap memiliki fasilitas rumah untuk pengunjung yang ingin menginap ataupun bermalam di tempat ini.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 308 Km (7 jam 52 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 295 Km (7 jam 31 menit). Dari Pelaihari ± 248 Km (6 jam 31 menit). Dari Kotabaru ± 101 Km (2 jam 56 menit).

9.    Pantai Muara Kintap

Objek wisata Pantai Muara Kintap tak kalah populer & relatif ramai dikunjungi masyarakat Kalimantan Selatan, terutama masyarakat Tanah Laut, Tanah Bumbu, Banjarbaru, Banjarmasin dan sekitarnya.

Yang membuatnya hits di jejaring sosial belakangan ini adalah adanya spot keren pepotoan yaitu terdapat beberapa buah ayunan yang masing-masing atasnya bertuliskan “MUARA KINTAP”,“JOMBLO” dan "GALAU" yang mana background-nya adalah bentangan lautan biru dengan ombaknya yang saling berkejaran.

pantai-muara-kintap-kalsel

Kalau dilihat-lihat, berfoto di ayunan yang dibuat oleh karang taruna setempat, persis seperti di Pantai Ombak Sunset Gili Trawangan.

Lokasi : Muara Kintap, Kintap, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : GRATIS. Cukup siapkan Rp10,000,- untuk biaya parkir apabila menggunakan mobil dan uang belanja makanan hingga suvenir sebagai oleh-oleh.

Fasilitas : ­Pondok-pondok istirahat yang disewakan, payung-payung pantai, permainan ATV, permainan bananaboats, penyewaan pelampung, dll.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 156 Km (3 jam 41 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 143 Km (3 jam 22 menit). Dari Pelaihari ± 96 Km (2 jam 21 menit).

10. Pulau Birah-birahan

Pulau eksotis dengan pemandangan yang sangat luar biasa. Pulau Birah-Biarahan pantas menjadi salah satu tujuan utama wisata Anda di Kalimantan Selatan. Bertandang ke pulau Birah-birahan, Anda bisa menikmati alam bawah laut, pulau, menyalurkan hobi mancing dan fototgrafi.

Pantai Birah-birahan mempunyai syarat air yg ideal buat snorkeling & diving, ikan rona-warni & terumbu karangya sangat beragam & indah tentunya.

Tak sanggup menyelam? Tak usah sedih, bermain pada pantai dengan pasirnya yg putih jua sangat seru.

wisata-pulau-birah-birahan-kotabaru-kalsel

Hobi memancing? Boleh juga. Ada beragam ikan kecil yang bisa Anda dapatkan, atau bahkan hiu dan ikan pari. Jika beruntung, Anda juga bisa menyaksikan lumba-lumba, lho!

Hobi fotografi? Bisa sepuasnya. Di Pulau Birahbirahan ini tidak usah diragukan lagi spot buat berfoto. Sangat poly & mengagumkan cantik.

Lokasi : Terletak di antara Kecamatan Pulau Laut Kepulauan dengan Kecamatan Pulau Sembilan, Kotabaru, Kalimantan Selatan

Tiket masuk :

Fasilitas : Masih seadanya, hanya saja transportasi untuk menuju pulau ini sudah memadai.

Rute : –

11. Pantai Joras

Tempat wisata pantai yang terdapat di Kalimantan Selatan selalu memiliki keunikan tersendiri, tidak terkecuali pantai Joras di Kabupaten Tanah Laut. Sejenak bersantai uring-uringan di atas hamparan pasir atau melukis sampai membentuk istana pasir merupakan aktivitas menyenangkan. Selain itu menikmati estetika pantai menurut dermaganya yang populer, hingga terbang ke mercusuar pada dekat pantai menyuguhkan pemandangan menakjubkan yg dimiliki Pantai Joras.

objek-wisata-pantai-joras-kalimantan-selatan

Tak hanya itu, tak jauh dari lokasi pantai terdapat hamaparan rumput hijau yang sangat cocok buat wisatawan yang ingin ber-camping.

Lokasi : Desa Karang Rejo, Kecamatan Jorong, Kota Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk : Rp8.000,-

Fasilitas : Masih ala kadaranya, hanya terdapat warung-warung dan kamar mandi yang disipakan oleh masayarakat sekitar.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 113 Km (2 jam 40 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 100 Km (2 jam 22 menit). Dari Pelaihari ± 53 Km (1 jam 19 menit).

12. Pantai Teluk Tamiang

Keindahan pantai dengan pasir putih dan lautan biru jernih juga dimiliki oleh pantai Teluk Tamiang di Kotabaru. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan kesejukan dan ketenangan pantainya. Deretan pohon kelapa yang melambai, pasir yang tak akan mengotori kaki karena sangat bersih, bebatuan, ombak yang bersahabat untuk berenang akan memberikan kesan liburan istemewa untuk Anda. Spot wisata bahari di Teluk Tamiang juga sangat menarik diselami.

wisata-teluk-tamiang-kotabaru

Mengenal rakyat sana yang secara umum dikuasai bersuku Mandar Bugis jua akan menambah pengalaman wisata mu.

Lokasi : Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tiket Masuk :

Fasilitas :Masih seadanya, namunmencukupi untuk keperluan penting.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 344 Km (9 jam 25 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 331 Km (9 jam 5 menit). Dari Pelaihari ± 284 Km (8 jam 2 menit). Dari Kotabaru ± 137 km (4 jam 29 menit).

13. Pantai Tanjung Kunyit

Tanjung Kunyit adalah desa nelayan yg hanya ditempati oleh beberapa keluarga saja. Letak pantai Teluk Tamiang dan Tanjung Kunyit sebenarnya relatif berdekatan, dari Teluk Tamiang hanya memerlukan waktu 30 mnt menaiki bahtera mesin buat menujunya.

Keindahan yang terpancar dari pantai ini adalah, panorama alam yang masih sangat alami. Keindahan pantainya yang berpasir putih begitu nampak dari kejauhan, air laut jernih nan tenang dan taman bawah lautnya yang kaya namun masih jarang terjamah sangat memanjakan mata dan lensa kamera mu. Berfoto di atas air maupun di bawah periran pantai Tanjung Kunyit akan menghasilkan foto yang cadas!

wisata-pantai-tanjung-kunyit-kalimantan-selatan

Tak hanya itu, pada Tanjung Kunyit juga terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang bisa Anda tuju puncaknya, letaknya yg berada pada perbukitan mini mengharuskan Anda sedikit berjalan menanjak. Dari atas mercusuar pemandangan beberapa bangunan dan pepohonan & tentunya bentangan bahari yg luas bisa Anda saksikan menggunakan jelasnya.

Lokasi : Kecamatan Pulau Laut Barat, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Tiket masuk :

Fasilitas : Juga asih minim, namuncukuplah untuk keperluan penting.

Rute : Dari pusat Kota Banjarmasin, jaraknya ± 347 Km (9 jam 33 menit). Dari Bandara Syamsyudin Noor (Banjarbaru) ± 334 Km (9 jam 14 menit). Dari Pelaihari ± 287 Km (8 jam 10 menit). Dari Kotabaru ± 140 km (4 jam 31 menit).

Itulah informasi tentang Wisata Pantai di Kalimantan Selatan yang akan memanjakan liburan Anda dan orang terkasih.Yuk segera tandai tanggal keberangkatan kalian guys!

Note: Perkiraan rute waktu tempuh yang disampaikan di atas berdasarkan perhitungan google maps ya. Jadi, jika ada kekurangan/update info terbaru yang berkaitan dengan artikel ini. Silahkan beritahu kami melalui halaman contact atau post coment. Kami akan secepatnya memberi tanggapan.

Post a comment

0 Comments