Jelajah Nusantara : Keindahan Wisata Cakat Raya Sebagai Icon Keberagaman Suku di Lampung

Seperti yg kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan pulau-pulau yang membentang didalam daerahnya mulai menurut sabang hingga merauke.

Banyaknya pulau tadi tentu memiliki keunikan tersendiri, hal tadi bisa dicermati menurut keberagaman suku dan istiadat-adat yg terdapat disetiap daerahnya.

Indonesia memang mengenal menggunakan kata adat dan kebudayaan, dimana disetiap daerah mempunyai ritual, kebiasaan, dan bahasa wilayah yg tidak sinkron.

Sama halnya menggunakan Provinsi Lampung, walaupun memiliki luas yang nir begitu besar , tetapi didalam provinsi ini terdpat beberapa suku yang saling berbaur sebagai satu. Beragamnya suku yang terdapat pada Lampung nir lain karena adanya transmigrasi yang dilakukan oleh penduduk, baik buat mencari pekerjaan, ataupun ingin membuka usaha baru didaerah tersebut.

Atas hal itulah, dibangun sebuah wisata keberagama suku pada Lampung, tepatnya di Kabupaten Tulang bawang. Wisata tersebut sekaligus sebagai icon keberagaman suku di Lampung.

Untuk detail, mari kita Ulas tentang wisata Cakat Raya ini.

Wisata Cakat Raya

wisata cakat raya lampung barat
wisata cakat raya lampung barat via insta @ricoramandap

Sedikit cerita dibangunnya Wisata Cakat Raya ini, Untuk menghargai Keberagaman suku yg berada di Tulang Bawang, Pemerintah setempat membangun sebuah wisata dimana didalamnya menampilkan beberapa ornament spesial dari suku-suku yang terdapat di Tulang bawang.

Dari beberapa ornament tersebut mencerminkan suku-suku yang dahulunya bertransmigrasi ke Kabupaten tulang Bawang.

Provinsi Lampung memang mempunyai suku yang sangat beragam, khususnya Kabupaten tulang bawang. Pada kabupaten ini memang memiliki suku yang sangat majemuk, mulai dari Suku asli Lampung, Bali, Jawa, Minangkabau, Batak & Sunda

Hal tersebutlah yang melatar belakangi dibangunnya Wisata Cakat Raya yg latif ini. Wisata ini sangat ramai dikunjungi, selain lantaran keindahan menurut bangunannya sendiri, ternyata pemandangan yang dihadirkan di area wisata ini pula menaruh daya tarik tersendiri buat pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Cakat Raya

Ketika kamu mengunjungi wisata Cakat Raya ini, kamu akan dikenakan biaya masuk yg masih sangat terjangkau, harga tiket masuk ke Wisata cakat raya kurang lebih Rp. 8000,- buat hari kerja, namun buat akhir pekan harga bisa saja berubah.

Lokasi Wisata Cakat Raya

Wisata Cakat Raya Berlokasi pada Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Kode Pos 34611.

Lokasinya yg tidak terlalu jauh menurut jalan raya ini menciptakan wisata ini sangat ramai dikunjungi, apalagi akhir pekan. Nah buat rutenya sendiri masih terbilang sangat gampang, apalagi tempatnya yg dekat dengan jalan akbar.

Misalnya kamu belum pernah ke Lampung atau beru pertama kali berkunjung ke Lampung, engkau dapat memakai tourgate atau menggunakan apilkasi google maps buat memandu perjalanan.

Fasilitas pada Wisata Cakat Raya

Didalam wisata cakat raya engkau dapat melihat beberapa bangunan, mulai berdasarkan Rumah Adat hingga candi-candi miniatur peninggalan jaman dahulu.

Bangunan-bangunan tersebut merupakan tempat tinggal gadang, tempat tinggal joglo, Rumah Adat Batak Toba & Candi Prambanan.

Kamu sanggup menikmati indahnya bangunan-bangunan tersebut sembari mengabadikannya memakai kamera ponsel atau sejenisnya.

Beberapa pengunjung mengungkapkan, terdapat pula keindahan lainnya yang sangat dagi, contohnya pemandangan yg terdapat di Wisata Cakat Rata Ini sangat Menawan. Apalagi lokasinya yang berada di atas perbukita, tentu memberikan view yg sangat indah.

Tips Berwisata ke Cakat Raya

Beberapa tips yang perlu engkau perhatikan saat berwisata ke Cakat Raya adalah, biasakan buat nir membuang sampah secara asal-asalan, & selalu jaga kelestarian wisatanya dengan tidak mencoret-coret atau menghambat fasilitas yg terdapat.

Demikian tadi ulasan dari loka wisata Cakat Raya, apalbila dari engkau artikel ini berguna, silahkan engkau share ke sahabat-temanmu.

Post a comment

0 Comments