Jelajah Nusantara : Ranau Rafting Wisata Arum Jeram di Perbatasan Lampung

Sahabat Wisata Lampung, coba kalian sebutkan wahana air yang ada di alam terbuka dan sangat menantang? Yups, apalagi kalau bukan Rafting atau yang lebih dikenal dengan sebutan Arum Jeram.

Wahana ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta alam yang suka  dengan tantangan ekstrim. Terlebih, air sungainya sangat jernih serta dikelilingi oleh alam yang masih asri.

Bagaimana tidak, seseorang yang sudah terbiasa bermain rafting ini harus dapat mengatur posisi badan dan gerakan tubuh saat berada di dalam perahu karet yang melaju kencang dialiran sungai yang cukup deras.

Belum lagi jika menemui batu besar dan medan terjal, seluruh tim perlu konsentrasi tinggi untuk mengatur laju perahu agar tetap pada posisi arus sungai.

Ranau Rafting

ranau rafting
ranau rafting via insta @rudihuang

Ya, begitulah sebutan buat wahana wisata alam yang terdapat di perbatasan antara provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan ini.

Perbatasan kedua wilayah ini memang menyimpan potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik dan bisa mencuri perhatian orang. Betul saja, dengan adanya Ranau Rafting ini banyak wisatawan yang ingin mencoba wahana arum jeram tersebut.

Nah, sekarang pertanyaannya mengapa di disebut Ranau rafting? Beberapa sumber menyebutkan bahwa penamaan Ranau karena air sungai yang digunakan sebagai wahana rafting ini bersumber dari danau Ranau. Sehingga disebut Ranau dan Rafting tentu sebutan untuk wahana Arum Jeram.

Sebelum mencoba wahana rafting, pengunjung di berikan peragaan keselamatan dan alat-alat pengaman, berupa helm dan baju pelampung oleh tim yang akan memandu dalam Arum Jeram.

‌Selama dalam aliran sungai saat rafting, pengunjung akan disuguhkan oleh keindahan alam yang ada disekitaran sungai.

Lokasi Ranau Rafting

Lokasi Ranau Rafting ini sendiri berada di Desa Rantau Nipis, kecamatan Banding Agung Sumatera Selatan. Selama menikmati Arum jeram, pengunjung akan dibawa menyusuri sungai selama 15-18 menit, mulai dari Desa Rantau Nipis hingga berakhir di Desa Tanjung Harapan.

Fasilitas di Ranau Rafting

ranau rafting
ranau rafting via insta @rudihuang

Selama mengarungi sungai di wahana Ranau Rafting pengunjung akan di suguhkan oleh keindahan alam di sekitaran perbatasan Lampung dan Sumatera selatan.

Mulai dari hijaunya hutan-hutan disekitaran sungai hingga rindangnya pepohonan yang ada di pinggir-pinggir sungai.

Yang lebih menarik, pengunjung juga dapat menikmati keindahan green canyon yang ada di lintasan Arum Jeram tersebut.

Nah sekedar informasi, wahana danau Rafting ini mempunyai 2 trek lintasan. Ada lintasan pendek dan ada lintasan panjang.

Untuk harga, tiap trek lintasan mempunyai tarif yang berbeda. Untuk trek pendek pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 125.000 per orang dan trek panjang sekitar Rp. 250.000 per orang.

Tips Bermain Arum Jeram di Ranau Rafting

ranau rafting
ranau rafting via insta @rudihuang

Beberapa hal yg perlu engkau siapkan saat bermain rafting antara lain:

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah selalu gunakan alat keselamatan, karena permainan ini cukup berbahaya dan menantang.

Kedua, selalu jaga kekompakan tim, karena biasanya ketua tim selalu mengarahkan anggotanya saat menemuai masalah besar, seperti batu dan dan medan yang terjal.

Demikian tadi beberapa ulasan dari Ranau Rafting, semoga dapat bermanfaat. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat silahkan kamu share ke teman-temanmu dan apabila kamu mempunyai pertanyaan seputar Tempat wisata di Lampung, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Post a comment

0 Comments