Jelajah Nusantara : Indahnya Air Terjun Way Tayas di Pegunungan Raja Basa Kalianda

Jika berbicara tentang Alam, pasti yang pertama kali terbayang dipikiranmu adalah hutan yg sejuk dan banyak pepohonan rindang yang terdapat disekitarannya.

Daerah yang satu ini mungkin memiliki beberapa potensi alam yang dapat mennyejukkan hatimu saat melihat dan menghirup udaranya, daerah manakah itu? Daerah lampung dong tentunya…. Kan ini membahas wisata lampung.. hehehe.

Kota kalianda merupakan kota yang berada di Kabupuaten Lampung selatan tepatnya di Provinsi Lampung. Ada yang menarik loh dari kota kalianda ini. Kira-kira apa ya yang menarik?

Di kota tersebut terdapat sebuah gunung besar yang sering disebut dengan nama gunung Raja Basa. Gunung Raja Basa memang memiliki sumber alam yang masih terjaga kelestariannya, begitupun dengan air yang mengalir di sungainya sangat jernih dan bersih.

Dari sumber mata air tersebutlah, aliran airnya mengalir sampai ke Air terjun Way Tayas. Kamu harus coba bagaimana keindahan serta kesejukan di sekitaran Air Terjun Way Tayas.

Air Terjun Way Tayas

air terjun way tayas
air terjun way tayas via insta @_delia.agt

Air terjun yang airnya bersumber langsung dari mata air pegunungan Raja Basa ini memiliki kesegaran yang dapat menghilangkan letihmu. Terlebih jika kamu berendam di sekitaran air terjun tersebut, Pokoknya badanmu terasa segar deh.

Air terjun yang memiliki ketinggaian sekitar 10 meter ini memang menyajikan view yang sangat keren dan menarik, ditambah lagi ada pepaduan pepohonan yang terdapat di sekitaran air terjun. Hal tersebut tentu memberikan efek segar dan nyaman.

Lokasi & Rute Way Tayas

Air Terjun Way Tayas berlokasi di Desa Pangkul, Kecamatan Raja Basa, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Nah Untuk Traveler yang ingin berkunjung ke Air terjun tersebut, ada dua alternative yang dapat digunakan (jika dari daerah yang jauh).

Pertama, jika traveler datang berkunjung dari Kota Bandar Lampung, perjalanan untuk menuju Kota Kalianda ini memakan waktu sekitar 2 Jam 18 menit perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 79.8 km.

Kedua, Jika kamu berangkat dari pelabuhan Bakauheni, kamu hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 28 menit atau sekitar 11,2 km jarak tempuh ini lebih cepat karena adanya jalan tol trans sumatera.

Jadi kini kembali lagi dalam kalian, mau pilih jalan alternative yg mana.

Harga Tiket pada Air Terjun Way Tayas

Nah, untuk harga tiketnya sendiri, pengelola hanya mengenakan tarif untuk parkir kendaraan saja tidak untuk tiket masuknya. Jadi pengujung hanya membayar parkir saja dan tidak dikenakan biaya lagi saat masuk ke air terjun way Tayas.

Cukup murah kan, dengan membayar tiket masuk yang tidak terlalu besar, kamu sudah dapat melihat keindahan alam yang ada di pegunungan rajabasa.

Fasilitas di Air Terjun Way Tayas

air terjun way tayas
air terjun way tayas via insta @shivashania

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berwisata ke Air Terjun Way tayas sangat beragam, mulai dari kesegaran mata air pegunungan Raja Basa yang mengalir ke air Terjun Way Tayas hingga kesejukan pepohonan dai sekitaran hutan di pegunungan Raja Basa.

Nah buat kamu yang mau Camp, Air Terjun Way Tayas menyediakan fasilitas tersebut. Namun kamu hanya dapat mendirikan tenda di sekitaran parkiran saja, tidak di air terjunnya.

Tips Berwisata pada Air Terjun Way Tayas

Berikut ini ada beberapa saran yang bisa engkau pakai ketika berwisata ke Air Terjun Way Tayas.

Saat berwisata ke Air Terjun Way Tayas kamu harus selalu mengunakan baju lengan panjang serta celana panjang, karena biasanya saat berwisata ke alam terbuka, banyak serangga atau nyamuk yang bisa menggigitmu.

Demikian tadi beberapa ulasan terkait Air Terjun Way Tayas, Jika menurutmu artikel ini bermanfaat silahkan kamu share ke teman-temanmu, dan jika kamu memiliki pertanyaan seputar pariwisata di Lampung, silahkan kamu tinggalkan pertanyaan tersebut di kolom komentar.

Post a comment

0 Comments