Jelajah Nusantara : Bukit Birah Pelaihari, Perpaduan Panorama Pegunungan dan Pantai di Pelaihari

Berwisata di Bukit Birah di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan ini bak “menyelam sambil makan eskrim” ungkapan ini sangat sesuai dengan panoramanya yang tidak hanya menyajikan pemandangan gunung tapi juga pemandangan pantai yang terlihat jelas dari atas puncaknya. Pantai yang terlihat dari puncak Bukit Birah Ini adalah pantai Tangkisung dan juga Pantai Batakan yang juga merupakan tempat wisata populer lainnya di Pelaihari. Lokasi kedua pantai ini tidak berada jauh dari kaki bukit, jaraknya kira-kira hanya 60-70 km saja.

bukit-birah-pelaihari-tanah-laut-kalsel

Keindahan & Daya Tarik Bukit Birah

Bukit Birah kepunyaan Kota Pelaihari ini sangat menyenangkan untuk didaki, masayarakat sekitar sangat ramah dan view indahnya sangat banyak. Pemandangan dominan dari bukit ini adalah banyak bukit-bukit kecil bak bukit teletubis dengan rumput halusnya. Selain itu juga banyak pohon-pohon mangga di sepanjang jalan, yang apabila beruntung bisa kita petik langsung dengan meminta izin atau membelinya terlebih dahulu pada pemiliknya. Sunga-sungai kecil indah dengan air jernihnya pun juga akan Anda lewati dalam rangkaian perjalanan menuju titik puncak Bukit Birah.

Puncak-bukit-birah-pelaihari-kalsel

Pendakian menuju puncaknya bisa dibilang cukup menguras tenaga, setidaknya sekitar 2 jam perjalanan kaki akan melangkah demi langkah untuk bisa menginjakkan kaki tepat di puncak tertingginya. Tapi jangan khawatir, perjalanan yang melelahkah itu tak akan terlalu terasa kok dengan banyaknya pemandangan indah sepanjang perjalanan tadi dan klimaksnya pemandangan puncak Birah yang memesona.

bukit-birah-pelaihari-kandangan-lama

bukit-birah-pelaihari-kalsel

Sesampainya di zenit pemandangan langka menyaksikan panorama pegunungan berpadu dengan panorama hamparan pantai dari ketinggian akan Anda dapatkan. Cara terbaik menikmati pemandangan ciamik nan langka ini tentu saja sembari menikmati seduhan kopi atau bakaran jagung sembari menghadap bentangan laut yang luas

Area zenit bukit Birah sangat anggun & bersih, soalnya ditumbuhi rerumputan halus menghijau, terdapat pula bebatuan alam yang mengagumkan untuk diajak foto-foto. Areanya yang relatif luas, juga memungkinkan para pendaki mendirikan poly tenda

Berada di puncak Bukit Birah, suasananya sangat menenangkan dengan udaranya yang sangat sejuk. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin me-refreshhati dan pikiran dari penatnya rutinitas harian.Siap-siap terkagum ya!

bukit-birah-pelaihari

bukit-birahpelaihari-kalsel

Harga Tiket Masuk Bukit Birah Pelaihari

Harga tiket yang dikenakan untuk setiap pengunjung mulai dari Rp5.000-10.000/ orang. Belum termasuk parkir dan harga sewaktu-waktu bisa berubah.Lumayan murah untuk pemandangan sekeren Bukit Birah.

Tips Berwisata di Bukit Birah

  1. Jaga kebersihan, jangan merusak keasrian alam di Bukit Birah.
  2. Cuaca di Bukit Birah menjelang tengah malam hingga subuh akan terasa sangat dingin. Jadi bawa baju tebal (jaket atau sweater).
  3. Jika ingin bermalam dan berkemah. bawalah peralatan sendiri, karena di sana masih belum lengkap tersedia jasa penyewaan alatcamping.

Itulah tadireviewsingkatBukit Birahyang menyajikan perpaduan panorama pegunungan dan pantai di Pelaihari, Kalsel. Tertarik untuk mengunjunginya? Buruan OTW!

Post a Comment

0 Comments