Jelajah Nusantara : Bukit Batu Baduduk Kandangan, Spot Menyaksikan Sunrise Terbaik Di Kandangan

Bukit Batu Baduduk. Dari namanya saja sudah terdengar unik. Dinamakan bukit atau gunung Batu Baduduk mungkin saja karena adanya batu besar yang berada di puncak bukit. Batunya beneran besarlho,tingginya saja mencapai 3 meter dengan diameter kurang lebih 7 meter.

Batu-Baduduk-Spot-Sunrise-Terbaik-di-Kandangan-Kalimantan-Selatan

Menariknya lagi, batu besar yg menjadi karakteristik khas bukit Batu Baduduk ini mampu dipanjat dan digunakan buat bersantai menikmati panorama pada sana. Setidaknya 5-10 orang bisa duduk berjejer di atas batu tersebut.

Lokasi Bukit Batu Baduduk

Bukit Batu Baduduk terletak di Kota Kandangan, tepatnya pada Desa Sungai Durian, Gumbil, kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan.

Panorama Bukit yang merupakaan rangkaian dari pegunungan Meratus ini sudah tidak diragukan lagi. Segala sesuatu pada sana masih sangat asri & terjaga menggunakan baik. Dari kaki gunungnya saja, keindahan dan kesejukannya sudah mulai terasa.

Batu-Baduduk-Spot-Sunrise-Terbaik-di-Kandangan-Kalimantan-Selatan

Jalur Pendakian Bukit Batu Baduduk

Dari desa terakhir pada kaki bukit Batu Baduduk, buat mencapai puncaknya sanggup dengan berjalan kaki, dan walaupun sebenarnya jua bisa menggunakan sepeda motor namun hanya menjangkau post 1.

Apabila berjalan kaki, kira-kira akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam lamanya pendakian. Yang mana 1 jam perjalanan hanya melewati medan yang dominan datar, beberapa sumber mata air, kadang juga ada jurang dangkal dengan pepohonan hutan dan kebun karet warga di samping kanan kiri jalan. Hingga akhirnya sampai dipertigaan jalan arah kanan yang agak menanjak. Ok sampai sini kita anggap post 1 ya dan Anda bisa beristirahat sejenak.

Nah residu 1 jamnya lagi, medan yang akan dilewati sudah terasa terjal, menantang dan tidak teduh lagi. Tanjakan dan turunan benar-benar akan menguras tenaga Anda, belum lagi tanaman ilalang di kanan kirinya yang akan sangat menggangu karena menghalangi pandangan dan gatal.

Namun untungnya pada rute ini terdapat sebuah rampa/ gubuk buat berteduh & istirahat tentunya, berdasarkan rampa pemandangannya kian latif dan sudah terlihat zenit bukit Batu Baduduk dihadapannya. Dari sini pendakian menuju puncaknya setidaknya sekitar 40 menitan.

Batu-Baduduk-Kandangan-Kalimantan-Selatan

Bukit Batu-Baduduk-Hulu-Sungai-Selatan

Pemandangan Indah Bukit Batu Baduduk

Panorama unggulan dari puncak Batu Baduduk adalah momen ketika detik-detik matahari akan terbit (sunrise). Sunrise di sana begitu menakjubkan, tidak kalah dengan sunrise di gunung dengan ketinggian ribuan MDPL.

lantaran keindahannya ini banyak wisatawan luar wilayah yang mencoba buat menengoknya dan faktanya memang sahih-sahih latif. Tak jarang para wisatawan juga menyempatkan bermalam dan berkemah pada bukit Batu Baduduk ini buat menunggu moment sunrise & estetika lainnya.

Puncak Batu Baduduk nir terlalu luas nir pula sempit, cukuplah kira-kira buat 20 tenda berasal disusun teratur.

Puncak-Bukit-Batu-Baduduk-HSS

Wisata Batu Baduduk Kandangan, Batu Baduduk di Gumbi, Batu Baduduk di Telaga langsat

Cara Menuju Bukit Batu Baduduk

Bukit andalan desa Gumbil ini ramai ketikaweekendatau hari libur besar lainnya. Untuk menikmati segala keindahannya tinggal menuju desa Gumbil – Sungai Durian. Rute yang dilalui bisa dari kota Kandangan, HSS, dan dari Kota Barabai, HST. Jarak tempuh dari kedua kota ini kira-kira sekitar 17 Km.

Akses dari Kota Barabai:Barabai – Pantai Hambawang – Perempatan Desa Barikin (belok kiri) – Haruyan - Pengambau Dalam, Desa Gumbil – Sungai Durian.

Akses dari Kota Kandangan :Kandangan – Angkinang Dalam – Telaga Langsat – Desa Gumbil – Sungai Durian.

Jam Operasional Bukit Batu Baduduk

Bukit Batu Baduduk buka setiap hari. Di sini nir terdapat loket masuk, jadi terserah mau pagi, siang, sore, malam, atau bahkan dini hari tetap bisa buat mendakinya.

Harga Tiket Masuk Bukit Batu Baduduk

Segala estetika di bukit Batu Baduduk ini mampu Anda nikati dengan cuma-cuma. Di tempat wisata ini, tidak ada harga tiket masuk, Anda hanya cukup membayar Rp5.000 buat jasa parkir. Dan menyiapkan uang buat belanja kuliner yg teresdia pada warung sekitar zenit. (Dulu pada tahun 2016 terdapat yg jualan, kini sepertinya telah nggak ada lagi)

ItulahreviewsingkatBukit Batu BadudukSpot MenyaksikanSunrise Terbaik di Kandangan, kalimantan Selatan. Yuk segera sempatkan perjalanan wisata Anda ke bukit ini untuk membuktikan sendiri keindahannya.

Happy travelling!

Post a Comment

0 Comments