Jelajah Nusantara : Tanjung Tua, Destinasi Indah di Ujung Provinsi Lampung

Hallo sahabat wisata, meluangkan saat buat berlibur mungkin sudah sebagai keharusan ya, terutama buat engkau yang pekerjaannya menuntut buat selalu standby didepan komputer.

Liburan itu krusial ya, jika mampu jadwalkan satu bulan sekali buat liburan, lantaran fungsi liburan itu sangat banyak, Selain buat mencarger kembali energy dalam diri, liburan juga berfungsi buat merelaksasi pikiranmu. Nah, berbicara soal liburan mungkin ada beberapa pertanyaan yang akan muncul pada benakmu.

Kemana akan berlibur?

Bagaimana akses menuju lokasi tempat berlibur?

Apa saja fasilitas yang akan dihasilkan waktu telah sampai ditempat berlibur?

Oke guys, berbicara soal liburan, kali ini kita akan berlibur ke galat satu Provinsi yg letaknya paling ujung pulau Sumatera. Porvinsi apakah itu? Ya engkau sahih, itu adalah Provinsi Lampung.

Pariwisata pada Provinsi Lampung baru-baru ini memang tengah naik daun. Mencuatnya Pariwisata pada Lampung nir lain lantaran estetika Pulau pahawang.

Baca Juga : 10 tempat wisata yang asik di Bandar Lampung yang asik untuk dikunjungi

Pulau tersebut dikenal indah oleh beberapa wisatawan,  dimana Pulau tersebut menghadirkan beberapa keindahan yang dapat memikat hati wisatawan yang mengunjunginya. Keindahan-keindahan tersebut diantaranya seperti Pulaunya yang masih sangat natural, pasir pantainya yang bersih dan air lautnya yang sangat jernih.

Namun, bukan pahawang yang akan kita bahas buat loka liburan kali ini, melainkan Pantai Tanjung Tua yang berada di Kecematan Bakauheni Provinsi Lampung.

Pantai Tanjung Tua

view keindahan pantai tanjung tua
view keindahan pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Pantai Tanjung Tua adalah pantai yang terletak pada ujung kecamatan Bakauheni. Pantai ini mulai dikenal sang beberapa wisatawan berkat media sosial, contohnya facebook, instagram & twitter.

Beberapa orang yg pernah berlibur ke Pantai Tanjung Tua mengunggah hasil foto nya, & menurut waktu itulah Pantai tanjung Tua poly dikunjungi oleh wisatawan.

Tanjung sendiri bisa berarti tanjung atau anjungan, lantaran sebagian akbar bebatuan yang berada pada pantai ini ukurannya sangat besar & letaknya mengarah ke tengah bahari.

Untuk View yg engkau dapatkan ketika berwisata ke pantai ini memang sangat natural sekali. Hal tadi bisa kamu lihat berdasarkan pepohonan akbar yang rimbun disekeliling pantainya.

Jika engkau ingin bermain pasir pada Pantai Tanjung Tua ini, nampaknya engkau wajib mengurungkan niatmu, karena memang hampir delapan puluh persennya pantai ini dipenuhi sang bebatuan yang berwarna hitam ekseotis.

Sesekali ketika kemu menyusuri tepi pantainya, kamu akan menemui penduduk sekitar yang sedang menangkap ikan menggunakan memakai panah. Memang pantai yang mempunyai bebatuan besar banyak dijadikan tempat tinggal sang ikan-ikan yg hidup disekitaran pantai & hal tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menangkapnya.

Lokasi Pantai Tanjung Tua

Lokasi sebagai hal terpenting yang harus pada pikirkan oleh wisatawan mulai berdasarkan jeda, akses sampai medan yg ditempuh sampai hingga pada lokasi wisata tersebut.

Pantai tanjung tua sendiri berlokasi pada Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Untuk menuju loka wisata ini memang tidak gampang, mengingat medannya yg hanya dapat dilewati sang kendaraan roda 2 saja.

Sedangkan buat rute menuju Pantai Tanjung Tua, ada 2 alternative yg bisa engkau gunakan. Yaitu berdasarkan arah bakauheni & berdasarkan arah Bandar lampung.

Pertama, dari arah bakauheni. Jika kamu adalah seoarang wisatawan yang berasal dari luar daerah sumatera dan datang ke provinsi lampung menggunakan moda transportasi laut dan bersandar di pelabuhan bakauheni, dari Pelabuhan bakauheni menuju Pantai Tanjung Tua berjarak sekiitar 4,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, relatif dekat untuk ditempuh.

Kedua, dari arah Bandar lampung. Apabila engkau adalah wisatawan yang berasal menurut Bandar lampung, atau wisatawan dari luar wilayah yg menggunakan moda transportasi udara menjadi media berlibur ke lampung, jeda dari Bandar lampung menuju Pantai Tanjung Tua memang sedikit lebih jauh, engkau wajib menempuh jeda lebih kurang 93,6 km atau dengan saat tempuh kurang lebih 1 jam 30 mnt. Hemm cukup jauh ya.

Setelah hingga Desa Way Apus (atau cari monument dengan bertuliskan BAKAUHENI), masuk ke kiri jika berdasarkan bakauheni dan arah kanan apabila menurut Bandar Lampung. Ikuti terus jalan tersebut sampai melewati terowongan jalan tol trans sumatera.

papan penunjuk arah ke pantai tanjung tua
Papan penunjuk arah ke pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Setelah melewati terowongan engkau akan menemukan loka cuci motor & pertingaan jalan, ambil kearah kanan, sampai engkau menemukan papan petunjuk arah menuju pantai tersebut. Ikuti saja pantai tadi hingga mengantarkanmu hingga di Pantai Tanjung Tua.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tanjung Tua

pintu masuk di pantai tanjung tua
pintu masuk di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Biaya masuk atau tiket masuk menuju Pantai Tanjung Tua sangat terjangkau, dimana pengujung hanya dikenakan tarif sebesar Rp.10.000 per tunggangan. Sangat terjangkau ya.

Tapi ngomong-ngomong soal tunggangan, engkau jangan membayangkan bila membawa kendaraan beroda empat kenakan sepuluh ribu pula ya, lantaran yg bisa masuk ke pantai ini hanya kendaraan roda dua saja. Hal tersebut ditimbulkan sang medannya yang sedikit menanjak ditambah akses jalannya yang lebarnya hanya 100 cm saja.

Sedangkan buat jam oprasionalnya, pantai Tanjung Tua mulai beroprasi berdasarkan Jam 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore saja. Memang tempat wisata ini belum dibuka 24 jam, mengingat aksesnya yang sulit dan minimnya penerangan jalan.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tua

Melihat banyaknya antusias wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Tua, masyarakat lebih kurang dan berafiliasi menggunakan karangtaruna memperbaiki beberapa akses serta sarana yang tersedia di Pantai Tanjung Tua.

Nampak Jelas, jalan setapak yang dilalui sang tunggangan roda dua sekarang telah di semen/cor agar pengguna jalan tidak tergelincir saat hujan datang.

Beberapa fasilitas lainnya pula terlihat telah mulai pada bangun, menggunakan asa dapat dimanfaakan oleh pengunjung saat berwisata ke Pantai Tanjung Tua.

Berikut ini terdapat beberapa Fasilitas pada Pantai Tanjung Tua yg bisa kamu gunakan buat berfoto atau atau hanya sekedar bersantai.

Anjungan

anjungan di pantai tanjung tua
anjungan di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Terdapat sebuah anjungan dengan panjang lebih kurang 15-20 meter menunjuk ketengah laut. Di ujungnya berbentuk tempat tinggal dengan lantai dua taraf.

Biasanya anjungan ini dipakai buat berfoto-foto oleh pengunjung yg datang berlibur ke Pantai ini.

Batu Bertulis

spot batu bertulis di pantai tanjung tua
spot batu bertulis di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Spot foto lainnya adalah batu bertulis. Batu bertulis disini adalah batu-batu yg telah disusun diisi menggunakan tulisan yang beragam, mulai dari pantun, pepatah hingga gombalan-gombalan cinta.

Pemandangan dari Atas Batu

keindahan pantai tanjung tua
keindahan pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan

Mungkin bagi sebagain pengujung ini adalah spot yg paling menarik, karena buat dapat melihat Pantai Tanjung Tua Secara keseluruhan, engkau harus sedikit mendaki bebatuan yang terdapat di Pantai tadi. Memang sedikit agak curam, maka menurut itu disarankan memakai alas kaki yg nir licin.

Setelah sampai diatas tebing batu tersebut, kamu dapat melihat betapa indahnya hamparan bahari biru dan rimbunnya pepohonan yg ada pada sekitaran pantai Tajung Tua tadi.

Penginapan dekat dengan pantai Tanjung Tua

Lokasi Pantai Tanjung Tua yang berada relatif menurut perkampungan memaksa pengunjung buat keluar berdasarkan pantai tadi agar mampu mendapatakan penginapan.

Panginapan yg terdekat berdasarkan Pantai Tanjung tua berada pada Kelurahan Way Baka dengan jarak kurang lebih 8 km. Nama Penginapan Tersebut merupakan Kafe Kedas.

Selain menyajikan aneka olahan minuman & makanan, kafe ini juga menyediakan penginapan utuk pengunjung yg berwisata disekitaran Kecamatan Bakauheni.

Untuk alamat lengkapnya, Kafe Kedas ini berlokasi di Jalan Trans Sumatera Km.3 Kelurahan Way Baka Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Menginap di Kafe ini sangat nyaman, harganya pula bersahabat.

Dimana permalamnya pengujung hanya dikenakan tarif kurang lebih Rp.280.000. Harga tersebut sangat terjangkau ya, apa lagi buat traveler.

Berikut ini angka telepon yg dapat engkau hubungi pada pemesanan kamar di Kafe Kedas 0823-1021-7064.

Tips Berwisata ke Pantai Tanjung Tua

Demi ketenangan dalam berwisata, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pengujung, apa saja tips tadi.

Pertama, sebaiknya untuk membawa makanan secukupnya. Biasanya pedagang yang berjualan dipantai ini hanya berualan di akhir pekan atau dihari libur saja. Jadi apabila kamu tiba ke pantai ini pada hari kerja, sebaiknya buat selalu membawa kuliner ya.

Kedua, pakai alas kaki yang tidak terlalu licin, lantaran sebagian besar yang terdapat di pantai ini bukanlah pasir, melainkan bebatuan kecil dan akbar. Jadi untuk mencegah hal-hal yang nir diinginkan selalu pakai alas kaki yang yang nyaman & tidak licin.

Ketiga, sama misalnya tempat-loka wisata dalam umumnya, larangan membuang sampah sembarangan jua berlaku ya pada Pantai ini. Selain menciptakan lingkungan sebagai kotor, membuang sampah asal-asalan pula dapat Mengganggu ekosistem bahari.

Keempat, rawatlah fasilitas yang terdapat. Karena menggunakan nir merusak fasilitas yang terdapat, secara nir langsung kita sudah merawat asset buat anak cucu kita kelak.

Sahabat wisata itualah ulasan loka wisata yg terdapat didaerah aku , masih banyak lagi tempat wisata yg asik dan menarik pada Provinsi Lampung, sempatkan ketika ya buat berlibur ke wilayah saya. Nah dari dalam sahabat penasaran mari siapkan jadwal buat eksplore estetika wisata alam yg ada di Lampung.

Post a comment

0 Comments