Jelajah Nusantara : 10 Jajanan Enak Khas Lampung yang Bikin Kamu Nostalgia

Berbicara kuliner Lampung, kita tidak bisa tanggal dari makanan khas dan jajanannya yg banyak dijual pada toko sang-oleh maupun di pedagang kaki 5.

Mulai menurut jajanan basah hingga jajanan kering bisa kamu cicipi waktu kamu berwisata ke Kota Bandar Lampung.

Memang ketika ini telah banyak toko sang-oleh yang menjual banyak sekali macam olahan jajanan & manisan yang tampilannya lebih modern, misalnya banana foster dan masih poly lagi yg lainnya.

Baca Juga : 5 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Kekinian Paling Banyak Dicari Oleh Wisatawan

Namun terdapat yang lebih unik, waktu kamu melihat jajanan spesial Lampung yg masih tradisional dengan packing yang masih memakai bahan-bahan yang terbuat menurut alam, itu tentu akan mengingatkanmu menggunakan masa kecil dan membuat engkau bernostalgia akan jajanan pasar.

Itulah kelebihan dari jajanan khas Lampung yang masih memakai bahan-bahan alami & pengolahan yang tradisonal, selain pembuatannya yg masih memakai peralatan trasdisional, jajanan khas Lampung juga mempunyai cita rasa yang sangat nikmat dan legit.

Nah kalau kamu berlibur ke Lampung, kamu wajib mencoba beberapa jajanan khas lampung yg telah kami rangkum sebagai 10 jajanan enak spesial lampung yg bikin engkau nostalgia.

1. Geguduh

geguduh
geguduh via insta @niamarhena

Makanan yg terbuat dari pisang kepok yg telah matang ini memang sekilas terlihat misalnya kue apem pada biasanya, tetapi ternyata kue geguduh yg berbahan dasar pisang dan tepung terigu ini memilki rasa yang sangat nikmat loh.

Cara pengolahan kue geguduh terbilang sangat gampang, pisang yang sudah pada blender hingga halus dicampurkan dengan tepung gandum & diaduk sampai homogen sebagai akibatnya membentuk seperti adonan, kemudian digoreng hingga matang dan pribadi bisa tersaji dengan tambahan mesis coklat diatasnya,

2. Engkak

engkak
engkak via insta @drg.mariana

Memiliki tekstur yang relatif elastis dan relatif sedikit lengket, kue engkak nampaknya siap buat menggoyang lidah para pecinta jajanan pasar pada Kota Bandar Lampung.

Cara pengolahannya memang memerlukan cukup  ketelitian, karena memiliki struktur yang tidak terlalu keras sehingga dalam membentuknyapun cukup membutuhkan konsentrasi.

Kue Engkak Berbahan dasar telur dan mentega yang dicampur kemudian diaduk sampai rata, sehabis itu baru pada kukus sampai matang, untuk membuahkan Kue engkak sangat gampang, kue yg sudah matang tinggal pada iris tipis-tipis & siap buat disantap menemani pagi harimu yang latif.

3. Sekubal

sekubal
sekubal via insta @alejanes

Nah, jajanan yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat mirip menggunakan lontong, tetapi berbahan dasar yang berbada.

Sekubal berbahan dasar menurut ketan dan santan yg pada kemasan dengan dengan daun pisang kemudian di ikat denga kali agar nir pecah ketika dimasak. Cara memasaknya juga cukup simpel, dimana sekubal yang sudah dibungkus daun pisang tadi dikukus dalam panci hingga matang.

Cara penyajian Sekubal relatif unik, kamu hanya tinngal menyantapnya dengan kuliner pendamping seperti rendang dan opor.

4. Selimpok

selimpok
selimpok via insta @masakannusantaraku

Makanan spesial yg berasal menurut Lampung ini secara fisik hampir mirip dengan sekubal, namun bahan yang digunakan relatif tidak sama & mempunyai rasa yg sama-sama nikmat.

Lima. Benjak Enak

Tampilannya yang seperti dengan wajik atau jenang dan mempunyai rasa yang manis dan lezat , kue benjak enak menjadi keliru satu jajanan spesial yg harus kamu coba waktu berwisata ke Lampung.

Kue yg terbuat dari ketan dan gula merah tersebut menyimpan banyak kalori, karena gula merah memang manyimpan banyak kalori di dalamnya.

Bagaimana apa engkau mau mencobanya?

6. Kue Lapis Legit

kue lapis legit
kue lapis legit via insta@meryandriani89

Jajanan Lampung selanjutnya adalah kue lapis legit, sebagian besar bunda-mak sudah mengenal kudapan manis ini. Kue lapis gurih memang kue yg sangat nikmat, tekstur nya yang lembut dan cantik sangat cocok dijadikan menjadi sang-sang atau sekedar teman ngopi bareng dengan famili.

7. Keripik coklat pisang Lampung

keripik coklat pisang lampung
keripik coklat pisang lampung via insta@oleholehlampung.id

Jajanan khas Lampung yang satu ini memang sebagai jajanan yg sangat direkomendasikan waktu engkau berlibur ke Lampung.

Keripik pisang coklat Lampung memang telah sangat dikenal oleh poly wisatawan, terbukti sebagian pengunjung yang tiba berlibur ke Lampung selalu membeli pisang Lampung menjadi oleh-sang.

Cara pengolahnnya hampir sama menggunakan keripik pisang pada biasanya, dimana pisang yg dipakai merupakan pisang kepok dan goreng hingga matang. Setelah keripik matang, barulah ditaburi menggunakan serbuk coklat.

8. Manisan Lampung

manisan lampung
manisan lampung via insta@oleholehlampung.Id

Berbicara manisan Lampung, sebenarnya hampir sama menggunakan manisan dalam umumnya yaitu jajanan yang dibuat menurut aneka macam jenis buah yang segar dicampur menggunakan gula & atau pemanis lainnya.

Nah manisan ini cocok banget engkau jadikan menjadi butir tangan ketika engkau berkunjung ke Lampung.

9. Lempok Durian

lempok durian
lempok durian via insta@dapoerjc

Hal pertama yg akan engkau pikirkan ketika melihat lempok durian adalah tampilannya yg kenyal mirip menggunakan dodol. Berbahan dasar daging durian yg legit dan lezat , lempok durian menjadi sang-oleh yg wajib di beli sang pengunjung yg tiba berlibur ke Lampung.

Ketika kamu masuk ke dalam toko oleh-oleh, kamu akan menemukan bannyak variant lempok durian dengan berbagai olahan & variasi berukuran dan rasa,

Bagaimana apa kamu tertarik?

10. Kemplang

kemplang
kemplang via insta @kemplang_my_enak

Kemplang merupakan jajanan khas Lampung yang harus dibeli sang pengunjung yg tiba berlibur ke Lampung.

Memiliki tekstur yang hampir sama dengan kerupuk, kemplang memiliki rasa yg terasa sangat legit & renyah saat digigit.

Tetapi kamu wajib tau nih, walaupun memilki cirri-ciri yg sama menggunakan kerupuk, namun cara pengolahannya sangat tidak sinkron. Kemplang diolah menggunakan cara pada panggang atau pada gongseng.

Cara penyajiannya jua relatif gampang, kamu hanya tinggal mencampurnya menggunakan sambal atau opor buat menkonsumsinya.

Demikian tadi beberapa ulasan dari Jajanan enak khas lampung yg ada di Kota Bandar Lampung, apabila berdasarkan kami artikel ini berguna, silahkan kamu share keteman-temanmu & bila kamu memiliki pertanyaan seputar loka wisata di Lampung, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.

Post a comment

0 Comments