MACAM-MACAM PAKAN IKAN HIAS YANG COCOK UNTUK IKAN CUPANG

Makanan ikan cupang relatif majemuk jenisnya, baik pakan yg eksklusif menurut alam atau pakan buatan. Tetapi, makanan yg paling indah buat pertumbuhan anak juga induk ikan cupang yaitu kuliner yg mengandung nutrisi yang tinggi.

Makanan dan Pakan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yg bersumber menurut alam

Berikut banyak sekali kuliner ikan cupang yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yg mampu mempercepat pertumbuhan bagi ikan hias petarung ini.

1. Jentik Nyamuk

Makanan ikan cupang yg pertama yaitu jentik nyamuk. Makanan ini galat satu yg paling murah, bahkan mungkin kita tidak perlu mengeluarkan dana buat menerima makanan ikan cupang yang satu ini.

Jentik Nyamuk

Karena jentik nyamuk mudah didapatkan. Kita dapat menerima jentik nyamuk pada genangan air yg hening, seperti bak air atau selokan. Biasanya, jentik nyamuk akan poly bermunculan dalam saat trend kering.

Jenitik nyamuk ini mempunyai kandungan yg baik untuk pertumbuhan ikan cupang. Kandungan yg terdapat pada jentik nyamuk antara lain: protein lebih kurang 13-15%, lemak kurang lebih 7-8%, & serat lebih kurang 3-4%.

Tetapi, kita pula wajib tetap berhati-hati pada menaruh pakan menggunakan memakai jentik nyamuk ini. Lantaran jentik nyamuk umumnya membawa beberapa bakteri yg bisa menyebabkan ikan cupang sakit.

Berikan juga jentik nyamuk yang berupa larva, jangan berikan jentik nyamuk yg berupa kepompong (berbentuk bulat). Jentik nyamuk yang berupa kepompong nir rupawan buat ikan cupang lantaran mampu menciptakan perut ikan cupang buncit dan akhirnya akan mangkat .

Oleh karena itu, sebelum pakan jentik nyamuk ini diberikan ke ikan cupang, usahakan jentik nyamuk disaring terlebih dahulu.

Ada beberapa cara untuk menentukan jentik nyamuk. Pertama, jentik nyamuk yg masih kotor & tercampur menggunakan yang lainnya dimasukkan kedalam air es. Secara otomatis jentik nyamuk akan teler dan karam, sedangkan yang bukan jentk nyamuk akan mengambang.

Ambil jentik nyamuk yang tenggelam tersebut menggunakan menggunakan saringan, kemudian masukkan jentik nyamuk ke dalam air yang sudah ditetesi PK. Aturan penggunaan PK adalah 1/dua tetes buat air 15 liter. Cara ini dipakai agar membangunkan jentik nyamuk.

Selanjutnya cuci higienis jentik nyamuk, sisihkan jentik nyamuk yang berupa larva dengan jentik nyamuk yg berupa kepompong. Kemudian berikan jentik nyamuk yg berupa larva ke ikan cupang kesayangan kamu.

2. Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan kuliner ikan cupang yg cantik buat pertumbuhan. Lantaran cacing sutra memiliki kandungan lemak yg relatif tinggi.

Cacing Sutera

Kandungan lemak yang terdapat pada cacing sutra lebih kurang 12-13,tiga%. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lainnya yang jua cukup tinggi, yaitu kandungan protein kurang lebih 40-50% & serat sekitar dua-dua,5%.

Untuk menerima cacing sutra pula sangat mudah. Kita bisa mencari pada selokan atau parit. Namun bila kita nir mempunyai poly ketika luang, kita dapat eksklusif membeli pada toko ikan atau ke pembudidaya cacing sutra.

Tiga. Cacing Halus atau Microworms

Cacing halus atau Microworms adalah kuliner yg paling banyak dipakai sang para pecinta atau pembudidaya ikan cupang. Bagaimana nir, jenis makanan ikan cupang yang satu ini cukup mudah dihasilkan & relatif mudah buat dibudidayakan.

Cacing Halus atau Microworms

Kita cukup membeli bibit cacing halus dengan harga Rp10.000,-/ toples kecil. Lalu ditaruh ke pada ruangan yang bersuhu 68-85 derajat & pakai penerangan yg cukup jelas. Biasanya ikan cupang yg diberi makan cacing halus merupakan ikan yg berumur 4-10 hari.

Khasiat yg didapatkan dari makanan ikan cupang ini yaitu pertumbuhan ikan cupang lebih cepat, taraf kecerahan warna meningkat dan mempertinggi kesehatan ikan cupang.

4. Kutu Air  atau Water Flea

Kutu air juga merupakan salah satu binatang yang bagus digunakan untuk makanan ikan cupang yang alami. Karena kutu air mempunyai kandungan yang cukup bagus bagi ikan cupang. Kandungan yang ada pada kutu air antara lain: Protein sekitar 20 – 50%, karbohidrat sekitar 0,6 – 0,9%, dan lemak sekitar 0,5 – 0,7%.

Kutu air Daphnia sp
Kutu air Daphnia Magna

Kutu air terdapat dua jenis, yaitu kutu air Daphnia sp (kutu Air Kecil) dan  kutu air daphia magna (kutu air Raksasa). Perbedaan kedua kutu air ini dilihat dari ukurannya dan penggunaannya pada ikan. Kutu air Daphnia sp biasanya diberikan ke anakan ikan cupang yang berumur sekitar 3-15 hari, sedangkan kutu air daphnia magna biasanya diberikan ke ikan cupang dewasa karena ukurannya yang besar.

Kutu air dipercaya sanggup menciptakan tulang ikan cupang sebagai keras dan bertenaga serta bisa mencerahkan rona sisik ikan cupang.

Lima. Udang Air Asin atau Artemia

Udang air asin atau artemia merupakan termasuk hewan yg banyak dipakai para peternak ikan hias buat pakan. Artemia termasuk dalam keluarga udang. Artemia umumnya dipakai untuk pakan anakan ikan cupang yg berumur sekitar tiga-10 hari.

Artemia

Artemia yang dipakai buat kuliner ikan cupang adalah artemia yg baru saja menetas dan mempunyai berukuran sekitar 0,4 mm. Ukuran artemia dipilih yg mini agar anakan ikan cupang gampang buat memakannya.

Artemia ini dapat dipakai buat makanan ikan cupang alternatif saat musim hujan. Lantaran dalam saat ekspresi dominan hujan, jentik nyamuk dan kutu air akan sulit sekali untuk dihasilkan.

Artemia jua memiliki kandungan nutrisi yg cukup tinggi dan sangat bagus buat ikan cupang kamu. Kandungan yang dimiliki artemia diantaranya: Protein kurang lebih 8 ? 10%, lemak lebih kurang dua ? 2,lima%, dan serat sekitar 0,dua ? 0,lima%.

6. Kuning Telur

Makanan ikan guppy yang selanjutnya yaitu kuning telur. Pakan ini umumnya digunakan buat pengganti kutu air jika kita susah mendapatkan kutu air.

Kuning Telur
Kuning telur diberikan setelah kantong kuning anakan ikan cupang telah habis. Biasanya kantong kuning anakan ikan cupang akan habis sekitar 3-4 hari setelah telur menetas.

7. Burayak Guppy

Burayak atau anakan ikan guppy pula biasanya dipakai buat makanan ikan cupang jenis giant. Anakan ikan guppy yang dimaksud yaitu anakan ikan guppy yang terdapat pada selokan atau pada sungai dan kali-kali mini . Biasanya ikan ini adalah ikan alam lokal dan kurang menarik.

Ikan guppy sungai

Ikan guppy dapan menjadi sumber utama buat makanan ikan cupang giant. Selain harganya yg sangat murah, anakan ikan guppy juga gampang untuk didapatkan. Tetapi wajib diperhatikan buat anugerah ikan guppy perlu dilakukan penyeterilan terlebih dahulu, dengan memeliharanya beberapa waktu seraya diberi anti biotik agar bibit penyakit yg terbawa ikan guppy menurut kali yang kotor bisa dibersihkan.

8. Vinegar Eels

Vinegar eels adalah sejenis belut yang biasa bergerak di atas permukaan air. Namun belut ini mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat dengan mata telanjang.

Vinegar eels
Sama halnya seperti cacing halus, vinegar eels juga sangat cocok untuk makanan ikan cupang yang masih anakan. Vinegar eel bisa dibudidayakan dengan bantuan apel atau cuka apel.

9. Cacing Darah atau Blood Worms

Cacing Darah atau Blood Worms umumnya dipakai buat pakan ikan dalam keadaan beku maupun kering. Dalam keadaan beku atau kemarau menerangkan cacing darah ini sudah mangkat .

Cacing Beku-Blood Worms

Padahal, ikan cupang lebih menyukai pakan yg masih hayati. Oleh sebab itu, gunakanlah cacing darah ini buat makanan ikan cupang alternatif saja. Bila terdapat pakan yg lainnya, lebih baik jangan berikan cacing darah ke ikan cupang kesayangan kamu.

Selain itu, bila kamu terpaksa memberikan makanan ikan cupang dengan cacing darah, maka berikan cacing darah yang masih mengagumkan kualitasnya. Biasanya batas aporisma menyimpan cacing darah ke pada kulkas yaitu 6 bulan.

Itulah banyak sekali macam makanan ikan cupang yg memiliki kandungan nutrisi tinggi yg sanggup kamu berikan kepada ikan cupang yg telah dewasa maupun yg masih anakan (burayak).

Berikanlah kuliner ikan cupang tersebut secara teratur & secukupnya supaya ikan cupang kesayangan kita tetap sehat & semakin terlihat mempesona dengan rona & liukan tubuhnya.

Post a Comment

0 Comments