KUMPULAN DAFTAR NAMA BUNGA LENGKAP BESERTA GAMBAR DAN PENJELASANNYA

Bunga memang nir bisa berbicara namun nir jarang orang-orang memakai bunga buat membicarakan perasaannya. Entah dihadiahkan pada orang terkasih, dijadikan buket bunga pengantin, hingga ucapan berbela sungkawa. Tampilannya yang latif dan aromanya yang harum membuat suasana seketika terasa menenangkan.

Tak melulu bunga mawar, melati atau anggrek yg memiliki tampilan yang cantik, ada banyak jenis bunga menggunakan tampilan dan bentuk yang tidak kalah cantik, latif & unik.

Berikut gambar bunga anggun, latif, unik & langka yang bisa ditanam pada halaman rumah Anda:

Adenium

Adenium atau kamboja jepang orang menyebutnya, merupakan keliru satu tanaman hias bunga indah nan dagi, jika dicermati sekilas nampak menyerupai lukisan hidup. Tanaman ini memiliki banyak sekali varian bunga yang pada tiap variannya mempunyai rona-corak maupun bentuk yang khas.

Agapanthus

Bunga cantik yang satu ini termasuk tanaman bunga dalam keluarga Amaryllidaceae. Agapanthus memiliki bunga berbentuk corong dengan gradasi warna biru ke ungu, tumbuh bergerombol sehingga terlihat sangat menawan.

Ageratum

Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Ageratum houstonianum ini merupakan tumbuhan berbunga menurut Amerika Tengah & Meksiko. Bunganya menyerupai bonggol-bonggol dengan bulu-bulu halus berwarna lavender. Memandang bunga ini mengingatkan kita dalam suasana pagi yang segar. Sangat indah bukan? Meskipun tumbuhan ini poly terdapat di Amerika tetapi Anda bisa pula menanamnya sendiriloh.

Alamanda

Alamanda terkenal dijadikan tanaman hias lantaran bunganya yg besar dan berwarna-warni. Tanaman ini dikenal jua sebagai golden trumpet karena bentuknya yang menyerupai terompet. Selain kuning, terdapat jua rona lain yg nir kalah menariknya.

Alyssum

Tanaman yg memiliki nama Ilmiah Lobularia maritima ini merupakan galat satu bunga menggunakan tampilan yang sangat latif. Alyssum tumbuh semak & bunganya bergerombol terlihat menyerupai keping salju.

Amaranth

Amaranth terkenal karena bunganya yang unik, berukuran panjang & menjuntai kebawah. Tanaman ini menhasilkan warna lain seperti merah,ungu bahkan hijau. Perawatannya sangat gampang & cepat tumbuhnya. Sangat cantik ditanam di pekarangn rumah maupun dalam pot gantung.

Amarilis

Amarilis memang pantas masuk pada kategori bunga yg populer karena keindahannya. Tanaman ini membuat umbi yang bisa ditanam kembali. Karena mempunyai tangkai yg panjang sehingga sangat cocok dijadikan bunga potong.

Ammi

Ammi (Ammi majus) termasuk tumbuhan hias yg membuat bunga-bunga super kecil yang lalu membangun cluster berenda, itulah mengapa flora ini dikenal pula dengan nama bunga renda. Cobalah menambahkan bunga ammi pada karangan bunga Anda supaya terlihat lebih elegan.

Tertarik untuk mencoba menanamnya? Tersedia berbagai jenis benih ammi yang mampu Anda tanam di rumah.

Angelonia

Tanaman angelonia selain populer lantaran bunganya yg manis, pula dikenal karena mempunyai aroma harum waktu diterpa angin. Wanginya yg semerbak bisa menaruh suasana sejuk yang menenangkan.

Anggrek

Siapa yg tidak mengenal bunga yg satu ini? Memang tidak sanggup dipungkiri bahwa bunga anggrek mempunyai tampilan yang sangat cantik menggunakan warna-warna yang sangat menawan. Tanaman yg satu ini banyak diburu sang pecinta tumbuhan hias. Kami tersedia jua produk bibit tanaman anggrek disini.

Antirrhinum (Snapdragon)

Bunga snapdragon memiliki bentuk dan rona yg anggun waktu mengembang, namun akan berbentuk menyerupai tengkorak saat bunganya telah mati.

Bunga unik dan ?Mengerikan? Yang satu ini dikenal menjadi snapdragon (Antirrhinum). Bunganya terlihat sangat manis saat mekar menyerupai naga. Tetapi tahukah Anda? Ketika bunganya telah mangkat atau kemarau, beliau akan meninggalkan kantung biji, sesuatu yg mengerikan akan terlihat. Bunganya akan berubah menyerupai bentuk tengkorak.

Karena keunikannya, kini snapdragon poly dijadikan sebagai flora hias karena memiliki bunga yg nir kalah cantiknya dibanding bunga lain.

Anthurium Bunga

Tanaman bunga yg satu ini mempunyai daya tarik dalam keunikan bunga & daunnya. Bunganya berwarna merah menyala, kadang jua berwarna putih berbentuk hati & terdapat tongkol berwarna kuning. Sangat unik bukan? Jadi tunggu apalagi yuk lihat beberapa produk bibit tanaman anthurium bunga disini.

Anyelir

Anyelir atau dalam Bahasa Inggris dikenal menjadi carnation. Anyelir kerap dijadikan menjadi rangkaian bunga pada berbagai acara karena warnanya yg beragam. Carnation jika diterjemahkan secara harfiah berarti ?Bunga Cinta? Atau ?Bunga para Dewa?. Wah, berdasarkan ialah saja telah menggambarkan bahwa bunga ini sangat manis.

Aster

Salah satu bunga yg terkenal karena keindahannya adalah bunga aster. Namanya diambil menurut Bahasa Yunani yg berarti ?Bintang?, merujuk pada bentuk ketua bunganya. Aster memiliki beragam rona yang sangat manis sebagai akibatnya sangat cocok dijadikan menjadi rangkaian bunga.

Azalea

Azalea memiliki mahkota bunga yg indah dan anggun, secantik namanya. Azalea bahkan tak jarang menjadi ilham bagi poly penyair terkenal. Kelembutan warna bunga azalea bisa memancarkan aura yang menyejukkan.

Bougenville

Melihat menurut gambarnya, Anda mungkin sudah tidak asing lagi menggunakan bunga yg satu ini. Yap! Bougenville atau bunga kertas adalah flora yang tumbuh tinggi dan beredar banyak pada daerah tropis termasuk Indonesia. Bunganya terdiri berdasarkan aneka macam jenis warna yang menarik dan mempunyai tekstur yg tipis menyerupai kertas. Tanaman ini relatif populer dijadikan sebagai tumbuhan hias.

Buddleja

Buddleja adalah keliru satu tumbuhan hias bunga yang latif dan unik. Bunga tanaman ini ukuran mini & tersusun secara vertikal dalam btg tumbuhan. Warna bunganya bervariasi mulai berdasarkan ungu belia, ungu gelap, pink pucat, pink hingga putih. Buddleja adalah keliru satu bunga favorit para pecinta flora hias.

Bunga Kancing (Gomphrena)

Bunga kancing (gomphrena) adalah tanaman hias dengan tampilan yg mungil. Bunganya bulat dan tumbuh lebat, tangkainya panjang sebagai akibatnya biasa dipakai sebagai rangkaian bunga.

Bunga Matahari

Bunga mentari nir hanya identik dengan warna kuning. Ada pula bunga surya berwarna merah (red sunflower).

Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat merupakan galat satu tumbuhan hias bunga yang tergolong unik. Dinamai demikian lantaran bunganya hanya mekar saat sore hari yaitu lebih kurang pukul empat.

Kunjungi koleksi lengkap benih bunga pukul empat disini.

Bunga Pukul Sembilan

Bunga Pukul sembilan dinamakan, lantaran flora bunga ini akan mekar berbunga pada pagi hari lebih kurang pukul sembilan. Bunganya yg poly & indah serta berwarna warni menjadikannya daya tarik tersendiri apabila ditanam pada laman dan mempercatik taman anda.

Bunga Terompet

Bunga terompet dikenal pula menggunakan nama angel?S trumpet. Bunganya berbentuk terompet (rona bergantung species) yang menjuntai turun, ukuran bunganya tergolong besar dan memiliki aroma yang harum.

Calendula

Anda mungkin telah nir asing menggunakan bunga yang satu ini, calendula atau english marigold merupakan jenis bunga yang sekaligus menjadi tanaman herba. Selain dijadikan sebagai tanaman hias lantaran bunganya yang manis, calendula pula mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Camelia

Camelia telah tidak diragukan lagi kecantikan & estetika bunganya. Mahkota bunga terlihat indah menggunakan bentuknya yang membulat. Bunganya mencolok menggunakan aneka macam variasi rona dari putih, merah belia & merah.

Candytuft

Candytuff (Iberis umbellata) memiliki bunga yg terdiri berdasarkan banyak cluster menggunakan karakteristik spesial daun yg mengkilap. Candytuff seringkali dijadikan sebagai bunga pangkas yang dagi.

Celosia

Celosia adalah galat satu flora hias bunga klasik yang kecantikannya nir kalah dengan bunga lainnya. Celosia dikenal pula menggunakan nama bunga jengger ayam dimana bentuk bunga yang dihasilkan menyerupai jengger merah ayam jantan yang terdapat di atas ketua ayam.

Cleome

Cleome termasuk dalam bunga unik dan dikenal jua menjadi bunga keuntungan-keuntungan (spider flower). Bunganya unik benar-benar mirip seperti laba-laba yang identik dengan jaringnya.

Clover

Clover atau trefoil merupakan nama generik untuk tanaman dari genus Trifolium. Trifolium sendiri berasal berdasarkan Bahasa Latin, tres ?Tiga? Dan folium ?Daun?. Bunganya berwarna merah, banyak ditemukan tumbuh liar pada jumlah poly. Clover bisa diperbanyak melalui benihnya.

Coreopsis

Bunga cantik yg satu ini sekilas nampak menyerupai bunga daisy. Bunga coreopsis terlihat alami menggunakan warna bunga yang cerah, homogen-homogen berwarna variasi antara kuning, tembaga atau merah.

Cornflower

Cornflower dulunya merupakan tumbuhan yg tumbuh liar, namun karena kecantikan bunganya sekarang poly dibudidayakan menjadi flora hias.

Cosmos

Di Indonesia, cosmos (Cosmos caudatus) dikenal dengan nama kenikir. Bunga-bunga yang didapatkan berwarna cerah pada jumlah yang banyak sebagai akibatnya mampu menambah semangat buat memulai kegiatan.

Dahlia

Dahlia adalah galat satu bunga terkenal di kalangan para pecinta tanaman hias. Bentuk dan rona bunganya yg beraneka ragam mampu sebagai pilihan yang sempurna untuk menambah semarak dalam kebun bunga Anda.

Daisy

Anda pasti telah tidak asing lagi menggunakan bunga yang satu ini. Bunga daisy nir sekedar latif akan tetapi jua memiliki arti & makna yg mendalam. Daisy memiliki Inti bunga berukuran besar & dikelilingi petal-petal yg akan membuka ketika matahari terbit. Terlihat sangat latif pada hamparan bukit yg luas.

Dianthus

Dianthus merupakan tanaman orisinil Eropa & Asia yg relatif terkenal belakangan ini. Bunganya memiliki perbedaan makna cerah misalnya merah muda yg terlihat sangat anggun. Tanaman ini cocok ditanam outdoor juga indoor.

Echinacea

Echinacea atau dikenal  pula sebagai coneflower adalah tanaman bunga yang juga berkhasiat sebagai obat herbal (bahan dasar pembuatan Imunos, Starmuno dll). Tampilan bunganya unik dengan tepal bunga yang terlihat menyembur ke bawah.

Bunga Forget Me Not

Forget me not merupakan salah satu tanaman menggunakan bunga yg sangat indah. Tumbuh bergerombol berwarna biru langit sampai biru indigo. Dibalik keindahan bunganya masih ada makna dan legenda yang mengesankan.Bunga forget me not bisa ditanam melalui bijinya.

Foxglove

Foxglove memiliki bunga berbentuk lonceng yang membungkus sepanjang tangkai dan mengembang pada berbagai rona misalnya putih, kuning, merah belia, merah dan ungu. Tumbuh tinggi sehingga dapat menambah kesan vertikal pada kebun Anda. Baca jua cara menanam bunga foxglove dari biji.

Gaillardia

Bunga gaillardia atau blanket flowers merupakan galat satu bunga yang tumbuh lebat dengan mahkota bunga yg berumbai-rumbai. Bunganya mekar pada nuansa cerah seperi kuning, anggur merah sampai jingga menjadikannya sangat manis waktu ditanam di pekarangan tempat tinggal .

Gardenia

Selain bunganya yang anggun, gardenia juga mempunyai aroma harum yg relatif menyengat. Bunganya berwarna putih, kadangpula ditemukan berwarna kuning pucat. Bisa tumbuh tinggi, sangat cocok ditanam menjadi tanaman pohon bunga pada kebun Anda.

Geranium

Bunga manis yg satu ini selain terkenal karena keharumannya jua dikenal karena khasiatnya mengusir nyamuk. Geranium mengandung zat geraniol dan sitronelol yang aromanya nir disukai nyamuk.

Gloxinia

Gloxinia merupakan flora bunga pendek yang dari dari Amerika Selatan (Brazil & Andes). Selain mempunyai tampilan yang anggun, bunganya pula tergolong unik menggunakan kelopak yang memiliki tekstur menyerupai beludru.

Gypsophila

Gypsophila atau dikenal juga menggunakan sebutan Baby Breath melambangkan kemurnian & kepolosan. Bunga ini seringkali ditemukan dalam program-acara pernikahan, bunganya mini -mini pada jumlah yang poly.

Heliconia

Heliconia tergolong salah satu flora hias unik, bunganya menyerupai cakar lobster yg menjuntai ke bawah. Bunganya terdiri menurut warna merah, jingga hingga kuning. Sangat cocok ditanam buat melengkapi koleksi tumbuhan hias Anda pada rumah.

Hoya

Hoya adalah spesies tanaman bunga yang berasal dari Asia, termasuk Indonesia. Bunganya terlihat sangat manis & unik, membangun pola bintang yg tumbuh berkelompok dan sekilas nampak misalnya bunga replika. Hoya juga populer karena aromanya yg super harum.

Hydrangea

Hydrangea atau yang lebih dikenal dengan nama kembang bokor merupakan tumbuhan hias menggunakan bentuk & rona yang sangat anggun. Kembang bunga yg didapatkan ukuran besar dan tumbuh bergerombol. Yang unik berdasarkan tanaman hias yang satu ini merupakan bunganya bisa berubah warna bergantung keadaan pH tanah.

Impatiens

Tanaman bunga impatiens atau pacar air merupakan galat satu tanaman bunga cantik nan meriah. Bunganya terdiri berdasarkan beragam rona misalnya merah, putih sampai jingga. Sesuai namanya, tumbuhan ini suka tumbuh pada tanah yang berair.

Iris

Iris adalah keliru satu tanaman bunga yg memiliki bunga yang luar biasa latif. Ada poly keunggulan iris dibanding bunga lain; aromanya harum semerbak, mudah tumbuh & hampir nir pernah terserang hama. Selain lantaran anggun, iris juga membuat bunga pada jumlah yang poly menurut hari ke hari.

Kalanchoe

Kalanchoe mempunyai bunga yg berukuran mini -kecil pada jumlah yg banyak dan tumbuh bergerombol. Bunganya terdiri berdasarkan banyak variasi warna & mempunyai daun yg agak tebal. Bunga manis yang satu ini kerap dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Kana

Kana atau canna merupakan flora hias yang tumbuh kokoh, berbunga akbar & terlihat sangat cantik. Bunganya terdiri berdasarkan 3 sampai lima kelopak latif merekah tersusun membangun tandan. Warna bunga bervariasi mulai dari merah , orange, kuning terang, merah belia & kuning dengan corak warna coklat, pula beberapa kombinasi rona lainnya.

Kantil / Cempaka

Selain karena kecantikan bunganya, kantil atau cempaka pula mempunyai mitos yang melekat padanya. Konon, kuntilanak menyukai aroma spesial yang dimilki oleh bunga ini. Bunga kantil sendiri terdiri berdasarkan banyak warna misalnya ungu, merah sampai kuning dan yg paling populer merupakan cempaka putih.

Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis)

Bunga yg dikenal latif dan berwarna-warni, terdapat yang merah ada pula yg kuning, putih, orange, pink juga rona lain. Orang mengenalnya sebagai bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis), Kembang Sepatu suku Malvaceae yang dari berdasarkan Asia Timur & poly ditanam menjadi flora hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar , berwarna merah dan nir berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis).

Baca pula tentang bunga Kembang sepatu selengkapnya pada sini !!

Krisan

Bunga krisan atau chrysanthemum diklaim juga bunga seruni pada Indonesia. Tanaman ini sering dijadikan sebagai flora hias outdoor. Lantaran memiliki aroma yang harum, krisan sering dimanfaatkan menjadi bahan campuran dalam teh.

Larkspur / Delphinium

Delphinium asal menurut istilah ?Dolphin? Mengacu dalam bentuknya yang menyerupai lumba-lumba. Warna bunga bervariasi meliputi biru, ungu, kuning, putih hingga merah muda. Bentuk & warna bunganya yang cantik sangat cocok dijadikan tumbuhan hias kebun.

Lantana

Bunga lantana kerap tumbuh liar sehingga kadang dianggap sebagai tanaman semak. Namun bentuknya yang unik dan warnanya yang beragam membuatnya semakin diminati sebagai tanaman hias.  Bunga lantana tumbuh berkelompok dan memiliki warna campuran antara merah, jingga, kuning, biru dan putih.

Lavatera

lavatera masih merupakan kerabat dekat menggunakan kembang sepatu sebagai akibatnya bunganya terlihat mirip. Warna bunganya yg lembut & mahkota bunga yg lebar membuatnya terlihat sangat anggun.

Lavender

Anda niscaya seringkali mendengar bunga yg satu ini. Lavender terkenal lantaran aromanya yang harum & nir disukai nyamuk. Selain itu, lavender juga memiliki bunga berwarna khas keunguan yg sangat cantik, bisa tumbuh dalam jumlah banyak di page yg luas.

Lily

Siapa yang tidak kenal menggunakan bunga cantik yg satu ini? Lily bahkan dijuluki menjadi ratu taman sang para pecinta bunga. Bunga yg tumbuh berdasarkan umbi ini mempunyai karakteristik-karakteristik kelopak bunga yg lebar seperti terompet. Selain berdasarkan bentuknya yg latif, bunga lily homogen-homogen jua menebarkan aroma harum yg semerbak.

Lobelia

Lobelia terkenal lantaran bunganya yang manis & tumbuh bergerombol dalam jumlah poly. Bunganya kecil-mini & mempunyai warna-rona latif misalnya ungu, biru, merah dan putih. Lobelia jua cocok dijadikan menjadi tanaman hias gantung.

Lupine

Tanaman bunga unik yang satu ini dari berdasarkan Amerika. Tangkai bunga tumbuh meruncing ke atas & diikuti bunga-bunga dengan tekstur yang kaku. Anda mampu mencoba menanamnya di tempat tinggal buat menambah semarak pada taman Anda.

Mandevilla

Mandevilla adalah keliru satu tanaman hias populer karena bunganya yang cantik dan tumbuh rimbun secara serempak. Tanaman merambat yg satu ini memiliki bunga berbentuk terompet yang terkadang mengeluarkan aroma harum.

Marigold

Marigold atau bunga yang populer dengan nama bunga gemitir atau gumitir (spesial Pulau Bali) ini mempunyai bunga yg bernuansa kuning atau jingga. Keindahan bunganya yang mempesona membuatnya terkenal dijadikan menjadi tanaman hias.

Mawar

Bunga mawar memang mempunyai bentuk dan warna yg sangat menarik bagi siapapun yg memandangnya. Tidak keliru apabila mawar sebagai bunga yg sangat populer di kalangan rakyat. Mawar paling seringkali dijadikan sebagai bunga potong. Aromanya yg harum bahkan dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum.

Melati

Bunga melati merupakan salah satu tanaman istimewa yg telah ditetapkan menjadi bunga nasional Indonesia beserta menggunakan anggrek & rafflesia. Bunganya berwarna putih berseri menggunakan aroma harum nan lembut. Melati melambangkan kesucian & kesederhanaan sehingga mampu menciptakan suasana sejuk.

Morning Glory

Morning glory adalah bunga yang paling poly dicari dan benar-benar populer. Tanaman bunga merambat ini memiliki bunga berbentuk terompet dengan rona & motif yg majemuk. Berbunga lebat sebagai akibatnya terlihat sangat cantik memenuhi taman.

Mussaenda

Mussaenda atau yang lebih dikenal dengan nama bunga Nusa Indah ini memiliki bunga yang lebat dan dapat tumbuh tinggi  hingga 10 meter. Yang unik dari tanaman ini adalah kelopak bunganya semu berbentuk oval dan berukuran seperti daun.

Nasturtium

Nasturtium mempunyai bunga yg sangat cantik & terdiri dari majemuk warna seperti oranye, kuning hingga merah. Selain memiliki bunga yang anggun, nasturtium pula adalah salah satu tumbuhan bunga yg dapat dimakan (edible). Di beberapa wilayah, nasturtium lazim dijadikan menjadi tambahan dalam salad.

Nemophila

Nemophila sangat populer lantaran motif bunganya yang sangat unik berbentuk mangkuk. Tanaman bunga nemophila bertubuh pendek dan berbunga banyak sebagai akibatnya poly ditanam untuk penutup tanah dan menghasilkan hamparan bunga nemophila yang manis.

Nigella

Nigella adalah keliru satu tumbuhan jintan yg memiliki bunga yang berwarna-warni, terdiri dari rona merah, ungu, biru, ungu sampai putih yang sangat dagi. Tumbuh lebat menggunakan bunga yang bernuansa antik.

Nona Makan Sirih

Tanaman nona makan sirih merupakan salah satu tanaman bunga yang sangat unik. Bunganya bergerombol, tiap bunga berbentuk seperti hati atau kantung yang seakan-akan mengeluarkan bunga kecil berkelopak yang warnanya lain dari ‘bunga kantung’. Daunnya menyerupai daun sirih. Diminati sebagai tanaman hias karena keindahan bunga dua warnanya. Tanaman White Bleeding Heart Vine atau Clerodendrum thomsoniae dalam penamaan ilmiah merupakan tanaman hias merambat yang bisa tumbuh sampai 5 meter

Pansy

Pansy dan viola merupakan salah satu tanaman bunga yang memiliki corak yang unik. Kelopaknya menyerupai bentuk wajah manusia dan terdiri dari warna-warna  menarik.

Peony

Peony adalah keliru satu tanaman hias bunga paling favorit. Bunga peony terlihat manis menggunakan kelopak yang bersusun, terdiri menurut aneka warna seperti merah belia, merah, putih, biru sampai ungu. Di China, bunga peony sangat seringkali dipakai pada upacara pernikahan lantaran diyakini memiliki makna dalam urusan cinta, kemakmuran, kebahagiaan, dan jua nasib yg lebih baik.

Petrea

Petrea merupakan flora yg terkenal dijadikan menjadi flora penghias pagar tempat tinggal lantaran sifatnya yg merambat. Petrea bisa membuat ribuan kuntum dalam satu tangkai. Bunganya bisa mengembang sepanjang tahun berwarna ungu atau putih yg sangat memesona.

Petunia

Petunia terkenal dijadikan sebagai tumbuhan hias gantung yang dagi lantaran tangkainya bisa tumbuh menujulur. Bunga berbentuk terompet-terompet mini ini kerap mengundang poly perhatian karena gugusan warna yang dimiliki oleh bunganya sangat latif.

Phlox

Phlox adalah keliru satu tumbuhan hias yang terkenal lantaran membentuk bunga yang cantik pada berbagai warna seperti merah muda, putih, ungu hingga biru.

Poppy

Bagi Anda pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga cantik yang satu ini. Bunga Poppy pada umumnya merupakan tumbuhan semusim yang memiliki kuntum bunga berwarna  merah, putih atau kuning yang berbentuk seperti cangkir.

Rudbeckia

Rudbeckia sekilas nampak menyerupai bunga mentari lantaran masih pada satu keluarga. Bunga cantik yang satu ini memiki ciri spesial yakni sentra bunganya berwarna hitam dilingkupi sang mahkota bunga yang secara umum dikuasai berwarna kuning atau jingga. Lantaran hal tersebut, rudbeckia jua dijuluki menjadi black eyed susan.

Ruellia

Bunga ruellia selain anggun juga terkenal lantaran khasiatnya menjadi tanaman obat. Mahkota bunga berwarna ungu muda dan tipis berbentuk terompet.

Salvia

Salvia merupakan genus tanaman berbunga yang mempunyai hampir 1000 spesies dan beredar luas di berbagai belahan global. Bunganya berbentuk tandan yg memanjang berwarna merah atau ungu, putih hinga pink. Selain terkenal dijadikan menjadi flora hias, salvia jua dimanfaatkan menjadi tanaman obat.

Scabiosa

Scabiosa merupakan tanaman hias yang terkenal karena mempunyai bunga ukuran akbar denga bentuk yang unik. Bentuknya membulat dengan mahkota yg tersusun teratur membuatnya nampak sangat indah. Yang paling generik ditemukan berwarna biru.

Soka

Bunga soka berwarna merah adalah warna yang paling generik ditemukan.

Siapa yang tidak mengenal bunga anggun yang satu ini? Soka banyak ditemukan sebagai tanaman hias yg tumbuh rimbun pada pekarangan rumah. Bunganya tumbuh berkelompok sebagai satu di bagian pucuk tanaman dan mekar dalam jangka saat yg usang.

Statice

Statice atau dikenal juga menggunakan nama sea lavender merupakan flora hias bunga yang terkenal dipakai dalam buket bunga yg kemarau. Selain cantik, statice juga disukai poly perempuan karena melambangkan keanggunan.

Stefanot

Bunga stefanot atau Madagascar Jasmine (Bridal Wreath) merupakan bunga yang sering dipakai pada hiasan sanggul pengantin. Bunganya putih higienis & beraroma harum mirip melati, akan tetapi yg ini lebih besar . Tumbuh bergerombol & lebat sebagai akibatnya terlihat sangat menawan.

Stock

Stock adalah tanaman bunga yang populer karena keindahan bentuk, warna dan keharumannya. Warnanya yang lembut seperti ungu, pink atau putih terlihat sangat mempesona. Bunganya tumbuh ke atas mengikuti tangkai tanaman .

Strawflower

Strawflower memiliki bunga yang mekar dengan sangat  indah dan terdiri dari berbagai warna seperti merah, jingga, kuning, ungu hingga putih. Bunganya dapat tumbuh dengan baik bahkan pada kondisi tanah yang kurang subur, strawflower juga menyukai paparan sinar matahari penuh. Tanaman bunga yang berasal dari Australia ini bisa juga tumbuh di Indonesia.

Sweat Pea

Tanaman yg memiliki nama Ilmiah Lathyrus odoratus ini merupakan tumbuhan hias bunga yang masih satu famili menggunakan kacang-kacangan. Sweet pea banyak digemari lantaran bunganya yang sangat manis, terlihat rapuh, beraroma harum, dan pula menjadi bunga bouquet yang sangat latif.

Tabebuia

Tabebuia termasuk tumbuhan pohon bunga yang aslinya dari berdasarkan Brasil. Bunganya tumbuh lebat dan tak jarang dikira bunga sakura. Ada poly spesies berdasarkan tabebuia menggunakan beragai rona bunga misalnya pink, kuning, putih hingga merah. Tanaman ini banyak dijumpai sebagai pohon pelindung dan peneduh jalan pada kota-kota besar .

Thunbergia

Thunbergia atau dolls? Shoes merupakan tumbuhan merambat yg memiliki bunga dengan tampilan yg sangat unik, berbentuk menyerupai sepatu boneka & bergelantung menjuntai ke bawah. Bunganya rona warni mulai dari putih, biru, jingga, ungu, dan kuning.

Torenia

Torenia atau wishbone flower atau bunga mata kucing adalah tanaman berbunga pendek yang berasal berdasarkan tempat tropis Asia. Bunganya berbentuk terompet menggunakan warna yang bervariasi menurut putih dengan leher kuning sampai ungu, biru, violet, lavender & cobalt. Sangat terkenal dijadikan menjadi tanaman pot gantung.

Verbena

Verbena atau vervein merupakan genus flora berbunga & terdapat 250 spesies yg tersebar di seluruh global. Bunganya mini -kecil berwarna biru, putih, pink, atau bahkan ungu. Anda mampu memperoleh benih verbena disini buat menambah semarak pada kebun Anda.

Vinca

Vinca atau tapak dara merupakan tanaman berbunga pendek yg mempunyai rona-rona yang eksotis dan latif-indah, maka nir diragukan lagi jika vinca sebagai salah satu bunga yang paling poly dibudidayakan.

Violces

Violces atau dikenal pula menggunakan nama african violet. Bunga anggun yg satu ini populer dijadikan sebagai flora hias indoor. Bunga violces mekar dengan poly variasi warna, mulai berdasarkan biru laut, pink, biru langit, ungu, dan kombinasi menurut rona-rona tadi.

Wijaya Kusuma

Wijaya kusuma merupakan galat satu tanaman yg langka ditemukan waktu ini. Tanaman yg mengeluarkan aroma harum semerbak ini mempunyai bentuk & ciri yang sangat unik, bunga muncul dari areoles yang masih ada dalam pertemuan dan ujung tunasnya. Tanaman ini masih berkerabat dekat dengan kaktus terlihat menurut bentuk daunnya yang pipih berdaging, mengeras misalnya kaktus tetapi nir berduri, hanya saja pada tepi daunnya bergelombang.

Yarrow

Yarrow atau Achillea millefolium memiliki bunga yang sangat anggun. Bunganya kecil-kecil membentuk cluster padat dan kedap, satu clutser terdiri menurut banyak bunga mini yang manunggal menciptakan kepala bunga datar. Bunganya kaya akan warna, mulai menurut merah, kuning agak coklat, krem, pink mawar, kuning, aprikot dan putih.

Zephyranthes

Zephyranthes adalah galat satu bunga menggunakan tampilan yang sangat anggun. Bunganya berwarna putih, kuning dan merah belia dengan tangkai bunga tegak. Bunga berbentuk corong mempunyai enam kelopak. Menghasilkan bunga yg tumbuh serempak sehingga terlihat sangat indah.

Zinnia

Zinnia terkenal dengan bunga soliter bertangkai panjang yang memiliki warna-warna cerah. Bunganya memiliki berbagai penampilan, dari satu baris kelopak hingga berbentuk kubah. Warnanya putih, hijau kekuningan, kuning, jingga, merah, ungu atau lilac. Tanaman bunga Zinnia sangat cocok dibudidayakan untuk menambah semarak pada kebun Anda.

Demikianlah anek ragam & deretan daftar nama bunga lengkap beserta gambar & penjelasannya. Semoga berguna.

Post a Comment

0 Comments