CARA MERAWAT TANAMAN ADENIUM (KAMBOJA JEPANG) AGAR RAJIN BERBUNGA

Aneka-peliharaanhias----Membuat Adenium (Kamboja Jepang) Rajin Berbunga, banyak orang menyebutnya mawar gurun, ditilik dari namanya, bahwa tanaman hias berbunga yang satu ini mempunyai ketahanan terhadap kekurangan air. Memang, adenium mempunyai habitat asli di gurun. Yang notabene berdaerah kering. Meskipun adenium tergolong tanaman yang suka kering, tapi suplai air yang cukup tetap diperlukan. Hal ini untuk memberikan kesegaran dan daya tahan bungannya. Adenium membutuhkan pencahayaan sinar matahari penuh. Dengan media tanam yang diperlukan adalah media yang porous, media yang tidak banyak menyimpan air. Media pasir cocok untuk adenium, sesuai karakteristik gurun. Pasir malang bisa dicampur cocopit atau arang sekam.

Keindahan corak dan ragam warna bunga adenium, yang menjadi daya tarik para hobiis. Dengan bunga serempak dan  tahan lama menjadikan adenium idaman. Adenium sebenarnya merupakan tanaman hias yang mudah berbunga. Ada beberapa hobiis adeniumnya susah berbunga. Memang, sebenarnya dibiarkanpun adenium akan berbunga. Tapi hanya beberapa helai bunga saja. Bukan itu yang dicari dan di idamkan. Menjadikan adenium berbunga serempak, tahan lama dan rajin berbunga, itulah yang diinginkan. Ada trik sederhana untuk tujuan tersebut. Namun harus dilakukan dengan benar, agar mendapatkan hasil yang baik.

Teknik puasa air (Stress Air)

Menurut pengalaman penulis cara cepat merangsang pertumbuhan bunga salah satunya merupakan menggunakan Teknik Puasa Air. Teknik ini sebenarnya bertujuan untuk merontokkan daun. Juga merangsang tumbuhnya tunas baru. Dengan tunas baru akan dibarengi keluarnya kuncup bunga. Dengan cara ini akan keluar bunga secara serempak dan tanaman adenium tersebut pula rajin berbunga. Biasanya mampu tiga ? 4 kali dalam setahun. Caranya sederhana, bagaimana?.. Tanaman adenium nir disiram air selama seminggu. Setelah puasa selama satu minggu tanaman tadi disiram larutan pupuk NPK berkalium tinggi (perbandingan N-P-K : 10:10:55 atau 6:30:30). Dosis sinkron yang disarankan berdasarkan pabrik pupuk yg dipakai. Setelah itu dipuasakan lagi selama seminggu. Lalu disiram lagi menggunakan pupuk NPK berkalium tinggi. Apabila kuncup bunga belum keluar, perlakuan puasa-siram diulangi terus hingga kuncup bunga keluar. Biasanya selesainya perlakuan dua kali puasa-siram, kuncup bunga sudah keluar. Kemudian tinggal merawat agar bunga tahan lama .

Untuk membuat bunga tahan usang, perawatan harus diperhatikan. Pola penyiraman & pemupukan sangat penting pada hal ini. Agar kebutuhan hara tetap tepenuhi. Frekuensi penyiraman dilakukan dua hari sekali. Pemupukan dilakukan seminggu sekali menggunakan NPK yg komposisinya tidak sinkron menggunakan diroling. Jika minggu pertama menggunakan pupuk tinggi N, minggu berikutnya dipupuk menggunakan kandungan N yang rendah. Sehingga akan didapatkan tumbuhan adenium dengan bunga yg bagus, jua daun yang sehat & segar.

Hama sebagai biang utama perusak bunga adenium. Bisa menyebatkan bunga rontok. Biasanya hama adenium adalah laba-laba kecil atu mite. Ini bisa dikendalikan dengan pestisida kelthane. Penyemprotan dilakukan satu minggu sekali. Dilakukan pagi atau sore hari, menghindari terik matahari. Hal ini agar bunga tidak hangus terbakar. (wawaorchid).

Bunga Adenium Kamboja Jepang Tumpuk Berbunga Serempak

Seorang hobiis pernah karena bunga yg diidamkannya gagal mekar. Usut punya usut, cuaca pada isu terkini hujan dan pasokan nutrisinya nir memadai buat membuat bunga. Furqon, hobiis adenium di Jakarta Selatan, mengatakan, tanaman adenium ternyata ada yang bersifat malas berbunga, dan jikalau berbunga pun tidak serempak. Selama ini hobiis memicu pertumbuhan bunganya dengan menyemprotkan pupuk yg mengandung unsur fosfor dan kalium tinggi. Itu berbeda berdasarkan adenium berbunga tumpuk milik dia yang cenderung stabil pada menghasilkan bunga tumpuk & pembungaannya bisa serempak. ?Petal (mahkota) atas dan bawah timbul secara bersamaan,? Kentara Furqon.

Menurut laki-laki yang akrab disapa Ipunk ini, terdapat cara gampang buat menciptakan adenium permanen berbunga. Ia menyarankan pemangkasan secara menyeluruh dan menyisakan calon-calon mata tunas dalam percabangan. Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah media tanamnya. Dua minggu sebelum pemangkasan, pastikan media tanam masih cantik atau sudah lapuk. Jika lapuk, ganti menggunakan yang baru.Sebulan kemudian ganti komposisi pupuk NPK yg dipakai menjadi 10:40:40 atau menggunakan PK tinggi. Dosis dan frekuensinya tidak tidak sinkron menurut sebelumnya. Dua bulan sehabis itu tumbuhan akan mulai memperlihatkan kuncup-uncup bunganya. Waktu tepat buat memacu adenium tumpuk berbunga merupakan awal ekspresi dominan kering agar risiko busuk dampak pemangkasan sangat rendah. Namun jika permanen mau memangkas waktu demam isu hujan, lakukan di loka yang nir terkena hujan secara eksklusif. Jika demam isu kemarau mulai berlangsung bulan Mei, maka bunga adenium tumpuk ini akan ada secara serempak dalam Agustus dan September.

Berbunga Indah dan Awet Sepanjang Musim

Tidak hanya rajin berbunga, beberapa hobiis menginginkan adenium tumpuknya berbunga sepanjang ekspresi dominan. Ipunk pun membeberkan kiatnya yang gampang dan bisa diterapkan siapa saja. Persiapkan plastik hitam atau plastik bening untuk menutupi media tanam dan tali plastik. Plastik ditutupkan pada media tanam, kemudian ikat agar air nir masuk ke media tadi. Sungkup selama 1?Dua minggu dan trauh pada tempat yang teduh tanpa pernah disiram. ?Perlakuan ini buat membuat media tanam menjadi sahih-sahih kering,? Jelasnya. Selanjutnya, buka sungkup tersebut & siram tumbuhan seperti biasa atau 2 kali seminggu. Usahakan pot tidak eksklusif menyentuh lantai atau berikan ganjalan agar air lebih cepat turun ke bawah. ?Dalam penyiraman tersebut mampu dibubuhi pupuk dengan PK tinggi yg sudah dicairkan,? Tambahnya.

Letakkan tumbuhan di loka teduh akan tetapi permanen mampu menerima sinar surya, hingga timbul calon bunga. Hindarkan berdasarkan kucuran air hujan secara eksklusif lantaran bisa mengakibatkan bunga yang telah mulai ada jadi rontok.Saat bunga sudah mengembang, usahakan nir pribadi terkena air hujan. Selain bunga akan rontok, bunga itu cuma bertahan tiga?4 hari. Apabila nir terkena hujan, hobiis sanggup memandangi estetika bunga tersebut hingga satu minggu.

Demikianlah warta singkat mengenai Cara Merawat Adenimu atau Bunga Kamboja Jepang Agar rajin berbunga, cara ini semoga memberikan kepada kita cara mendapatkan flora adenium yang selalu indah menggunakan bunganya yang manis sepanjang tahun, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber : Dirangkum berdasarkan berbagai sumber!

Gambar: Visiuniversal.Blogspot.Com, www.Ebay.It.

Post a comment

0 Comments