CARA MEMBERI MAKAN IKAN MAS KOKI AGAR SEHAT DAN LINCAH

Berdasarkan pengalaman penulis, merawat dan memelihara ikan mas koki itu, mudah-gampang susah, apa lagi apabila berbicara masalah anugerah makan pada ikan mas koki. Ikan mas koki harus diberi makan menggunakan sahih supaya bisa hayati sehat & senang . Pemberian kuliner secara berlebihan, atau hadiah pakan serta persiapan yang salah merupakan kesalahan lazim yang acapkali dilakukan pemilik ikan mas koki saat memberi makan ikan mereka. Banyak masalah kematian ikan mas koki itu terkait dengan perkara pencernaan dan gelembung renang, dampak menurut anugerah makan yang buruk. Memahami kebiasaan makan ikan mas koki & mengetahui jenis kuliner yang sempurna akan membantu Anda memberi makan ikan mas koki menggunakan baik dan benar.

Bagian I

Mempelajari Jenis Makanan yang Tepat buat Ikan Mas Kok

1. Pelajari jenis kuliner apa yang wajib diberikan buat ikan mas koki.

Ikan mas koki termasuk omnivor, yg berarti ikan mas koki memakan daging dan flora. Banyak jenis makanan yang bisa Anda berikan buat ikan mas koki, & Anda mungkin kebingungan apabila pulang ke toko hewan peliharaan & melihat seluruh pilihan yg tersedia. Jadi, sebelum membeli kuliner apa pun, luangkan waktu untuk menyelidiki apa disparitas di antara jenis makanan tadi.Perlu diingat bahwa setiap jenis kuliner mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ikan mas koki harus diberi aneka macam jenis kuliner. Membeli berbagai jenis pakan akan membantu menjaga menu makan ikan permanen menarik & memastikan ikan menerima semua nutrisi yg diharapkan buat tetap sehat.

2. Sertakan pakan kemarau pada hidangan makan ikan.

Pakan kering adalah keliru satu jenis kuliner ikan paling generik. Pakan kemarau umumnya dijual pada bungkus kaleng dan berbentuk serpihan atau pelet. Serpihan akan mengambang di bagian atas air & pelet umumnya akan karam ke dasar. Ikan mas koki akan menyantap makanan pada bagian atas dan di dasar akuarium, oleh karena itu Anda bisa menggunakan galat satu jenis pakan kemarau ini. Secara generik, pakan kemarau relatif sehat untuk ikan mas koki, namun tidak mengandung semua nutrisi yang diperlukan. Oleh sebab itu, usahakan tidak menjadikan pakan kemarau menjadi komponen utama menurut sajian makan ikan. Pakan kemarau berbentuk serpihan permanen mengambang pada bagian atas, sisa yang tidak dimakan dapat disingkirkan dengan mudah sebagai akibatnya lebih gampang bagi Anda buat menjaga kebersihan akuarium.

3. Sediakan berbagai jenis pakan hidup buat ikan mas koki.

Pakan hayati merupakan sumber protein yang baik buat ikan, & dipercaya menjadi bagian paling krusial berdasarkan sajian makan ikan. Contoh pakan hayati di antaranya cacing tanah, cacing darah, daphnia, dan udang air asin.

Jika tidak disiapkan dengan benar, pakan hidup mempunyai potensi menularkan penyakit pada ikan mas koki. Untuk mengurangi kemungkinan penularan penyakit, belilah pakan hayati menurut toko hewan peliharaan lokal, daripada mencarinya di danau, kolam, atau tanah.

Umumnya, udang air asin dan cacing tanah jarang menularkan penyakit.

Tidak terlalu sulit buat menerima cacing tanah lantaran pasokannya cukup banyak. Cacing dewasa diperkirakan bisa membuat 1000 cacing dalam setahun.

Udang air asin merupakan udang yang sangat mini . Udang ini sangat kaya protein, sehingga sebaiknya diberikan menjadi insentif, bukan sebagai sajian makan rutin.

4. Cari memahami pilihan makanan beku atau kering-beku buat ikan mas koki.

Makanan beku atau kering-beku tak jarang kali menaruh tingkat nutrisi yg sama misalnya pakan hayati.[9] Makanan beku atau kering-beku sanggup menjadi pilihan yang baik bila memegang cacing hidup menciptakan Anda sedikit mual. Pakan hidup kemungkinan akbar tersedia dalam bentuk beku atau kering-beku di toko hewan peliharaan lokal.

Keuntungan lain menurut pakan beku merupakan kemudahannya buat disimpan.

Apabila Anda mempunyai kepiting, lobster, atau kerang beku pada rumah, Anda pula dapat memberikannya menjadi kuliner ikan mas koki. Pastikan makanan itu telah dibersihkan & dilelehkan sebelum dimasukkan ke pada akuarium.

Gambar berjudul Feed Goldfish Step lima

5. Jangan lupa menaruh jua buah dan sayuran menjadi sajian makan ikan.

Buah dan sayuran adalah bagian penting dalam sajian makan ikan mas koki. Keduanya merupakan asal nutrisi yg baik sekaligus rendah lemak. Ada banyak jenis butir & sayuran yg dapat Anda berikan pada ikan mas koki, termasuk polong, selada, brokoli, dan apel.

Buah atau sayuran apa pun yg Anda pilih, sebaiknya dilunakkan, diiris atau dipotong dadu dan dikupas terlebih dahulu sebelum diumpankan pada ikan mas koki. Jangan pernah menambahkan bumbu apa pun pada buah atau sayuran.

Bagian II

Memberi Makan Ikan Mas Koki

Gambar berjudul Feed Goldfish Step 6

1. Berikan kuliner buat ikan dalam jumlah mini beberapa kali sehari.

Aturan mudah yg bisa Anda ikuti adalah jangan memberi pakan melebihi apa yg sanggup beliau makan pada ketika satu sampai 2 menit. Ikan mas koki mampu sahih-benar makan sampai tewas. Oleh sebab itu Anda wajib sangat berhati-hati supaya tidak memberi makan ikan mas koki secara berlebihan. Memberinya makan tiga kali sehari seharus relatif.

Ambillah sejumlah pakan yg dengan mudah dapat Anda jumput memakai mak jari dan telunjuk. Jumlah tersebut yg wajib Anda berikan buat ikan.

Gambar berjudul Feed Goldfish Step 7

dua. Ketahui cara yang benar buat menyiapkan setiap jenis makanan.

Dengan begitu banyaknya jenis pilihan pakan ikan yang tersedia, Anda wajib mengetahui cara yang sahih buat menyiapkan setiap jenis kuliner. Hal ini akan memperkecil kemungkinan ikan mas koki mengalami gangguan pencernaan sehabis makan.

Rendamlah terlebih dahulu pakan kemarau yg berbentuk serpihan agar ikan mas koki tidak menelan gelembung udara saat memakannya. Menelan gelembung udara dapat mengakibatkan perkara gelembung renang dan sembelit. Untuk merendam serpihan, celupkan ke dalam air akuarium beberapa kali sebelum benar-benar memasukkan ke dalam air. Berikan pakan ini satu hingga dua kali seminggu.

Rendamlah pelet selama 10 sampai 15 mnt, atau sampai pelet mengembang kurang lebih dua kali berukuran awalnya. Tuangkan sedikit air dari akuarium ke pada wadah lain & taruhlah pelet pada dalam wadah ini. Setelah pelet lunak dan ukurannya bertambah, masukkan ke dalam akuarium. Berikan pelet 2 hingga tiga kali seminggu.

Rendamlah pakan kering-beku di pada wadah kecil yg berisi air akuarium buat mencegah gangguan pencernaan.

Lelehkan kuliner beku sampai sahih-sahih leleh sebelum memasukkannya ke pada akuarium. Taruhlah makanan beku di pada lemari es buat proses pencairan.

Kupas, potong, dan lunakkan buah dan sayuran. Merebus adalah cara yang baik untuk melunakkan sayuran.  Buah dan sayuran dapat diberikan sebagai bonus sekali-sekali.

Cucilah pakan hidup hingga benar-benar bersih apabila Anda menangkapnya sendiri di lingkungan sekitar. Mencuci cacing tanah menggunakan air akan membantu menghilangkan tanah dan organisme penyebab penyakit yang mungkin ditemukan pada pada tanah.

Untuk menaruh cacing menjadi kuliner, potonglah cacing sebagai potongan mini sebelum menaruhnya di dalam akuarium. Anda bahkan dapat menusuknya dengan tusuk gigi & mengumpankannya pada ikan menggunakan cara misalnya itu. Berikan pakan hidup sekali seminggu.

Gambar berjudul Feed Goldfish Step 8

tiga. Amati ikan waktu Anda memberinya makan.

Perhatikan ikan mas koki menggunakan cermat waktu Anda memberinya makan buat memastikan ikan nir makan hiperbola. Jika ikan makan terlalu banyak, ususnya akan penuh kuliner sehingga akan memerangkap gas pada pada gelembung renang dan menyebabkannya mengapung tanpa tujuan. Jika Anda melihatnya mengapung misalnya ini, segera singkirkan residu-residu kuliner yang ada.

Hubungi dokter fauna atau toko hewan peliharaan buat mencari fakta mengenai cara menangani ikan mas koki yg makan berlebihan.

Gambar berjudul Feed Goldfish Step 9

4. Buatlah planning pemberian makan jika Anda akan bepergian.

Jika Anda akan meninggalkan tempat tinggal selama lebih berdasarkan beberapa hari, buatlah rencana mengenai bagaimana Anda akan memberi makan ikan mas koki. Salah satu pilihan merupakan meminta donasi seorang buat memberinya makan. Apabila menentukan opsi ini, terdapat baiknya Anda membuat daftar jelas mengenai menu makan ikan mas koki peliharaan Anda, dilengkapi instruksi mengenai cara memberinya makan sementara Anda bepergian.

Mempersiapkan kuliner jauh-jauh hari & menyimpannya di dalam wadah terpisah akan mempermudah orang yg Anda mintai tolong untuk memberi makan ikan.

Alat pemberi makan ikan otomatis jua tersedia. Kunjungi toko fauna peliharaan lokal buat mendapatkan liputan lebih lanjut tentang alat ini.

Harap diingat bahwa ikan mas koki sebenarnya dapat bertahan hidup buat ketika yang cukup usang tanpa makan. Meski akan kelaparan, ikan mas koki bisa bertahan hingga tiga minggu tanpa makan.

Bagian III

Memahami Anatomi Ikan Mas Koki

1. Cari memahami pada mana letak gigi ikan koki.

Gigi ikan mas koki nir terletak pada rahangnya.[20] Gigi ikan berada pada bagian belakang kerongkongan sebagai akibatnya memungkinkan ikan menghancurkan kuliner dan menelan semua makanannya. Jika Anda mendengarkan dengan saksama , Anda mampu sahih-benar mendengar suara berderak yang dikeluarkan gigi ikan mas koki ketika mengunyah makanannya.

Gambar berjudul Feed Goldfish Step 11

dua. Pelajari mengenai sistem pencernaan ikan mas koki.

Ikan mas koki nir memiliki lambung. Alih-alih, usus ikan merogoh alih fungsi lambung. Selain itu, tidak adanya lambung mengakibatkan ikan mas koki tidak mampu makan banyak makanan sekaligus. Makanan yang dia makan akan berkecimpung menggunakan cepat melalui sistem pencernaannya. Tidak adanya lambung menciptakan ikan mas koki lebih rentan terhadap kasus pencernaan jika nir diberi makan menggunakan sahih.

Tiga. Pelajari tentang fungsi gelembung renang pada ikan mas koki.

Gelembung renang merupakan organ internal berisi gas yang memungkinkan ikan tetap mengapung di pada air. Apabila nir diberi pakan yg sempurna, ikan mas koki mampu mengalami masalah menggunakan gelembung renangnya, sebagai akibatnya beliau akan mengalami kesulitan buat mengapung pada pada air.

Tips  Penting

  1. Air keran baru memiliki konsentrasi mineral dan nutrisi lain yang berbeda dibandingkan air akuarium yang sudah disaring. Oleh karena itu, sebaiknya rendam makanan ikan dalam air akuarium.
  2. Ikan mas koki hias dibiakkan untuk memiliki bentuk tubuh yang tidak biasa sehingga ikan seperti ini sangat rentan mengalami masalah daya apung dan masalah dengan gelembung renang. Untuk menghindari masalah ini, pertimbangkan untuk memberi makan pelet yang bisa tenggelam.
  3. Sebaiknya memberi makan ikan pada waktu yang sama setiap hari.
  4. Spirulina adalah sejenis ganggang yang digunakan sebagai suplemen makanan dalam pelet ikan mas koki. Spirulina dapat meningkatkan kecerahan dan keindahan warna ikan  Pelet yang mengandung spirulina dapat dibeli di toko hewan peliharaan.

Peringatan

Selain bisa menyebabkan masalah pada pencernaan & gelembung renang yang serius, memberi makan ikan secara berlebihan juga bisa menimbulkan masalah dengan akuarium. Jika nir segera dibersihkan, sisa kuliner akan membusuk & mengeluarkan racun berbahaya misalnya amonia ke dalam air. Kelebihan makanan juga bisa menciptakan air akuarium menjadi lebih keruh sehingga dapat mengakibatkan kasus menggunakan sistem penyaringan air.

Sumber:

https://id.Wikihow.Com/Memberi-Makan-Ikan-Mas-Koki

http://goldfish2care4.Com/goldfish-feeding.Html

http://www.Goldfish-as-pets.Com/what_to_feed_goldfish.Html

http://kb.Rspca.Org.Au/what-should-i-feed-my-goldfish_457.Html

http://anekapeliharaanhias.blogspot.com/

Post a Comment

0 Comments