PENYEBAB ANAK KUCING SAKIT MATA BERAIR DAN CARA MENGATASINYA

Aneka-Peliharaanhias----Memelihara kucing perlu perhatian spesifik buat kasus kesehatan mereka. Ada beberapa penyakit yg dapat menyerang si meong, terutama waktu mereka masih kecil sangat rentan terhadap agresi virus, bakteri dan parasit. Salah satu sakit yg sering diderita si meong kecil merupakan sakit mata.

Sakit pada mata kucing bisa menyebabkan mata berair yang dapat bertambah parah. Jika si kucing ini mengalami hal tadi maka matanya akan terlihat berair, belekan, mata memerah, bengkak atau yg lainnya.

Hal tadi adalah beberapa penyakit mata yang sering diderita sang si meong kecil kita.

Sebagai galat satu primadona hewan peliharaan, kucing ini memang mudah terjangkit penyakit dan banyak sekali perkara yg diakibatkan oleh virus.

Sehingga, kalian harus merawatnya menggunakan baik dan super ekstra supaya si meong kecil kesayangan kita selalu sehat walafiat.

Berkaitan menggunakan hal tersebut, tidak hanya kucing berdasarkan suatu ras saja yg harus kalian perhatikan, melainkan kucing kampung maupun domestik juga wajib diperlakukan menggunakan sama.

Sebab, hal tadi buat memastikan jika kita menjadi manusia supaya permanen sehat. Karena tidak dipungkiri jika masih ada beberapa penyakit yang ditularkan oleh si cantik satu ini.

Pada kucing sendiri, penyakit mata yg menyerangnya akan menyebabkan mata kucing itu berair. Dan dibutuhkan beberapa perawatan spesifik pada setiap jenis penyakitnya.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi mata kucing berair. Perhatikan baik-baik ya.

Penyebab menurut mata si meong berair ini sendiri nir hanya disebabkan karena satu kasus saja, sebab hal syarat mata misalnya ini disebabkan oleh beberapa hal baik karena lingkungan ataupun internal tubuh kucing sendiri.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah merupakan penyebab dari mata kucing berair, diantaranya:

1. Produksi mata air yang berlebihan

Yang pertama yaitu ditimbulkan adanya produksi air mata yang berlebihan pada kucing. Hal tadi disebabkan mata kucing ini tengah menyesuaikan diri menggunakan adanya bulu yg terdapat pada area mata si meong.

Untuk penyebab yang satu ini serta cara buat mengatasinya jua tak perlu kalian khawatirkan, karena hal tadi merupakan hal yang telah biasa.

2. Mata terluka sebab tergores

Penyebab mata kucing ini berair yaitu sebab mata kucingnya tergores benda sehingga menimbulkan luka dalam mata yang tak kunjung sembuh.

Serta hal tersebut dapat menyebabkan peradangan yang terjadi pada konjungtiva.

Luka yang ada pada mata ini akan menyebabkan si meong merasa sangat perih dan panas.

Dan otomatis mata si meong akn terus-terusan mengeluarkan air yang bertujuan untuk menteralisir rasa  sakit yang dirasakan.

Biasanya luka ini didapatkan pada ketika si meong tidak sengaja tergores benda asing atau pada ketika ia berkelahi menggunakan sesamanya.

Selain hal tersebut, mata berair ini juga bisa dikarenakan adanya virus atau bakteri yang bernama Veline Chylamidhopila.

Di mana bakteri tadi masuk ke dalam luka mata.

Dan apabila luka tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan menyebabkan kebutaan terhadap mata si meong.

3. Cacing mata

Penyebab yg satu ini relatif berbahaya, dan buat mengatasinya pun diperlukan keakhlian spesifik.

Di mana cacing mata ini sendiri sanggup sebagai salah satu penyebab berdasarkan mata kucing berair.

Jenis cacing yg mengakibatkan mata berair ini bernama Thelazia Californiensis pada mana cacing ini akan menyerang mata kucing serta sangatlah berbahaya.

Cacing yg menyerang mata ini mudah buat kita lihat dengan mata telanjang.

Dan jika kucing kalian didapati ada cacing di matanya, maka kalian harus segera membawa si meong ke dokter fauna buat segera memperoleh penanganan yg sahih.

Sehingga, cara untuk mengatasi mata berair dalam kucing yang ditimbulkan adanya cacing mata hanya mampu dilakukan oleh seorang dokter.

Jangan kalian biarkan terlalu usang si cacing hinggap pada mata kucing kalian, sebab cacing ini cepat bertelur dan akan mengeluarkan larva yg bisa dimakan oleh lalat. Serem ya?

Cacing ini pula menjadi penyebab primer pada peradangan yg terdapat pada selaput mata.

4. Nasolaccrimal Occlusion

Nasolaccrimal Occlusion merupakan suatu gangguan yang terjadi pada organ mata pada mana akan menyebabkan mata si meong akan terus menerus mengeluarkan air.

Di dalam organ mata terdapat sebuah organ lain yang mana akan mengatur bagian mengeluarkan air mata apabila diharapkan.

Namun, apabila organ tadi sudah terjadi gangguan, maka mata tadi akan terus menerus mengeluarkan air tiada henti.

5. Radang paru dalam si Meong

Jika si meong kesayangan kalain terjangkit radang paru, maka akan secara otomatis si meong mengeluarkan air mata dengan kadar yang sangat banyak.

Radang paru yg diderita oleh si meong sendiri akan membikin si meong terus-menerus bersin, pilek dan akan kesulitan bernafas.

Radang ini sendiri dikarenakan adanya virus Chlamidia Psitacii yang juga bisa menular ke kucing yang lain.

Sehingga, jika kucing kalian terjangkit virus tadi segera sisihkan kucing kalian menggunakan kucing yang lain serta segera bawa ke dokter.

6. Terkena virus herpes

Penyebab mata kucing berair selanjutnya merupakan adanya serangan virus herpes.

Virus herpes ini akan membuat mata kucing bengkak, berair, kemerahan serta akan monoton mengeluarkan air.

Kadang kali virus herpes ini akan menyerang dalam satu mata saja.

Kucing yg jua tengah mengalami stress jua akan semakin menciptakan virus ini cepat menyebar ke semua tubuh.

Kucing yg telah terserang virus herpes ini umumnya akan cenderung menghindar dalam sinar mentari .

Penyebab berdasarkan mata kucing berair yang diakibatkan oleh virus ini penangannya memerlukan kewaspadaan yang tinggi.

Sebab, kalian jua perlu untuk membersihkan air dalam mata kucing ini tetapi jangan terlalu kemarau, sebab mata kucing jua membutuhkan kelembaban.

7. Painful eyes

Kasus painful eyes sendiri juga akan mengakibatkan mata si meong akan mengeluarkan air secara berlebihan.

Yang mana pada mata si meong ini akan nampak sangat mengantuk serta apabila mata si meong kita sentuh, maka si meong akan merasa kesakitan.

Dan biasanya, kucing yang menderita painful leyes ini juga akan menghindari sinar matahari maupun cahaya.

Perilaku si meong pun akan berubah, yang mana si meong akan tak jarang terlihat sedang menggosok matanya atau bahkan mereka akan mencakar mata mereka.

Tak hanya itu saja, pada mata si meong jua akan ada nictating membrane atau kelopak mata ke-3 pada bagian pada sudut matanya.

Penyebab utama dari painful eyes ini merupakan karena si meong terkena penyakit glukoma ataupun uveitis.

8. Cuaca atau suhu dingin

Perlu kalian ketahui, bila kucing merupakan salah satu hewan yg suka sekali dengan suhu yg hangat.

Sehingga, bila si kucing ini berada pada pada ruangan yang dingin atau sedang memasuki cuaca dingin, mata si meong ini akan berair.

Sehingga, buat kalian yang di dalam rumah menggunakan air conditioner atau ac ini jangan terlalu sering menghidupkannya.

Selain akan mengakibatkan mata si meong akan berair, tetapi sekaligus akan menciptakan si meong ini nir betah pada berada di pada tempat tinggal .

Perkiraan suhu yg sempurna buat si meong supaya tetap hangat serta membiarkan si meong buat memperoleh sinar matahari yg cukup supaya tubuhnya akan permanen merasa hangat.

9. Terkena cairan kimia

Seperti yg telah kita ketahui, kucing merupakan keliru satu jenis hewan yang mempunyai rasa ingin ketahuan yang tinggi. Terlebih terhadap benda atau hal yang baru saja mereka lihat.

Maka sering kali si kucing akan mengalami kecelakaan yang menyebabkan cidera dalam matanya, keliru satunya karena terkena bahan maupun cairan kimia.

Apabila mata si meong ini telah terkena cairan kimia meskipun sedikit, tentu saja hal tersebut sanggup menciptakan mata si meong ini berair & akan memerah.

Apabila mata kucing telah terkena cairan kimia, umumnya mereka akan reflek mengeong serta akan segera menggosok-gosokkan matanya.

Untuk cara mengatasinya, kalian wajib cepat-cepat membersihkan mata si meong menggunakan menggunakan air yg mengalir.

Upayakan untuk memakai air yg yang tidak terlalu deras.

10. Kelainan bawaan

Kelainan bawaan pula dapat sebagai galat satu penyebab mata pada kucing kalian berair.

Apabila hal tadi terjadi dalam kucing kesayangan kalian, maka nir poly hal yang sanggup kalian lakukan, sebab memang sudah ada kelainan bawaan yg umumnya tidak mampu disembuhkan.

Apabila si meong ini terserang penyakit bawaan, maka akan lebih baik jika kalian konsultasi kepada dokter hewan agar paham tentang bagaimana cara buat merawat penyakit bawaan itu.

11. Pertumbuhan rambut mata yang tidak normal

Bulu atau rambut dalam kucing pada umumnya akan selalu tumbuh ke atas atau keluar.

Tetapi, masih ada beberapa kucing yg di mana mengalami kelainan dalam bulu khususnya pada bagian mata kucing.

Bulu tadi akan tumbuh secara melengkung serta masuk ke pada area mata.

JIka hal tersebut terjadi dalam si meong, maka otomatis akan menciptakan si meong mengeluarkan air mata monoton.

Cara Mengobati Mata Kucing Berair

kenapa mata kucing berair

Lantaran ada poly ragam menurut penyebab mata berair pada si meong, maka cara buat mengatasinya pun berbeda-beda.

Ada yg bisa pribadi kita lakukan sendiri, juga terdapat yang harus kita larikan ke dokter fauna.

Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips untuk mengatasi mata berair pada kucing secara umum, diantaranya yaitu:

1. Memisahkan sangkar kucing

apabila kalian memelihara lebih menurut satu kucing, maka hal pertama yg wajib kalian lakukan bila masih ada keliru satu kucingnya mengalami mata berair merupakan memisahkan kandanganya menggunakan kucing yang lain.

Sebab, beberapa virus yang menyebabkan mata berair ini dapat menular ke sesama kucing.

Sehingga, kalian harus mengkarantina si meong yang tengah sakit ini. Berikan perhatian lebih pada si meong dan lakukan perawatan yang optimal.

Memisahkan kandang ini pula akan membantu mata si kucing agar terhindar berdasarkan bulu rekan kucingnya yang lain.

Baca juga: Mainan Kucing.

2. Membersihkan kotoran dalam mata kucing

Membersihkan kotoran pada mata si meong ini sangat krusial buat dilakukan, karena bertujuan untuk memperjelas penglihatan si meong itu sendiri.

Untuk mata berair, umumnya akan membuang kotorannya sendiri dengan air mata yang berlebihan, sehingga membuat mata si meong tidak bisa terbuka.

Bahkan tak hanya kotoran yang terdapat dalam mata berair ini, namun jika kondisinya telah terlampau para maka terdapat nanah jua pada dalamnya.

Cara buat membersihkan kotoran ini relatif dengan memakai kapas lembut yang sudah kalian beri air, lalu usapkan kepada mata si kucing.

Untuk mencegah beberapa keluhan mata, kalian jua perlu untuk memastikan bila nutrisinya si meong sudah terpenuhi. Termasuk di dalamnya adalah nutrisi yang baik buat kesehatan mata.

Pakailah air yg hangat supaya bisa membersihkan kotoran di mata kucing menggunakan lebih gampang, serta si kucing pun akan merasa nyaman.

3. Memberikan obat tetes Mata Kucing Berair

Ada beberapa jenis obat tetes mata yang beredar dipasaran, bisa kita pilih & pakai sinkron menggunakan kebutuhan dan jenis sakit yg diderita si meong mini . Obat Tetes mata itu diantaranya :

Cristal eyes

Caranya sangatlah sederhana. Kita cukup menteteskan obatnya ke mata si meong dengan takaran yang dianjurkan, antara 1 - 4 Tetes.

Dan perlu kalian catat, jika kalian dihentikan buat memberikan obat tetes mata manusia kepada kucing.

Sebab hal tersebut akan menyebabkan mata si kucing bengkak & malah akan menyebabkan iritasi.

Stop Eyes

Salah satu obat tetes mata yg banyak direkomendasikan sang para pecinta kucing adalah brand ?Stop eyes?.

Obat tetes mata ini sangat manjur digunakan buat kasus iritasi mata pada si meong, tetapi nir terlalu manjur buat mengatasi mata berair dalam kucing yg mempunyai gen mata berair.

Stop eyes diklam mampu menyembuhkan iritasi, peradangan dan infeksi inflamasi yang terjadi pada pada jaringan mata.

Komposisi:

gentamichyn sulphate 2 mg

    dexamethasone 0,5 mg

Harganya pula nisbi murah, hanya dibandrol seharga RP 28.000/ botol kecil

Trixin

Trixin adalah brand obat tetes mata selanjutnya di mana mempunyai manfaat yg hampir sama dengan produk stop eyes.

Produk ini pula sama-sama mengklaim bila produk ini mampu meredakan infeksi terhadap mata, mengurangi serta menghentikan belek, mata merah dan aneka macam penyakit mata yang lainnya.

Harga menurut produk ini lebih murah apabila dibandingkan dengan merk sebelumnya, kalian relatif mengambil kocek Rp 14.00/ botol mini supaya mampu mendapatkannya.

4. Membawa ke Dokter Hewan

cara mengobati mata kucing berair

Seperti yg sudah dikatakan sebelumnya, bila kucing kalian terserang cacing dalam matanya, maka kalian wajib segera membawanya ke dokter hewan.

Sehingga apabila memang mata si meong kalian berair secara berlebihan dan menerangkan gejala ke arah komplikasi.

Maka cara yang paling sahih merupakan membawanya ke klinik hewan terdekat agar segera memperoleh perawatan yang sempurna.

Dan jangan sekali-kali kalian membiarkan mata berair dalam kucing kalian terlalu usang, sebab virus yang menyerangnya dapat membuatnya mengalami kebutaan!

Tak hanya itu saja, penyakit mata semacam tumor pula harus bisa terdeteksi sedini mungkin agar si kucing mampu eksklusif ditangani menggunakan cepat & sempurna.

Tumor yg ada pada mata kucing ini akan menyebabkan mata si meong membesar secara tak normal.

Serta jika kita pisahkan akan menciptakan kucing kesulitan membuka matanya dikemudian hari.

Memang cara mengatasi mata berair dalam kucing paling tepat adalah membawanya ke dokter fauna!

Lima. Menjauhkan benda yang dievaluasi berbahaya

Yang terakhir adalah menggunakan cara menjauhkan berbagai benda yg sekiranya berbahanya. Karena kucing senang bermain-main, apa saja benda yg ada dirumah tidak luput dari perhatiaan. Kucing pula punya keingin tahuan yg besar terhadap benda-benda yg baru. Jadi hati-hati bila meletakan benda berbahaya buat binatang & insan.

Sebagai model carian kimia yg ada di pada pembersih lantai atau benda tajam.

Sebab si meong mini ini pula suka sekali bermain serta kadang pada ketika bermain, dia mampu menabrak benda-benda pada sekitarnya.

Sehingga dikhawatirkan akan menciptakan mata si meong terkena cipratan cairan kimia atau tergores benda asing yg berbahaya bagi matanya.

Jika sudah begini, penanganan sedini mungkin perlu dilakukan, karena mata berair ini ada juga yang dapat menyebabkan kebutaan.

Demikian yang bisa Aneka-peliharaanhias share tentang penyebab anak kucing yang sakit mata berair dan cara mengatasinya. Semoga berguna, buat merawat kucing kesayangan anda. Terimakasih.

Post a comment

0 Comments