CARA MUDAH DAN AMAN MENINGKATKAN WARNA DAN JENONG IKAN LOUHAN KESAYANGAN

Aneka-Peliharaanhias----Ikan Louhan atau dikenal juga dengan nama Flowerhorn, merupakan salah satu ikan yang paling populer di Indonesia. muncul dari perairan Malaysia pada tahun 1993. Dan kemudian dikembangkan terus menerus hingga menghasilkan warna yang berbeda dan spesiesnya. Pengembangan yang penuh antusias tersebut didasari pada keyakinan bahwa ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias yang sangat menarik dan indah, serta dipercaya memberikan hooky (keberuntungan) pada pemiliknya. Nama louhan juga diambil dari kata Bahasa China; Hua Louhan  yang artinya dewi pelindung. Sehingga Ikan Louhan banyak yang mempercayainya memiliki kekuatan khusus sebagai pelindung bagi siapa saja yang memeliharanya.

Menurut pengalaman penulis, memelihara ikan hias Louhan itu termasuk  gampang-gampang susah. Gampang karena ikan Louhan termasuk ikan hias yang bandel dan tidak rewel dalam segala kondisi air dan pakan. Ikan louhan dapat terus hidup dalam rawatan yang sangat minimal sekalipun. Susahnya jika kita ingin mendapatkan kualitas keindahan dan keunggulan maksimal ikan Louhan kesayangan kita, keunggulan ikan louhan seperti keindahan warnanya dan corak motif sisik tubuhnya (marking, mutiara, warna). Jenong atau dahi yang besar yang merupakan ciri louhan berkualitas.

Sering terjadi Louhan yg telah kita beli yg sebelumnya sangat latif dan berkualitas, tetapi begitu masuk aqurium pada rumah datang-datang berubah. Warna sebagai pudar (pucat), jenong seperti mengempes turun. Tentunya ini akan membuat kita merasa kesal & ikan Louhanpun terlihat misalnya tidak berharga lagi. Nah buat mengatasi hal tersebut di sini admin akan mencoba membahas tentang Cara Menambah Warna dan Jenong atau Jidat (Nongnong) Pada Ikan Louhan. Berikut ulasanya.

Cara Menambah Warna Pada Ikan Louhan

Secara umum buat menambah rona & kualitas kecerahan warna ikan Louhan kesayangan anda bisa dilakukan menggunakan memperhatikan hal-hal berikut ini;

Makanan/pakan

Salah satu yang mempengaruhi kuwalitas warna ikan Louhan adalah makananya. Karena ikan louhan yang tumbuhnya kurang maksimal akan memiliki warna yang pucat yang lama kelaman akan memudar. Makanan yang dipercaya mampu memberi kwalitas warna pada ikan Louhan adalah pakan yang banyak mengandung sepirulina, ini banyak terkandung dalam udang dan  telur udang, cacing darah, serta hati sapi karena juga mengandung banyak karotin. Pakan Pelet buatan pabrik juga bagus karena mengandung komposisi lengkap nutrisi untuk Louhan. Pilih pakan yang spesial meningkatkan dan mencerahkan warna Louhan secara aman, biasanya para produsen Pakan Louhan akan memasang lebel dalam kemasan yang betuliskan formula Hyper Red, Red Up atau Colour enacour.

Kerikil atau Batu

Beberapa hobiis acapkali menyarankan supaya menaruh dasar akuarium berupa kerikil berwarna terperinci, misalnya merah dengan asa akan memicu warna ikan. Namun anugerah batu-batuan berwarna pada dasar aquarium perlu dipertimbangkan karena, perlu jua diketahui bahwa indukan asli ikan luohan dari menurut lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga nir tertutup kemungkinan anugerah dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tadi sulit menyesuaikan diri dan menjadi tertekan.

Beta Karoten

Untuk memicu warna, berikan pakan yang memiliki kandungan beta karoten, atau astaxhantin tinggi. Bahan ini tidak dapat diproduksi oleh ikan, sehingga perlu ditambahkan pada pakannya. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa bahan ini hanya akan digunakan oleh ikan seperlunya saja. Pemberian yang berlebihan akan dibuang oleh ikan dalam bentuk kotoran (faeces). Komposisi yang yang pas untuk makanan ikan Louhan berupa pelet adalah yang mengandung zat-zat vitamin dan unsur-unsur seperti ; Protein khusus ikan(Fish Protein), Fish Meal, Egg yolk, Wheat germ, Dried yeast, Wheat flour,. Soybean, meal, shrimp paste, while shrim, Enzym protein, Protesea. Organic Mineral 16 Vitamin and natural color. Juga diberikan tambahan khusus berupa; shrimp meal, Blodd worm, Spirulina. Betacarotine, Astaxantine algae.

Lampu UV

Untuk memicu rona dalam ikan Louhan bias pula dilakukan dengan cara memasang Lampu UV pada Akuarium. Lampu-lampu ini berfungsi buat memicu pertumbuhan kilat warna pada tubuh ikan louhan. Sebaiknya Lampu UV tidak dinyalakan terus menerus sepanjang hari, karena apabila dinyalakan terus menerus, ikan louhan akan terangsang untuk terus bergerak tanpa istirahat & ini mengakibatkan ikan mengalami kelelahan secara fisik. Selain itu juga panas yang ditimbulkan cahaya lampu UV dapat mengurangi kandungan oksigen pada air aqurium lantaran menguap dampak panas yang berlembihan.

Cara Meningkatkan Jenong/ jidat Pada Ikan Louhan

Secara umum untuk meningkatkan dan membesarkan jidat / Jenong ikan Louhan kesayangan anda dapat dilakukan dengan memperhatikan dan melakukan hal-hal berikut ini;

Pemberian makanan/ Pakan

Kemudian buat menambah jidatnya bisa dilakukan menggunakan cara memancing amarah atau memberi pakan spesifik. Dengan memancing marah, seluruh sirip dan otot dalam ikan louhan dapat mengencang. Sehingga bisa memcancing Nongnong keluar. Kemudian apabila ingin memakai makan, maka wajib memberi makan yg banyak mengandung lemak dan protein karena pada dalam nongnong louhan sendiri merupakan loka penyimpanan jaringan otot lembut dan lemak sehingga apabila memberi makan tersebut maka pertumbuhan daging & lemaknya akan bertambah sebagai akibatnya merangsangnya peningkatan pertumbuhan jenong jidat ikan Louhan.

Cermin

Sebagian hobbis pencinta ikan hias Louhan ini percaya bahwa dengan memberikan rangsangan terhadap insting menyerang ikan, dapat memicu pertumbuhan jenong ikan Louhan. Karenanya perlu sekali-sekali ikan Louhan saling berhadapan buat bertarung dengan kaca yang disekat. Para hobbis kebanyakan menggunakan cermin buat menciptakan ikan louhan marah & merasa misalnya bertarung, dengan bayangannya dicermin Louhan merasa itu adalah ikan Lain yang berada pada wilayahnya. Karena menggunakan melihat cermin (gambarnya sendiri) ikan louhan akan marah dan menggunakan demikian bisa menciptakan jidat bertambah besar .

Vitamin

Selain makan berlemak & protein dapat pula dilakukan dengan cara memberi Vitamin dan mineral misalnya misalnya K3 atau bias menambahakan Valin, metionin, Ca-panthotenat, tripthopan, garam Na, k & Mg.

Air

Faktor terpenting menurut kesemua cara & perlakuan ikan Louhan di atas, baik cara menaikkan rona maupun Jenong adalah menjaga kualitas air yg sesuai buat ikan Louhan kesayangan kita. Pengalaman penulis sendiri, air sangat berpengaruh akbar terhadap penampilan ikan baik warna juga jenong, ikan louhan juga peka terhadap syarat air, terutama ikan Louhan yang memiliki Jenong tipe Air, akan sangat mudah sekali kempes dan mengecil apabila kualitas air aquarium tidak baik. Air sendiri sangat berpengaruh eksklusif terhadap vitalitas ikan Louhan, dimana kualitas air yg baik akan membuat ikan terlihat sehat dan bersemangat, sehingga mencarkan warna dan jenongnya secara maksimal . Pun kebalikannya kualitas air yg tidak baik sanggup menyebabkan timbulnya banyak sekali masalah, khususnya kasus gangguan kesehatan dalam ikan, yang tentu saja berimbas dalam penampilan ikan secara keseluruhan.

*) Catatan:

Pakan buatan dapat berupa pelet yang mengandung hormon atau pelet yang mengandung spirulina. pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah. Pemberian pakan buatan mempercepat perkembangan warna louhan. Banyak pakan/pelet buatan untuk Ikan Louhan yang beredar di Pasaran,  tinggal anda sendiri yang harus selektif memilih mana pakan yang cocok dan berkualitas untuk ikan Louhan kesayangan anda.

Aneka Macam pakan-pelet Buatan Pabrik Untuk Louhan

Perlu diperhatikan, hadiah pakan/pelet protesis hendaknya secukupnya saja & jangan berlebihan. Lantaran pada beberapa masalah anugerah pakan yg berlebihan bisa menimbulkan beberapa efek negatif yg berbahaya bagi Ikan. Misalnya, pertumbuhan yg nir proporsional ditubuh ikan karena lemak, keluarnya warna pada loka yg nir diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan bila over takaran bisa menyerang lever & menyebabkna kematian. Oleh sebab itu, anugerah pakan yg bervariasi akan mengklaim kecukupan asupan vitamin dan gizi yg diperlukan louhan.

Pakan yg paling pas buat menambah rona pada Ikan Louhan adalah pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing (Cacing tanah, cacing Sutra, cacing darah). Karena pakan alami kurang higienis, sebagian dicuci atau dibersihkan dari kuman dan bakteri sebelum diberikan kepada louhan, buat pakan menggunakan cacing menurut pengalaman penulis yg teraman merupakan memberikan pakan cacing beku saja.

Demikian cara mempertinggi rona dan jenong ikan Louhan Kesayangan anda, semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca juga sejarah & perkembangan Ikan louhan..!!

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber!

Gambar: Google

Post a Comment

0 Comments