28 Jenis Daftar Ikan Koi Beserta Gambar Ikan Koi Terbaru

Aneka-Peliharaanhias----Ikan hias koi yang biasa menghias kolam ditaman, adalah keliru satu jenis ikan hias air tawar yang terkenal, kepopulernnya sudah merambah keseluruh penjuru dunia. Ikan hias kolam ini dari berdasarkan Jepang & pada awalnya, ikan ini adalah ikan yang digunakan buat konsumsi. Namun, seiring berjalannya saat, ikan ini berkembangbiak & mempunyai poly variasi. Variasi-variasi yg timbul mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing pada bagian sisiknya. Oleh karena itu, ikan ini dimanfaatkan buat ikan hias. Untuk mengetahui apa saja jenis ikan koi, ini dia Aneka Peliharaan Hias ulas & tanmpilkan beberapa jenis ikan koi bersama gambar ikan koi.

1. Ikan Koi Kohaku

Gambar Ikan Koi kohaku

Kohaku adalah jenis ikan koi yg paling tua dan paling terkenal diantara jenis ikan koi lainnya. Kohaku ini mempunyai warna dasar putih solid yg dilapisi dengan rona merah. Kohaku yang berkualitas adalah kohaku yg memiliki rona yg cerah, warna dasar ikan tidak masih ada bercak noda, rona merahnya cerah, dan pola kombinasi warna putih & merah disepanjang tubuhnya.

Variasi dari ikan koi kohaku adalah Kohaku Doitsu, Kohaku Gin Rin, Kohaku Maruten, dan Kohaku Tancho .

2. Ikan Koi Sanke Taisho

Sanke Taisho atau biasa disebut Sanke merupakan salah satu jenis ikan koi yg memiliki rona dasar putih yang dikombinasikan dengan pola rona merah & hitam. Ikan koi Sanke dikatakan berkualitas apabila ikan ini mempunyai pola rona misalnya Kohaku, namun terdapat warna pelengkap yaitu rona hitam.

Gambar Ikan Koi sanke Taisho

Variasi dari ikan koi Sanke ini antara lain: Sanke Doitsu, Sanke Maruten, Sanke Tancho, dan Sanke Gin Rin Sanke.

3. Ikan Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih dikenal menggunakan nama Showa, adalah keliru satu jenis ikan koi yang mempunyai kombinasi warna dasar merah dan putih yang dilengkapi dengan rona hitam diatasnya. Kombinasi warna tersebut memiliki kesamaan dengan jenis ikan koi Sanke, sehingga hal ini menyulitkan kita untuk membedakan antara kedua jenis ikan koi tadi bila kita belum mengetahui secara detail tentang kedua jenis ikan koi tersebut.

Hal yg membedakan antara ikan koi Showa menggunakan ikan koi Sanke merupakan pola kombinasi warnanya. Ikan koi Showa mempunyai pola rona hitam disepanjang tubuh, sedangkan Sanke hanya masih ada diatas tubuh, dan lebih krusial buat bisa membedakan antara keduanya merupakan Showa mempunyai pola warna hitam di atas kepalanya, sedangkan ikan koi Sanke tidak.

Gambar Ikan Koi Showa Sanshoku

Variasi ikan Showa diantaranya adalah Showa Tancho, Showa Maruten, Showa Gin Rin, Showa Doitsu, dan Showa Kin.

4. Ikan Koi Tancho

Tancho merupakan jenis ikan koi yg paling populer pada kalangan para pecinta ikan koi, bahkan kepopuleran Tancho mengalahkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho memiliki warna dasar putih yang dihiasi dengan pola atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri dan penempatan pola warna merah pada kepalanya memilih kualitas ikan ini.

Gambar Ikan Koi Tancho

Variasi dari Tancho ini merupakan Tancho Gin Rin, Tancho Rin, dan Doitsu Tancho.

Lima. Ikan Koi Shiro Utsuri

Shiro Utsuri merupakan jenis ikan koi yg mempunyai warna dasar hitam yg dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas bila gabungan warna tadi masih ada di bagian kepala ikan. Jadi, rona di bagia ketua ikan harus berwarna hitam dan putih.

Gambar Ikan Koi Shiro Utsuri

Variasi ikan koi Shiro Utsuri ini antara lain: Shiro Utsuri Gin Rin, Shiro Utsuri Gin, & Shiro Utsuri Doitsu.

6. Ikan Koi Hi Utsuri

Hi Utsuri hampir mirip dan bersaudara dengan kan koi Shiro Utsuri, merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange pada saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Gambar Ikan Koi Hi Utsuri

Variasi menurut Hi Utsuri antara lain: Hi Utsuri Gin Rin & Hi Utsuri Doitsu.

7. Ikan Koi Ki Utsuri

Ki Utsuri merupakan keliru satu famili Utsuri yg paling langka. Jenis ikan ini memiliki kombinasi warna kuning dengan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kecenderungan kreteria menggunakan Shiro & Hi Utsuri.

Gambar Ikan Koi Ki Utsuri

Variasi menurut Ki utsuri adalah Ki Utsuri Gin Rin & Ki Utsuri Kin.

8. Ikan Koi Asagi

Asagi merupakan jenis ikan koi yg mempunyai pola jaring berwarna biru pada bagian atasnya. Di bagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, dan tubuhnya terdapat warna merah atu orange. Pola rona merah atau orange tersebut akan berkembang atau semakin besar seiring dengan usia ikan.

Gambar Ikan Koi Asagi

Ikan ini masih termasuk ikan yang mempunyai harga yang mahal. Ikan ini sanggup dijual dengan harga mencapai lima Juta Rupiah buat ikan koi asagi dewasa, yg tentunya memiliki corak rona unik & menarik, dan tentunya tidak mengalami kecacatan.

Variasi ikan Asogi antara lain: Asagi Gin Rin dan Hi Asagi .

9. Ikan Koi Shusui

Shusui merupakan ikan koi yang mempunyai kombinasi warna seperti Asagi. Hal yang membedakan adalah pola yg masih ada pada bagian atas punggung ikan. Ikan Asagi memiliki pola misalnya jaring berwana biru, sedangkan Shusui memiliki pola garis yg sebagian didominasi hitam abu-abu di sepanjang punggung ikan. Dibagian perut, insang, dan sirip Shusui nir terdapat perbedaan yakni terdapat pola warna merah atau orange terang yang sangat menarik & latif.

Gambar Ikan Koi Shusui

Variasi menurut Shusui merupakan: termasuk Gin Rin Shusui dan Hi Shusui.

10. Ikan Koi Matsuba

Matsuba mempunyai warna dasar yg berbeda-beda. Gin Matsuba memiliki warna dasar putih, Ki matsuba mempunyai warna dasar kuning, & aka Matsuba memiliki rona dasar merah. Tetapi, semua ikan koi Matsuba mempunyai pola jaring di punggungnya yg berwarna biru.

11. Ikan Koi Orgon Platinum

Orgon Platinum atau sering jua dianggap menggunakan Orgon Purachina mempunyai rona putih tanpa masih ada kombinasi warna lainnya & rona putih jernih di bagian kepala ikan menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi ikan koi Orgon Platinum merupakan Orgon Platinum Gin Rin & Orgon Platinum Doitsu.

12. Ikan Koi Ogon Yamabuki

Ogon Yamabuki mempunyai pola rona yang sama menggunakan keluarga ogon. Ikan ini mempunyai warna kuning & bagian kepala berwarna kuning higienis yang menandakan kualitas ikan tersebut.

Variasi berdasarkan Ogon Uamabuki antara lain: Ogon Yamabuki Gin Rin & Ogon Yamabuki Doitsu.

13. Ikan Koi Kujaku

Kujaku memiliki warna dasar putih yg dihiasi menggunakan pola jaring berwarna hitam dan pola merah atau orange atau kuning yang menutupi sebagian pola jaring tadi.

Variasi berdasarkan Kujaku diantaranya: Kujaku Doitsu, Kujaku Tancho, dan Kujaku Maruten.

14. Ikan Koi Hariwake

Hariwake memiliki rona dasar putih solid yg dikombinasikan menggunakan pola warna merah atau orange. Warna putih yg dimiliki oleh Hariwake tidak selaras dengan rona putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke. Warna putih Hariwake terlihat lebih cerah dibandingkan menggunakan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke.

Variasi menurut Hariwake antara lain adalah Hariwake Tancho, hariwake Gin Rin, dan Hariwake Doitsu (dikenal pula dengan nama Kikusui).

15. Ikan Koi Tancho Kikusui

Gambar ikan Tancho Kikusui

Meskipun secara teknis ikan Tancho Kikusui adalah versi last menurut Doitsu berdasarkan Hariwake, ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi rona merah atau orange ini lebih tak jarang disebut menjadi Kikusui. Tancho Kikusui merupakan satu-satunya variasi Kikusui.

16. Ikan Koi Kumonryu

Gambar Ikan Koi Kumonryu

Ikan Koi Kumonryu merupakan salah satu jenis ikan koi yg juga dianggap paling menarik & unik pada antara jenis koi lainnya. Karena pola kombinasi rona bisa berubah-ubah dan pola kombinasi warna yang dimiliki merupakan rona abu-abu atau putih menggunakan warna hitam.

17. Ikan Koi Kumonryu Beni

Kumonryu Beni merupakan ikan koi yg masih dalam famili Kumonryu. Sma halnya menggunakan Kumonryu, Kumonryu Beni juga mempunyai keunikan yaitu pola warnanya bisa berubah-ubah sepanjang hidupnya.

Gambar Ikan Koi Kumonryu Beni

Namun, hal yang membedakan adalah kombinasi warna yg dimiliki antara keduanya. Kumonryu hanya mempunyai waran abu-abu atau putih dengan kombinasi warna hitam, sedangkan Kumonryu Beni memiliki kominasi rona abu-abu atau putih, hitam, & merah.

18. Ikan Koi Chagoi

Chagoi memiliki warna coklat atau perunggu menggunakan pola jaring-jaring pada bagian punggungnya. Pola jaring-jaring pada bagian punggungnya mempunyai rona yang hampir sama dengan rona dasar ikan. Meskipun pola jaring-jaringnya mempunyai rona yg hampir serupa, pola jaring tersebut masih terlihat kentara lantaran polanya terlihat timbul.

Gambar Ikan Koi Chagoi

Variasi menurut Chagoi termasuk Gin Rin Chagoi & Doitsu Chagoi.

19. Ikan Koi Soragoi

Soragoi memiliki kecenderungan dengan Chagoi, yakni masih ada pola jaring halus di bagian punggungnya. Hal yg membedakan menurut keduanya adalah warna yg dimilikinya. Soragoi memiliki rona abu-abu atau perak, sedangkan Chagoi mempunyai warna coklat atau perunggu.

Gambar Ikan Koi Chagoi

Variasi dari Soragoi termasuk Gin Rin Soragoi dan Doitsu Soragoi.

20. Ikan Koi Shigure Ochiba

Shigure Ochiba atau sering diklaim dengan Ochiba memiliki kombinasi warna cokelat/rona perunggu-nya Chagoi menggunakan perak/ abu-abunya Soragoi. Apabila diterjemahkan pada bahasa Indonesia, Shigure Ochiba mempunyai arti daun demam isu gugur jatuh pada atas air.

Variasi dari Ochiba termasuk Ochiba Gin Rin & Ochiba Doitsu.

21. Ikan Koi Goromo

Goromo yang, pada dasarnya, Kohaku dengan tepi biru atau hitam dibubuhi ke masing-masing skala merah. Ada 3 sub jenis Goromo: Budo Goromo mempunyai tepi biru pada luar timbangan yang membentuk imbas cluster anggur-misalnya; Ai Goromo memiliki tepi biru hanya pada bagian dalam timbangan merah; Sumi Goromo mempunyai tepi hitam dalam timbangan yang dapat membuat pola muncul hampir sepenuhnya hitam.

Gambar Ikan Koi Goromo

Variasi dari Ikan Koi Goromo termasuk Tancho Goromo & Maruten Goromo.

22. Ikan Koi Goshiki

Goshiki adalah koi menggunakan dasar putih solid dengan pola hitam dan merayap biru, & merah dan hitam overlay warna putih, hitam & biru dasar. Goshiki diterjemahkan menjadi ?Lima rona?.

Gambar Ikan Koi Goshiki

Variasi berdasarkan Goshiki termasuk Gin Rin Goshiki dan Tancho Goshiki.

23. Ikan Koi Kin Kikokuryu

Kikokuryu adalah ikan koi dengan dasar putih dikombinasikan dengan daerah hitam pada pada satu baris sisik, sepanjang bagian belakang luar baris, & pada ketua di lebih kurang mata & hidung. Kikokuryu umumnya dianggap versi metalik Kumonryu.

Gambar  Ikan Koi Kikokuryu

Kin Kikokuryu menggabungkan oranye atau kuning menggunakan pola hitam dan putih Kikokuryu buat membentuk aneka macam terbaru menurut koi di industri.

24. Ikan Koi Slayer

Sudah niscaya ikan ini mempunyai sirip dan ekor yg panjang menjuntai, relatif poly jenis koi slayer, namun yang paling banyak dicari pada pasaran adalah jenis Kumpay Slayer & Platinum Slayer.

Ikan Koi Kumpay Slayer

Harga kedua jenis tadi tidak sama cukup jauh, buat jenis platinum slayer lantaran relatif sulit buat mendapatkannya harganya relatif tinggi.

Sedangkan buat jenis Kumpay Slayer masih memiliki harga yg setara dengan jenis ikan koi lainnya, berikut adalah daftar harga lengkapnya mulai dari ikan koi anakan hingga ikan yang sudah dewasa.

25. Ikan Koi Black Dragon

Jenis ikan koi ini sangat langka. Ikan Koi Black Dragon, itulah nama panggilan buat ikan yang termasuk memiliki harga sangat mahal ini. Ikan yg mempunyai rona sangat menarik ini dalam umumnya mempunyai kombinasi warna seperti merah, putih, dan hitam keabu-abuan.

Gambar Ikan Koi Black Dragon

yg membuat ikan koi black dragon ini menarik dan sebagai sangat mahal, karena indukan ikan ini berasal berdasarkan ikan pilihan dan nir memiliki stigma sedikitpun, serta coraknya yang unik dan tidak selaras dengan ikan koi dalam biasanya.

26. Ikan Koi Bekko

Jenis ini mempunyai warna yang cukup elegan, menggunakan campuran warna dasar putih menggunakan corak berwarna hitam. Ikan ini sanggup tumbuh hingga mencapai 80 cm, ketika menginjak usia dewasa.

Gambar Ikan Koi Bekko

Ikan ini masih termasuk ikan yang memiliki harga yang mahal. Ikan ini mampu dijual dengan harga mencapai 5 Juta Rupiah buat ikan koi asagi dewasa apalagi yang sudah monster harga sanggup mencapai 2 kali lipat, tentu saja yang memiliki corak rona unik & menarik, dan tentunya tidak mengalami kecacatan fisik dan warnanya.

27. Ikan Koi Sanke

Sebenarnya koi ikan sanke dari berdasarkan output silangan secara salip antara koi fish Kohaku & koi Shiro Bekko. Hampir sama dengan Kohaku, kombinasi rona merah dan putih pula terdapat dalam jenis koi Sanke. Perbedaannya adalah adanya warna hitam di bagian belakang koi ini.

Salah satu kriteria koi Sanke yang baik merupakan memiliki pola merah di kepalanya, tetapi nir memiliki hitam di kepalanya. Warna Merah membentang antara mata, tapi tidak boleh menyentuh hidung & mulut, meninggalkan bagian putih dalam ujung tubuhnya.

Gambai Ikan Koi Sanke Sansai

Variasi dan tipe-jenis dari koi sanke adalah: Sanke Kuchibeni (Lipstick Pattern), Sanke Aka (Heavy red pattern), Sanke Subo sumi (Black pattern only on whiter skin), Sanke Maruten (crown on head pattern), Sanke Doitsu, Sanke Tancho, Sanke Gin Rin. Sanke Sansai

28. Ikan Koi Doitsu Hariwake

Koi Doitsu Hariwake memiliki warna menarik dan elegan. Tubuh cantik yang didominasi warna putih dan kuning keemasan sangat indah dipandang mata.Ikan Koi Doitsu Hariwake merupakanikan yang hampir mirip denganKoi kikusui, karakteristik daridoitsu hariwake sendiri cukup mewah karenan warnanya yang putih perak dengan kuning emas.Ikan ini juga memiliki sirip yang bewarna putih perak dengan ciri khas terdapat pada kelopak matanya yang putih dan kuning.

Gambar Ikan Koi Doitsu Hariwake

Demikian enis-jenis Ikan Koi serta daftar dan gambar 26 Jenis Ikan Hias Koi yang cantik dan menarik, bagaimana gan berniat memeliharanya?. ini sebagai salah satu ikan hias yang dapat dipelihara dikolam dan aquarium hias kita. Terimaksih sudah berkunjung ke blog sederhana ini. Terimakasih.

Sumber Gambar : Google dan koleksi pribadi

Post a comment

0 Comments