CARA MEMELIHARA BINATANG PELIHARAAN SUGAR GLIDER

Merawat-Sugar-Galder

Selamat malam teman & para hobis sekalian, Sebelum kita membahasa tentang cara memelihara hewan peliharaan Sugar Glider yang baik dan sahih berikut ini, alangkah baiknya apabila kita mengenal terlebih dahulu apa atau bagaimana sebenaranya hewan Sugar Glider tadi :

Berikut data-dan fakta tentang binatang kecil & lucu yang mulai banyak diperlihara hobis ini yaitu :

Nama Latin: Petaurus Breviceps

Asal lokasi : Indonesia, Australia, Papua.

Badan:12.7cm Ekor: 15cm

Berat: Jantan140g Betina120g

Umur Dewasa: Jantan 6bulan; Betina 8-12 bulan

lantaran umur 1 tahunpun telah dewasa kelamin..Permanen jangan dikimpoi dulu

Jumlah anak: 1-dua, bisa 3 ekor meskipun sporadis

Masa Hamil: 14-16 hari

Musim kimpoi: nir ada animo eksklusif

Makanan: Elm Sap, Pollen, Madu, Serangga.

Sugar glider adalah mamalia marsupial, seperti halnya kangguru. Mamalia marsupial hanya menghabiskan waktu yang singkat perkembangan di dalam perut ibunya dan sangat kecil pada saat lahir. Setelah lahir, bayi marsupial akan merangkak ke kantong ibunya dan pemberian makanan lewat susu ibunya dan terus tumbuh dan berkembang.

Sekilas berdasarkan bentuk paras mirip tikus, namun bila dicermati secara holistik badannya Sugar Glider ini akan tidak sama sekali menggunakan tikus, terutama waktu beliau bergerak & melompat yg akan terlihat seperti tebang.

Jenis-jenis Warna Sugar Glider:

Untuk di Indonesia, jenis rona Sugar Glider hanya terdiri berdasarkan Abu-abu (Black beuty/Grey),Cinnamons, dan Lions.

Dalam pemeliharaan Sugar Glider hal yg paling krusial diperhatikan adalah tentang kuliner dan hadiah nutrisinya, terutama bila kita memelihara sugar Glider berdasarkan mini , perlu kehati-hatian dalam memberikan makanan baby. Berikut beberapa makanan buat Sugar Glider :

  1. Makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran / buah-buahan seperti apel, wortel, ubi, pisang dll
  2. Boleh telur rebus, keju, dog/cat food
  3. Khusus untuk pelet cat food, pilih yg high protein..minimal 30% ke atas pilih yg bahan dasar ayam & magnesiumnya rendah jangan lebih dari 0,01% sebab merusak ginjal.
  4. Kalau pelet kitten food sebaiknya diberi minum yang banyak
  5. Sugar Glader butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc.

Untuk pemeliharan sugar Glader yang masih kecil ketika berusia di bawah enam bulan, perlu diberikan tempat perawatan yang mendukung kondisi hidup anakan sugar glader. Pengalaman penulis, melihat sugar glader yang masih kecil pada dasarnya membutuhkan rawatan ekstra perhatian dari induknya. Karena itu perlu kita berikan kantong seperti halnya kondisi tubuh dari induk sugar glader yang hangat dan berbulu lembut.

Peliharaan-Sugar-Glader, memelihara-Suga-Glader, Binatang-Sugar-Glader-SG

Buatkan kantong tempat sugar glader belindung dalam kandang yang tebuat dari wol (handuk) lembut. Karena sugar glader yang masih kecil memerlukan perlindungan dan kehangatan terutama ketika kondisi udara terasa dingin dan lembab. Di alamnya sugar glader yang masih kecil akan selalu berada dekat-dekat dengan induknya untuk mendapatkan kehangatan dan perlindungan dari cuaca yang terlalu ekstrim.

Lakukan pembersihan dan perawatan kandang secara rutin. Buang kotoran sugar glader dan bersihkan kandang dari jamur dan lumut yang sering tumbuh disekitar kandang.

Demikian cara memelihara dan merawat binatang peliharaan Sugar Glider yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat. Terimakasih.

Post a Comment

0 Comments