3 JENIS GOLONGAN IKAN CUPANG BERDASARKAN ALAM DAN HIDUPNYA

Aneka-Peliharaanhias---Siapa sih yang tidak kenal ikan hias cupang atau ikan hias Betta fish. Ikan Cupang yang dikenal dimasyarakat dan kalangan penghobii ikan cupang ini,  pada umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu :

A. Ikan Cupang Hias (betta splenden),

B. Ikan Cupang Aduan (mis. betta imbelis), dan

C. Ikan Cupang Liar-Alam (wild betta).

Ikan cupang merupakan keliru satu jenis ikan yg bertenaga bertahan hayati dalam saat usang walaupun ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit & tanpa adanya alat peredaran udara, ikan ini masih dapat bertahan hayati.

Berikut ini adalah Jenis Ikan Cupang :

A. Ikan Cupang Hias

Cupang hias, jenis nya macam- macam sesuai menggunakan bentuk-nya. Ini adalah cupang hias jenis serit. Cirinya sirip bergerigi & menjuntai panjang mirip sisir. Cupang ini berasal berdasarkan perairan Indonesia. Harganya mampu mencapai seratus ribu lebih rupiah, bila kualitasnya ekspor. Dan yg mirip burung merak ini, merupakan halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya sanggup mekar sampai 1/2 bulat.

Cupang hias terbagi sebagai 4, diantaranya :

1. Ikan Cupang Serit

jenis cupang serit

Jenis ini memiliki ciri husus berupa jeruji pada ekornya. Jenis cupang ini masih terbagi sebagai 4 bagian yaitu serit 1, serit dua, serit 3, dan serit 4.

Dua. Ikan Cupang Pelakat

3. Ikan cupang double tail

Maksudnya jenis ikan cupang ini memiliki ekor yang bercabang menjadi 2 bagian.

4. Ikan cupang halfmoon

jenis cupang halfmoon

Cupang jenis ini memiliki ciri khusus yaitu ekornya yg lebar misalnya kipas & kibatannya mencapai 180 derajat. Sampai seperti busur makanya dinamakan halfmoon.

Lima. Ikan cupang giant

Cupang jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, cupang jenis ini ukurannya sanggup mencapai 12 cm. Cupang ini adalah jenis cupang terbesar.

B. Ikan Cupang Aduan

Ciri-karakteristik generik cupang aduan antara lain : badannya full pressed body (ramping), kalo dipandang akurat ada cekungan halus menurut ujung badan hingga samping perut, sisik kecil2 tebal, bentuk dahi misalnya ikan arwana, ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus kedap (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, ketika sirip terkoyak/luka), pembawaannya low profile, (santai tapi waspada), Cupang contoh begini rata2 raja-tega pada medan laga, menyerang musuh tanpa ampun, kadang berakhir dgn kematian lawan.

C.Ikan Cupang Liar

Ikan cupang pada dasarnya merupakan ikan liar yang hayati pada rawa-rawa bahkan pada persawahan, karena keindahannya dan dapat pada adu maka sekarang banyak orang yang membudidayakannya. & kini telah poly persilangan dari berbagai macam cupang dan membuat jenis cupang baru.

Post a comment

0 Comments