Buah-Buahan Yang Cocok Di Tanam Di Pekarangan Rumah

Di pekarangan atau pada halaman rumah kita kadang kala belum kita manfaatkan, padahal jika kita mau menanam buah-buahan di pekarangan tempat tinggal , kita akan mendapatkan poly sekali keuntungan, seperti: kita bisa memanen buahnya, berakibat lebih kurang tempat tinggal kita sejuk dan rindang, bisa menghindari genangan air di kurang lebih rumah waktu demam isu penghujan tiba. Berikut ini adalah banyak sekali jenis butir-buahan yang cocok buat ditanam di pekarangan rumah kita:

1.  Mangga

Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera Indica . Pohon mangga mempunyai batang yang tinggi, yaitu lebih dari 5 meter, dan berdaun lebat. Tetapi sekarang ini mangga sudah dibudidayakan dengan media tabulampot sehingga tidak memerlukan lahan yang luas.

2.  Jambu Air

Jambu air memiliki nama ilmiah Syzygium Aqueum. Tinggi pohon jambu air antara 3 - 10 meter. Pohon jambu air bercabang-cabang dari pangkal hingga ujung pohon. Batang pohon jambu air berbengkok-bengkok. Buah jambu air bisa dimakan langsung tanpa perlu dikupas terlebih dahulu.

3.  Jambu Biji

Jambu biji memiliki nama ilmiah Psidium Guajava.  Jambu biji memiliki tinggi sekitar 4 - 10 meter. Batang pohon jambu biji ini licin, berwarna coklat kehijau-hijauan, kulit batang mudah mengelupas.

4.  Pepaya

Nama ilmiah dari pepaya adalah Carica Papaya. Batang pohon pepaya tegak lurus ke atas. Batang pohon pepaya berongga. Pohon pepaya banyak ditanam orang. Buah dari pohon pepaya dapat di panen sekitar 10 - 12 bulan setelah ditanam. Pohon pepaya cocok ditanam di daerah tropis maupun sub tropis.

5.  Sawo

Sawo memiliki nama ilmiah Acrhras Zapota. Pohon sawo memiliki batang berwarna coklat,  dan bercabang-cabang. Buahnya berwarna coklat dan rasanya manis. Pohon sawo ini tergolong tahan terhadap kekeringan dan berdaun rimbun.

6.  Srikaya

 Annona Squamosa adalah nama ilmiah dari srikaya. Tinggi pohon srikaya ini antara 2 - 5 meter. Pohon srikaya tergolong tanaman yang berumur panjang. Pohon srikaya ini bercabang-cabang, permukaan batangnya kasar. Buah srikaya berbentuk bulat dengan memiliki banyak mata. Daging buahnya berwarna putih.

7.   Sirsak

Sirsak memiliki nama ilmiah Annona Muricata . Buah sirsak memiliki rasa yang manis asam. daging buah berwarna putih dan memiliki banyak biji. Kulit buah sirsak berduri dan memiliki aroma yang harum. Batang pohon sirsak berwarna coklat, permukaannya kasar, dan cabangnya ada yang mengarah ke atas dan ada pula yang menyamping (mendatar).

8.   Belimbing

Averrhoa Carambola adalah nama ilmiah dari belimbing. belimbing memiliki batang yang cukup besar, permukaan batangnya kasar, berwarna coklat, dan berumur panjang. Buah belimbing berwarna kuning kehijau-hijauan. Rasa buah belimbing ini manis keasam-asaman.

9.   Kedondong

Kedondong memiliki nama ilmiah Spondian Dulcis. Kedondong cocok ditanam di daerah tropis. Batang pohon kedondong ini keras dan kuat, serta berwarna coklat tua. Buah kedondong dapat dimakan dalam keadaan segar maupun dapat dijadikan manisan.

10. Rambutan

Nama ilmiah dari rambutan adalah Nephelium Lappaceum . Pohon rambutan berwarba coklat dengan bercak-bercak putih, permukaannya kasar, dan cabang pohon ada yang mengarah ke atas dan ada yang mendatar. Buah rambutan memiliki rambut di bagian luarnya, buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan berangsur-angsur menjadi kekuning-kuningan hingga merah ketika sudah tua.

Post a comment

0 Comments