Ragam Dan Jenis Buah Salak Di Indonesia

DhanyInfo™ - Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Akan tetapi asal usul salak yang pasti belum diketahui. Salak dibudidayakan di Thailand, Malaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke Filipina, Papua Nugini, Queensland dan juga Fiji.

Sebagian ahli menduga salak yg tumbuh pada Sumatra bagian utara dari dari jenis yang tidak sama, yakni S. Sumatrana Becc.. S. Zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. Zalacca berdasarkan Jawa & var. Amboinensis (Becc.) Mogea menurut Bali & Ambon.

Macam-macam salak

Berdasarkan kultivarnya, pada Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis pada bawah spesies. Beberapa yang terkenal pada antaranya merupakan :

1. Salak Sidimpuan menurut Sumatera Utara,

dua. Salak condet menurut Jakarta,

tiga. Salak pondoh dari Yogyakarta

4. Salak Bali berdasarkan Bali

Salak Pondoh

Salak pondoh merupakan kultivar yg dikembangkan berdasarkan populasi di lereng Gunung Merapi sisi tenggara & mulai dikembangkan dalam tahun 1980-an. Salak pondoh mempunyai karakteristik spesial daging butir yg anggun, garing, dan tidak sepat sewaktu belia. Buah ini sebagai salah satu simbol penting untuk kepariwisataan Yogyakarta.

Salak pondoh sendiri ada beragam lagi variannya. Beberapa yang terkenal pada antaranya merupakan pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading, pondoh nglumut yang ukuran besar , & lain-lain. Di daerah DIY, pusat pembuat salak pondoh ini adalah tempat lereng Gunung Merapi yg termasuk daerah Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Salak pondoh nglumut atau kerap jua dianggap salak nglumut, namanya diambil berdasarkan nama desa pembuat varietas salak unggul ini yaitu Desa Nglumut yang juga berada pada hamparan Merapi dan termasuk ke dalam daerah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kini perkebunan salak pondoh sudah meluas ke mana-mana, seperti ke wilayah Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas, Kuningan & lain-lain.

Ada beberapa macam salak lain yang dikenal pada Indonesia :

1. Salak condet , asalnya dari Jakarta. Ukurannya kecil, sedang, sanmpai besar. Warnanya coklat hingga kehitaman. Buahnya tebal, rasanya manis, agak kelat, hingga agak kesat.

2. Salak bali , berasal dari Sibetan, Bali. Ukurannya kecil hingga sedang. Warnanya coklat muda cenderung agak cerah, sisiknya jauh lebih halus, daging buahnya tebal, serta manis rasanya, dan teksturnya kering. Adapun bijinya kecil dan tunggal.

3. Salak gading dan salak kembang arum, kedua-duanya asalnya dari Jogja pula. Bisa dibedakan dengan salak pondoh, berdasarkan warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning-gading mengkilap, ukurannya sedang; serta, salak kembang arum coklat warnanya, ukurannya bermacam antara kecil, sedang, hingga besar.

4. Salak penjalinan , berasal dari Bangkalan, Madura. Kecil, coklat-kekuningan, dan rasanya manis, renyah, dan masir.

Post a comment

0 Comments