Bunga Pukul Empat Flora Identitas Provinsi Lampung

DhanyInfo™ - Bunga pukul empat asal Amerika Selatan ini mempunyai banyak warna, di antaranya merah, kuning, juga putih. Perbedaan warna antara satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya R= gen untuk bunga warna merah dan r = gen untuk bunga warna putih, jika keduanya disilangkana maka akan menghasilkan bunga warna merah muda.

Disebut sebagai bunga pukul empat karena umumnya mengembang saat pukul empat sore, hal itu dikarenakan adanya rangsangan cahaya, gerakan ini dinamakan dengan fotonasti. Tanaman ini termasuk dalam kelas Dicotyledones, yaitu kelas tumbuhan yg memiliki biji keping 2, memiliki kelopak dengan kelipatan 4 sampai 5, serta urat daunnya yang menjari. Selain menjadi tumbuhan hias, bunga ini berfungsi pula sebagai pembatas pagar. Kita sanggup menjumpainya pada dataran rendah maupun perbukitan yg poly mendapat sinar mentari .

Bunga pukul empat selain indah, pula mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Kandungannya yg berupa betaxanthis, zat asam lemak dan zat asam minyak dapat dipakai sebagai obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh air seni (diuretik). Selain itu, bunga yg memiliki nama binomial ''mirabilis jalapa'' ini sanggup meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, & kencing manis. Salah satu di antara manfaatnya yang sangat krusial bagi wanita merupakan bisa mengatasi keputihan, relatif rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum. Meskipun poly manfaatnya, perempuan hamil nir dianjurkan buat mengkonsumsinya dan buat perebusannya dihentikan memakai indera-alat yg terbuat menurut besi.

Batang yg dimilikinya adalah btg basah yg tingginya mencapai 20-80 centimeter. Kemudian daunnya berbentuk jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm menggunakan lebar 8 mm-7 centimeter. Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. Adapun tangkai daunnnya mempunyai panjang 6mm-6 cm. Bunganya sendiri seperti terompet & mempunyai poly warna misalnya merah, putih & lain-lain.

Buahnya yang keras berwarna hitam & berbentuk bundar mampu dibentuk sebagai bedak. Selain itu, flora ini pula mempunyai umbi berwarna coklat kehitaman menggunakan isi berwarna putih & berbentuk bulat memanjang dengan berukuran 7-9 cm berdiameter dua-lima cm.

Post a Comment

0 Comments