Cucak Kombo, Burung Eksotis yang Meramaikan Dunia Perburungan

Kabar terbaru nih buat kamu para penggemar burung! Ada satu burung yang lagi bikin ramai dunia perburungan, namanya Cucak Kombo. Mulai dari tahun 2014, dia udah jadi bahan perbincangan di kalangan hobiis burung, geng. Enggak cuma itu, suaranya juga indah banget dan bisa dipake buat ngeduet sama burung lain. Kayak artis duetan aja!

Si Cucak Kombo ini punya tubuh yang sepanjang sekitar 12-16 cm. Paruhnya panjang dan runcing, itu ciri khasnya yang beda dari burung lain. Katanya, dia suka ngisap madu dan ngemil serangga. Makanya, sering banget ketemu di hutan-hutan yang rindang deket sumber air, kayak hutan bakau atau hutan lebat di pinggir sungai. Ada juga yang bisa ketemu di perkebunan atau hutan tropis, loh!

Perbedaan Jantan dan betina

Nah, bedain jantan dan betinanya agak susah kalau burungnya masih muda. Soalnya warna bulunya mirip-mirip aja. Tapi kalau udah dewasa, bedanya keliatan banget, nih. Betina punya garis kuning di bawah perut dan paruhnya. Punggungnya juga cenderung kuning dan warna tubuhnya agak kusam.

Makanan

Kalau soal makanan, Cucak Kombo doyan banget sari bunga dan serangga kecil. Dia bisa ngunyah lalat, semut, tawon, kumbang, sampe ulat kecil juga, bro.

Perawatan

Buat temen-temen yang mau pelihara burung ini, harus siap-siap nih. Kalian harus sediain sari bunga atau nectar kayak yang ada di alam bebas. Bisa beli yang instan atau bikin sendiri, campur gula sama air dengan perbandingan 4:1. Jangan pake gula merah, madu, atau pemanis buatan ya, takutnya malah bikin burung sakit. Nah, tambahan makanannya juga penting, seperti kroto sama ulat hongkong buat jaga stamina si Cucak Kombo.

Satu lagi, jangan lupa ya, Cucak Kombo atau Kecial Kombo ini termasuk spesies yang dilindungi, guys. Ada peraturan pemerintahnya, tuh. Jadi, kita semua harus menjaga burung ini dan jangan langgar aturan perlindungan satwa yang udah berlaku, ya.

Jadi, itulah sedikit cerita tentang Cucak Kombo, burung yang lagi ngetren dan banyak diidolain para pecinta burung. Kalau kamu tertarik buat jadiin dia temen di rumah, jangan lupa kasih perawatan yang baik dan patuhi peraturannya, ya. Yuk, dukung kelestarian burung-burung kita!

Post a Comment

0 Comments