9 Manfaat Porang Atau Iles-iles, Sebagai Sumber Karbohidrat

Buah Pedia - Manfaat Porang atau Iles-iles atau porang merupakan jenis talas-talasan atau flora umbi yg mampu tumbuh pada daerah tropis dan sub tropis.

Di Indonesia, tumbuhan ini tumbuh secara liar karena masih jarang dikenal, sebagai akibatnya tidak terdapat upaya budidaya. Namun kini , mulai poly petani yang mengkomersilkan pertumbuhan umbi porang pada Indonesia.

Manfaat porang
Porang adalah tanaman umbi yang poly manfaat. Sumber karbohidrat, bahan primer untuk vegetarian, sampai keperluan industrial.

Tanaman umbi iles-iles mengandung glukomannan atau biasa dianggap Konjac Glucomannan (KGM) yg berbentuk tepung. Kandungan tepung ini sanggup diolah menjadi berbagai macam hal & berperan sebagai bahan pengganti.

Kandungan karbohidrat yg terdapat pada umbi iles-iles mencapai lebih dari 80%, membuahkan karbohidrat komponen terpenting di dalam flora ini.

Selain kaya akan karbohidrat, flora porang juga kaya akan manfaat buat aneka macam macam bidang mulai dari masakan hingga kesehatan, lho. Simak lebih lanjut buat mengetahui manfaat porang di bawah ini.

Manfaat Buah Porang :

1. Lem Ramah Lingkungan

Tanaman yg mengandung Konjac mampu menjadi perekat yang sangat rupawan. Selain cantik, lem yang didapatkan pula ramah buat lingkungan.

Dua. Bahan Campuran buat Industri

Kandungan Konjac dapat dijadikan bahan adonan buat menciptakan kertas yang kuat & tahan lama . Selain itu, porang juga mampu dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, menggunakan materi yg lebih baik & harga lebih murah.

Tiga. Bahan Obat

Kandungan KGM yg terdapat dalam tanaman porang ternyata berguna buat dunia kesehatan, yaitu digunakan menjadi bahan pembentuk kapsul obat-obatan.

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama, masih ada kandungan lem alami dalam flora porang yang digunakan buat merekatkan kapsul obat.

4. Pengganti Agar-agar

Tanaman porang memiliki serat tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah di pada air, nir mempunyai bau, & konsistensi yg menyerupai supaya-supaya. Hal ini mengakibatkan serat menurut porang bisa diolah, sebagai akibatnya sebagai misalnya agar-agar.

5. Pembersih Air

Glukomannan sangat cocok buat memurnikan air dan keloid dari minuman beralkohol, gula, minyak, dan jua serat. Lebih sehat dengan beras organik terbaik pada sini.

6. Isolator Listrik

Glukomannan dari flora porang pada bentuk gel bisa sebagai pengganti gel silikon. Gel silikon sangat mengagumkan buat mencegah penghantaran listrik & pula panas, mengakibatkan gel ini substitusi yang sama bagusnya.

7. Bahan Makanan Jepang

Kali ini ada penjelasan tentang manfaat tanaman porang pada bidang kuliner. Di Jepang, tepung konjac dijadikan bahan adonan buat menciptakan mie shirataki atau konnyaku.

8. Bahan Pengental Es Krim

Selain digunakan buat bahan makanan Jepang, terdapat manfaat Konjac lainnya di bidang kuliner. Kandungan Konjac juga dapat digunakan sebagai sirup atau pengental perekat dalam adonan es krim agar tidak cepat meleleh.

9. Mengurangi Kadar Kolesterol

porang, tanaman porang, umbi porang, iles iles, umbi iles iles, manfaat porang

Sumber Gambar: Bulletproof

Kandungan glukomannan pada tanaman porang umbi dapat mengurangi kadar kolesterol di darah. Selain itu, serat yg masih ada pada porang pula biasa digunakan menjadi cara lain diet, baik buat menurunkan berat badan maupun buat orang yg mempunyai diabetes.

Itu dia manfaat tanaman porang umbi pada berbagai macam bidang.

Sumber : Tokopedia

Post a Comment

0 Comments