Jelajah Nusantara : Wisata Pagat Batu Benawa yang Indah dan Bikin Ketagihan

Wisata Pagat Batu Benawa, Barabai, Kalimantan Selatan –Lagi di Barabai? bingung menentukandestinasi wisata mana untuk liburan seru dan bersantai?Objek Wisata Pagat Batu Benawaini bisa Anda jadikan pilihan, objek wisata yang sudah lama terkenal di Kota Apam satu ini sangat cocok dijadikan tempat me-refresh pikiran yang jenuh atau bosan dengan rutinitas harian yang itu-itu saja.

Loket Pintu Masuk di pagat batu Benawa, Tiket Masuk Pagat Batu Benawa, Pagat Batu Benawa

Destinasi wisata Pagat Batu Benawa sangatrecommendeddikunjungi bukan tanpa alasan,view indah, banyak spot foto keren, fasilitasnya sangat memadai dan tentunya beberapa tempat menarik di kawasan lokasi wisata Pagat berikut ini.

1. Taman Pagat Batu Benawa ,  Suguhan Pertama yang Dinikmati

Setelah menikmati pemandangan persawahan dan pegunungan meratus dari kejauhan, Anda akan sampai di Taman Pagat Batu Benawa dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000/orang (sewaktu-waktu bisa berubah). Di langkah kaki pertama memasuki gerbang, Anda akan merasakan kesejukan khas pegunungan dan pepohonan hijau.

Pagat Batu Benawa, Taman di pagat,

Di dalam lokasi taman ini tersedia berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati. Ada taman bermain anak, panggung hiburan, gazebo untuk istirahat, mushala, warung yang siap melayani Anda jika merasa haus lapar karena lelah berkeliling dan kedinginan setelah main air di sungainya, ada toilet, dan bahkan juga ada tokosouvenir untuk membawa pulang oleh-oleh.

Nanti saat berkeliling taman, Anda akan menemukan sebuah dinding yang dilukis menarik. Sebuah lukisan dari cerita legenda tentang terjadinya Pagat Batu Benawa. Sebuah legenda yang kisahnya serupa dengan legenda Batu Malin kundang di Sumatera Barat. Legenda yang sama-sama menceritakan tentang anak yang durhaka kepada ibunya yang kemudian menjadi batu.

Pagat Batu, Benawa, Lukisan dinding di Pagat Batu Benawa Barabai

2.Aliran Sungai yang Jernih Menyegarkan

Sungai yang ada di Wisata Pagat Batu Benawa dapat Anda jumpai setelah berjalan melewati pepohonan yang hijau di sisi kanan dan kiri sekitar 2 meter. Suara riak air sungai yang menghempas bebatuan yang cadas bagaikan sebuah orkestra alam yang memberikan kedamaian bagi Anda yang mendengarkannya.

Wisata Pagat, Wisata Batu Benawa, Sungai di Pagat, Jembatan di Pagat Batu Benawa

Bongkahan batu-batu yang ada di pinggir sungai dapat menjadi tempat Anda untuk duduk menikmati sejuknya air sungai. Bisa juga sebagai tempat Anda menunggu anak-anak bermain air di sungai yang aman untuk dinikmatinya.

3.Goa yang Memiliki Kesejukan dan Bikin Ketagihan

Goa ini berada di kaki bukit yang menarik untuk dimasuki karena di dalam gua sudah ada lampu listrik di sepanjang dinding atas gua. Sebelum sampai ke mulut gua, Anda ditantang untuk meniti puluhan anak tangga yang dalam  sepanjang 20 meter.

Gao Pagat, Wisata Pagat Batu Benwa, Pagat Batu Benawa di Barabai

Setiba di mulut gua, Anda akan terperangah karena disambut oleh angin segar yang berasal dari dalam perut pegunungan meratus. Anginnya menghembuskan hawa sejuk dan dingin seperti airconditioner tanpa mengenal waktu, pagi, siang, bahkan malam yang membuat Anda nyaman untuk duduk di sekitar gua terlebih dari dalam gua ini lah air sungai yang sejuk itu mengalir.

Lokasi Objek Wisata Pagat Batu Benawa

Lokasinya berada di Kaki Bukit Batu Bini, Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kal Sel). Jaraknya sekitar 8 Kilometer dari pusat Kota Barabai, bisa ditempuh sekitar 15 menit dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Terus lurus sekitar 5-7 Km dari  wisata Pagat ini Anda juga akan menjumpai wisata air keren lainnya di Barabai yaitu Manggasang tempat wisata pemandian alami sekaligus tempat cuci motor gratis.

Ketiga spot keren di Pagat di atas dapat Anda kunjungi sekaligus dalam satu hari. Segala keindahan alam yang ada diWisata Pagat Batu Benawa Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kaimantan Selatan ini akan membuat Anda ketagihan untuk berkunjung kembali. Apa lagi dengan biayanya yang relatif murah untuk mengajak keluarga besar Anda.Happy Travelling!

Post a comment

0 Comments