Jelajah Nusantara : Wisata Kerbau Rawa di Danau Panggang HSU, Negri di Atas Air

Wisata Kerbau Rawa Danau Panggang – Kalimantan Selatan, dengan segala keramahtamahan warganya, punya daya tarik yang khas sehingga membuatnya layak dikunjungi oleh siapa saja. Di antara tempat wisata eklusfif di Kalimantan Selatan, objek wisata yang benar-benar menawarkan eksotisme tingkat tinggi adalah wisata Kerbau Rawa Danau Panggang, Amuntai, Hulu Sungai Utara (HSU).

melihat-kerbau-rawa-danau-panggang-hsu

Wisata Kerbau Rawa, oleh masyarakat setempat disebut “kalang hadangan”.(Hadangan = kerbau ; bhs Banjar).

Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Wisata Kerbau Rawa Danau Panggang

Kerbau rawa(Babulus Bubalis)termasuk ternak ruminansi(plasma nuftah)yang perlu dijaga kelestariannya. Objek wisata unik di Kalsel ini tak akan mengecewakan, tiga hal menarik berikut ini bisa Anda lakukan di sini.

1. Menikmati pemandangan “negri di atas air”

Hal menarik pertama yg bisa Anda lakukan di kawasan wisata Danau Panggang adalah bersantai menikmati pemandangan tempat tinggal -rumah yang terbuat berdasarkan kayu, jalan dan dan jembatan kayu yg menjadi penguhubung anatara satu desa dengan desa yg lain.

objek-wisata-kerbau-rawa-danau-panggang-amuntai-hsu

Seriosly? Yap! Kecamatan Danau Panggang, teritorialnya 70% berupa rawa sedang, sedangakan daratannya hanya 30%. Sehingga sebagian besar masyarakatnya tinggal di atas air/rawa.Inilah negri di atas air!

2. Petualangan seru naik perahu menuju kandang hadangan di tengah rawa

Bagi orang yang benar-benar butuhrefreshing dari penatanya hiruk-pikuk kota, kegiatan naik jukung atau kelotok (sebutan perahu kecil atau sampan) membelah perairan rawa menuju kalang hadangan sangat seru dan menyenangkan.

kerbau-rawa-danau-panggang-hsu

Menuju sangkar kerbau rawa, Anda akan dimanjakan pemandangan aktifitas warga bantaran sungai, flora enceng gondok, bunga teratai, dll. Bila beruntung, Anda jua mendapati sekumpulan itik Alabio (bebek spesial Amuntai) yang pula diternakkan di sini.

wisata-kerbau-rawa-danau-panggang-amuntai-hsu

Waktu terbaik menuju kandang kerbau rawa dari dermaga Danau Panggang pada jam 06.00–07.00, karena kandang akan dibuka oleh pemiliknya sekitar jam 08.00–09.00. Kerbau akan beriringan berenang(bekunyung ; bhs Banjar) mencari makan.Berfoto di atas perahu dengan latar kerbau rawa berenang beriringan itu keren!

kalang-hadangan-di-danau-panggang-amuntai-hulu-sungai-utara

Atau bisa juga pada sore hari saat kerbau masuk kandang. Dan Anda akan disuguhkan pemandangan sunset memukau.Lensa kamera Anda pasti menagih untuk mengambil foto!

3. Belanja kerajinan tangan khas Danau Panggang

Kunjungan Anda juga bertujuan belanja aneka kerajinan tangah khas? Destinasi wisata kerbau rawa Danau Panggang ini merupakan loka yg pas.

kerajinan-tangan-danau-panggang

Jika wisatagunung Halau-Halau 1901 Mdpl menawarkan kerajinan gelang simpai,gunug Hauk 1325 Mdpl menawarkan berupa anyaman wadah dari rotan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Maka daerah Danau Panggang menawarkan bermacam kerajinan tangan, seperti bakul, kipas, tas, topi purun, tikar purun dan lainnya. Mereka memanfaatkan tumbuhan rawa sebagai bahan dasar.Kreatif!

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Kerbau Rawa pada Danau Panggang

Lokasi : Kecamatan Danau Panggang, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimatan Selatan (Kalsel), Indonesia.

Rute : Dari Banjarmasin atau Bandara Syamsyudin Noor, perjalanan ke Kota Amuntai memakan waktu 4-5 jam berkendara. Dilanjutkan dari amuntai menuju Danau Panggang sekitar 1,5 jam. Selanjutnya harus menyewa perahu di dermaga kecil pasar Danau Panggang untuk menuju lokasi kandang kerbau rawa. Harga sewa mulai dari Rp300.000  – Rp500.000(tergantung seberapa hebat menawarnya).

Membayangkan untuk bisa ke Wisata Kerbau Rawa Danau Panggang saja sudah terlihat seru bukan?Packing yuk!

Post a Comment

0 Comments