Jelajah Nusantara : Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget

Bukit Langara Loksado Begitu banyak bukti nyata Indahnya bumi Kalimantan Selatan, dan salah satunya adalah Wisata Bukit Langara. Sudah lama bukit Langara ini dikenal oleh wisatawan pecinta alam, bahkan artis sekelas kak Dion Wiyoko pun dalam lawatannya ke Kalsel 2015 lalu bersama tim MTMA menyempatkan untuk mengeksplore keindahan objek wisata keren ini. Ayo ke langara lagi dong, hee

bukit-langara-loksado-hulu-sungai-selatan-kalimantan-selatan

Pemandangan sunrise pada Bukit Langara Loksado

Nah sebelum kita ulas lebih jauh bagaimana sejuk dan indahnya pemandangan di Bukit Langara yang ngangenin ini, ada baiknya sobat mengetahui dulu di mana lokasi, bagaiamana cara menujunya, harga tiket dan tentunya trekking menuju puncak bukit ini. Setuju? Hee, OK baiklah.

Lokasi Bukit Langara Loksado

Lokasi atau alamat wisata alam bukit Langara berada di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Provinsi Kalimantan Selatan. Dari ibukota HSS yakni Kota Kandangan berjarak sekitar 23 Km atau lebih kurang 45 menitan mengendarai kendaraan.

Rute Menuju Bukit Langara Loksado

Anggap saja kita memulai bepergian dari pusat Kota Kandangan, nah bagi wisatawan berdasarkan luar daerah umumnya masih belum terlalu hafal bahkan masih asing dengan rute wisata satu ini. Agar memudahkan bepergian sobat travelers, sobat sanggup memakai fitur google maps dalam ponsel pandai sobat menjadi petunjuk arah. Kalau juga masih ragu atau gundah, sobat usahakan bertanya pada masyarakat lebih kurang.

Sederhananya, bila masih disekitaran kota Kandangan sobat tinggal minta arahkan untuk menuju kecamatan Loksado. Apabila sudah berada di jalur ini maka lokasi wisata sudah makin dekat & lebih mudah ditemukan. Yakni dekat pertigaan menuju desa Loksado & Batulicin.

Jalanan menuju tempat wisata bukit Langara pada Loksado ini relatif mulus, hanya saja relatif berliku & naik turun tanjakan. Jadi, hati-hati ya sobat pada mengendarai kendaraan.

BTW, ada beberapa tempat wisata alam serupa loh yang bakal sobat lewati diperjalanan menuju Bukit Langara, di antaranya. Bukit Batu Bini, Bukit Batu Laki, Goa Berangin Malutu, Bukit Palawan dan Bukit Halinjuang . Yuhuu..

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Langara Loksado

Sobat yg mau datang buat liburan pada wisata alam Bukit Langara Loksado akan dikenai porto parkir tunggangan roda 2 Rp5.000, bila roda empat Rp10.000.

Trekking Menuju Puncak Bukit Langara Loksado

Dari area parkir menuju puncak Bukit Langara, trekking atau pendakian normalnya hanya menghabiskan saat sekitaran 30 mnt. Jalur pendakiannya sedikit berbatu, dominan menanjak, tetapi teduh & ada beberapa area datar buat istirahat.

Keindahan Bukit Langara Loksado, Perpaduan Sempurna antara Sungai & Perbukitan

ke-eksotisan pemandangan di Bukit Langara tak akan terlupakan. Hamparan bebatuan, perbukitan hijau yang sejuk nan indah di sekeliling, sungai Amandit yang mengalir jernih dan tenang di bawahnya begitu memanjakan lensa kamera sobat, juga tentunya liburan yang akan benar-benar nge-refresh segala penat.

menikmati-liburan-di-bukit-langara-loksado

Photo by: @sitiayunisa_

Pokoknya sobat bakal banyak mendapati spot menarik mulai berdasarkan bepergian menuju lokasi, jalur trekking hingg area zenit yang sanggup sobat abadikan.

Selain dipenuhi bebatuan, pada puncak Bukit Langara jua terdapat beberapa pohon-pohon mini untuk sedikit berteduh.

Di puncak Bukit Langara nir bisa mendirikan tenda, lah kenapa? Emang mau tiduran di atas batu. Hehe

Waktu terbaik berkunjung ke Bukit Langara adalah pada pagi hari kalau tujuan sobat untuk menikmati hangat sunrise dan hamparan awan atau embun tipis, bisa juga sore hari untuk menikmati udara sejuk khas pegunungan sembari menunggu pemandangan sunset memukau dari atas puncak bukit Langara.

puncak-bukit-langara-loksado

Indah banget kan pemandangan pada Bukit Langara Loksado?

Hmm, kayaknya masih ada nih sobat yang ragu gimana keindahan sesungguhnya zenit Bukit Langara. Kalo gitu, coba deh sobat lihat tag IG #bukitlangara poly banget foto-foto super keren banyak sekali spot yg menggambarkan secara nyata wisata alam Bukit Langara.

trip-bukit-langara-loksado

Keindahan puncak bukit Langara Loksado memang tidak terbantahkan

photo by: @sitiayunisa

Waahhh, kelihatannya keren bercampur asyik juga ya menikmati pemandangan sekiling Bukit Langara sambil main hammock.

Tips Mendaki Bukit Langara Loksado

Yang pasti wajib hati-hati, & disarankan pakai sepatu supaya lebih enakan pijakan di atas batu. Wajib juga buat tidak membuang sampah sembarangan, wajib kantongin sampahnya kemudian buang ke loka yang telah disediakan.

Itulah informasi tentang Wisata Bukit Langara Loksado yang Sejuk dan Indah Banget. Yakin deh sobat gak akan nyesel liburan ke sini.

Post a comment

0 Comments