Jelajah Nusantara : Air Terjun Pematang Rindu Wisata Tersembunyi di Way Kanan

Pernahkah Anda ke Kabupaten Way Kanan? Kabupaten itu terletak di Provinsi Lampung.Sesuai dengan namanya, Kabupaten Way Kanan "Way adalah Air". Way Kanan merupakan kabupaten yang populer dengan wisata alam air terjun terbanyak di Provinsi Lampung.

Nah, Salah satu Air Terjun yang indah itu adalah Pematang Rindu. Wisata Curup  atau air terjun Pematang Rindu merupakan salah satu wisata yang berada di Kabupaten Way Kanan. Air terjun yang satu ini belum banyak orang yang mengetahui keberadaanya, dikarenakan lokasinya yang berada di pedesaan.

Namun waktu engkau sudah berada di lokasi air terjun ini, kamu akan langsung disambut sang segarnya air pegunungan yang sangat jernih dan suasana kurang lebih yg sangat alami.

Wisata  Air Terjun Pematang Rindu

air terjun pematang rindu
air terjun pematang rindu via insta @adysastrae

Tak galat memang, Kabupaten Way Kanan yang menarik memiliki hamparan perkebunan yg hijau dan hutan-hutan tropis yg masih terjaga, ternyata menyimpan surga alam yang tidak kalah indah menggunakan air terjun pada wilayah lain pada Indonesia khususnya provinsi Lampung.

Mengenal   lebih detile  Air Terjun Pematang Rindu, air yang jatuh dengan ketinggian 12 meter itu terletak di pertengahan antara Dessa Pematang Rindu dan Talang Asoy. Itulah mengapa air terjun itu dinamai Curup Pematang Rindu.

Curup ini dahulu dijadikan pemandian warga sekitar disaat kemarau. Dan sekarang berkat keindahan nya dan lokasinya yang sangat unik seperti didalam berada didalam  Goa itulah sebabnya sekarang dijadikan tempat wisata dan tempat ngecamp.

Lokasi Wisata  Air Terjun Pematang Rindu

Lokasi wisata alam ini tidak kalah indah dan sejuknya dengan  wisata air lainnya yang berada di Way Kanan. Air Terjun Pematang Rindu juga memiliki pesona dan keindahan tersendiri. Lokasi air terjun ini berada di kawasan Hutan lindung register 24 bukit punggur pematang rindu Kampung Menangasiamang, Kecamatan Banjit , Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung Lampung.

Akses menuju lokasi ini dibilang sulit karena buat menuju kelokasi ini kita harus memakai motor gigi atau motor yg sudah dimodifikasi spesifik adventure, jangan memakai motor matic,jalan tanah setapak dan terjal akan kita temui disetiap perjalan menuju loka ini. Akan namun,bepergian panjang yang melelahkan itu akan terbayar lunas sang estetika Air Terjun Pematang Rindu ini.

Setelah sampai di Desa Pematang Rindu, kita seluruh masih wajib melanjutkan perjalan ke lokasi Curup Pematang Rindu dengan berjalan kaki berdasarkan tempat parkir hingga ke lokasi Curup tadi.

Selain itu,ditengah bepergian menuju ke inti curup kita wajib melewati tebingan yg saat hujan akan sangat licin,bukan hanya tebingan kita juga melewati jalan menanjak juga batu akbar 10 meter sebelum hingga ke inti.

Untuk sampai kesana kita memerlukan waktu berjalan kaki  sekitar 20 menit.Dijamin, perjalanan yang cukup jauh akan hilang setelah kita sampai di lokasi. Pemandangan alam yang begitu indah dan sejuk menghilangkan penat kita menuju lokasi wisata itu.

Sekitar 10 meter menuju lokasi inti curup itu, mulai terdengar suara gemercik air terjun  mengalun di telinga kita dan embun nya juga mulai membasahi rambut kita. Tiba di lokasi rasakan sensasi sejuknya air terjun setinggi 12 meter itu.

Harga Tiket Masuk ke Wisata  Air Terjun Pematang Rindu

harga tiket masuk ke air terjun pematang rindu
harga tiket masuk ke air terjun pematang rindu via insta @ajoozid

Untuk  masuk ke wisata ini kita cukup membayar parkir  saja sebesar Rp.5,000/kendaraan dihari normal,jika dihari besar seperti hari raya tarifnya menjadi Rp.10,000/kendaraan. Tarif ini berlaku untuk kendaraan roda 2 saja.

Saya sarankan buat Anda yang ingin berkunjung ke Curup yang satu ini tidak menggunakan roda 4 dikarenakan lokasi parkirnya yang menebing dan memasuki kebun-kebunan. Kalaupun Anda membawa tunggangan beroda 4 anda harus menitipkan tunggangan anda dihalaman tetangga kurang lebih dan anda wajib berjalan kaki menuju ke lokasi yang tidak mengecewakan agak jauh.

Fasilitas di Wisata Air Terjun Pematang Rindu

fasilitas di air terjun pematang rindu
fasilitas pada air terjun pematang rindu via insta @farly_setiawan

Karena wisata ini masih baru dikenal oleh masyarakat Way Kanan dan masih sangat alami,jadi fasilitasnya masih terbatas,dilokasi Curup bangsa terdapat banyak penjual minuman  d dan makanan ringan jadi Anda  jangan khawatir. Wisata ini cocok untuk berendam,membuat acara masak-masak dengan keluarga dan rekan kerja.

Tempat ini juga bisa dijadikan lokasi ngecamp  untuk Anda yang suka berpetualang. Akan tetapi,disekitar lokasi Curup ini belum tersedia penginapan untuk wisatawan dari kota yang jauh,penginapan tersedia jauh sekali dari tempat wisata Curup ini karena posisi Curup yang masuk pedesaan.

Tips Berwisata ke Air Terjun Pematang Rindu

tips berwisata ke air terjun pematang rindu
tips berwisata ke air terjun pematang rindu via insta @fandi.Sm

Untuk  berkunjung ke wisata yang satu ini adalah di pagi hari agar Anda tidak kemalaman menuju pulang,Dan pastikan Anda memakai sepatu karena jalan menuju lokasi yang menebing dan banyak bebatuan.

Dan jangan lupa untuk mengabadikan nya menggunakan merogoh foto dan video agar kunjungan Anda menerima output yg memuaskan disini.

Mau memahami misalnya apa keindahan wisata alam Curup Pematang Rindu itu? Silahkan tiba ke lokasi.

Penulis Cek Instagram @listiani424

Post a comment

0 Comments