Jelajah Nusantara : Lucu! 6 Tipe Kelakuan Pendaki Gunung Kalau Lagi kelelahan. Ada Tipe Pendaki Galau Lho!

Yap! Mendaki gunung itu capek dan melelahkan, dan itu tak bisa dihindari. Walau pergi mendaki bareng pangeran atau bidadari sekalipun, rasa letih sedikit banyaknya akan terasa.Yakaan :’)

Kadangkala, justru trip bersama orang terkasih (terutama cowok) terdapat rasa gengsi buat mengucap kata lelah dan lantas meminta istirahat sejenak mendaki kepada rombongannya.

?Cewe aja bertenaga, masa lu tiap 1 menit minta berhenti sih?

Atau jua gengsi dalam pendaki pemula...

 ?Dia yg baru kali pertama daki gunung aja bertenaga, masa lu yang udah tak jarang dikit-dikit minta berhenti sih?

Sebenarnya hal itu wajar-wajar saja, namun kalo tiap 10 langkah minta berhenti. Bisikin yang keras ditelinganya “Jangan dipaksain, kalo mau camping yang gak lelahin dirikan tenda di halaman rumah lu aja”

Banyakin bercanda aja ya guys. Berikut tipe-tipe pendaki kalau lagi kelelahan. Kira-kira kamu termasuk yg mana?

1. Tipe pertama merupakan pendaki lelah yg amanah. Maksudnya, beliau paham benar akan kapasitas tenaganya. Bahkan tanpa ragu sebelum memulai pendakian dia akan bilang akan acapkali meminta istirahat.

"Temen-temen.. aku capke nih.. berhenti bentar ya.."

"Ok..."

*sekitar 15 menit jalan*

"Temen-temen istirahat lagi yuk.. minum dulu boleh ya sambil lemesin otot kaki yang tegang.. 20 menitan lahy ya..."

***                                                                                                                                                                                                                  "Aku kok tiba-tiba ingin istirahat lagi, berhenti lagi boleh ya???"                                                                                                                 "Hmm jalan sama istirahat lammaan istirahat.. kapan nyampaiinya?

Tipe yang satu ini tak hanya jujur tapi juga manja.  Capek dia bilang capek, haus dia bilang haus. Asal masih dalam batas kewajaran ya nggak papa, turutin aja, pendaki itu harus solit. Tapi kalo tiap 5 menit berhenti, ya udah langsung bangun tenda di tengah jalan aja. Besok langsung balik #ehh

dua. Ada jua yang sok kuat, segala lelah yg dirasa dan peluh bak bijian jagung yang bercucuran seolah diabaikan. Tipe ini bilang jikalau stok tenaganya masih banyak, tapi kok jalannya makin lammaaaaa ya?

"Bro.. kayaknya lu mulai capek ya? berenti dulu nggak papa lho..."

"Belum capek  gue.. masih kuattt bro... kemmaren-kemaren udah latihan lari.. stok tenaga masih banyak..."

*5 menit kemudian"

"Broo.. ngirit banget jalan lu.. kok jadi  ketinggalan jauh di belakang gitu... kalau lelah bilang woy..."

Percayalah, dalam setiap rombongan seenggaknya ada satu orang pendaki model begini. Apalagi kalau dia gabung dengan teman atau komunitas pendaki barunya. Bisa jadi dia merasa, kalau mengaku lelah dan meminta waktu istirahat, bakal turun reputasinya sebagai pendaki senior. Ini mah kegedean gengsi!

3. Pendaki modus. Biasanya kan bila mendaki gunung cewek bakal capek duluan, nah ini jadi kesempatan beliau. Dia bakal nyaranin para cewek buat istirahat, padahal dianya sendiri yang butuh banget rehat.

"Girlsss... kalian pada capek yakan? Rehat aja dulu bentar, kita tungguin kok..."

*Hehe.. iya lumayan capek kak... rehat 10 menit ya kak...*

"YEESSS..... berhasil..."

4. Gaya-gaya penelitian. Tipe pendaki kelelahan ini, dia akan berceracau nggak kentara, datang-tiba berhenti & sok mengamati flora contohnya.

"Bro.. broo... ini pohon apa ya? keren banget tuh, batangnya segede kamar gue.. kalo gue cabut pohonnya terus bawa pulang, boleh gak yah..."

*Setelah 10 menit jalan*

"Anjiirrr... ni bunga hutan cantik banget warnanya.. tuh lihat ada kembang yang mau mekar lagi, kita tungguin sammpai mekar yaa..."

Tenang, kalau kamu mendapati teman pendakian macam ini, mereka nggak gila kok sebenarnya. Semua orang emang resek, ngeselin, lucu kalau lagi capek.  Kasih air minum aja, beres!

Lima. Ada lagi nih tipe pendaki yg BAPER alias GALAU. Kalau ada yang tiba-datang mewek dan lantas duduk pada tepi tebing bilang inget mantan, kamunya jangan pribadi tempramental apalagi hingga ikut-ikutan keingat mantan.

Tipe pendaki galau adalah yang jalannya gontai, mukanya sendu, dan dikit-dikit curhat. Tiba-tiba berhenti, duduk di pinggir tebing lalu nangis dan bilang inget mantan. Kamu harus Hibur dia… #eaaaa

"Sudahlaahh... jodoh gak akan kemana, kali aja ada di Bukit Raya ini..."

*makin kenceng nangisnya*

"Yang sabar.. emang kapan sih putusnya??"

"Lima tahun yang lalu.. #sambiltersedusedu.."

*^%$(@#^*('%*

Ngeriiii… padahal putusnya udah lama, temen chatnya banyak. Yaudah sih istirahat kita…

6. Yang terakhir ialah tipe pendaki pendiam. Terhoror lah ini, dia jarang bersuara, eh diem-diem pingsan...

Tipe yg satu ini yg paling patut engkau waspadai. Kalau mampu yang pendiam jangan ditaruh belakang, taruh barisan tengah atau depan sekalian, izin jika kenapa-napa gampang ketahuan. Jangankan Cuma lelah, beliau laper, sakit, kebelet jua nggak bakal bilang.

Jadi, menurut enam tipe pendaki lelah pada atas, kamu termasuk yg mana? Jawab yg amanah ya :D

Setelah membaca postingan ini, semoga kamu mampu belajar peka terhadap temanmu yang tiba-datang jadi aneh perilakunya. Alangkah baiknya, jika semenjak awal mau mendaki, kalian telah bersepakat buat beristirahat tiap berapa lama perjalanan menggunakan durasinya yg pula telah dipengaruhi.

Selamat mendaki, Salam Lestari

Post a comment

0 Comments