Jelajah Nusantara : Kesejukan Air terjun Curug Gangsa di Way Kanan Lampung

Hai teman-teman! Kita udah selesai bahas tempat wisata di Kabupaten Tanggamus kemarin, sekarang kita mau bahas tempat wisata di Kabupaten Way Kanan, Lampung nih.

Jadi, Kabupaten Way Kanan ini ada di Provinsi Lampung. Kabupaten ini sebenarnya dulunya bagian dari Kabupaten Lampung Utara, tapi sekarang udah jadi daerah sendiri.

Meskipun Way Kanan agak jauh dari pantai, tapi ternyata punya destinasi wisata yang keren, loh! Kabupaten ini punya potensi alam yang bagus, terutama dengan banyaknya perbukitan di sekitarnya. Mereka sukses mengembangkan destinasi wisata air terjun yang seru banget. Nah, kita bakal bahas beberapa air terjunnya di bawah ini.

Curug Gangsa di Lampung

curug gangsa way kanan lampung
curug gangsa way kanan lampung via insta @ribkatravelstories

Nah, Curug Gangsa itu adalah air terjun yang airnya mengalir dengan deras, tingginya sekitar 45-50 meter dan lebarnya sekitar 15-20 meter. Mantap banget kan pemandangannya!

Air terjun ini airnya berasal dari Sungai Way Tangkas yang mengalir dari Bukit Punggur melewati beberapa desa di Kecamatan Kasui. Desa-desa itu antara lain Desa Tanjung Kurung dan Desa Lebak Peniangan, yang berada di bawah kaki bukit dusun Tanjung Jaya.

Harga Tiket Masuk ke Curug Gangsa di Lampung

Harga tiket masuk ke wisata air terjun Curug Gangsa sebesar Rp. 5000,- per motor. Tentunya dengan tiket masuk yg tidak mahal ini tidak akan membuat kantong kamu jebol ya.

Setalah berada di dalam loka wisata ini beragam spot & pemandangan latif dapat kamu termui, selain melihat indahnya air terjun yang terdapat, engkau pula akan disuguhkan sang beberapa fasilitas penunjung yang terdapat disana.

Lokasi dan Aksek Jalan Menuju Curug Gangsa di Lampung

Air terjun Curug Gangsa berlokasi pada Desa Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Kode Pos 347767.

Untuk menuju air terjun curug gangsa ini sebenarnya bolah dibilang nir terlalu sulit, sekarang sudah ada beberapa jenis apliakasi yang dapat memandu engkau buat hingga di Air terjun Curug Gangsa, contohnya misalnya layanan google maps.

Apabila engkau mengunjungi Curug Gangsa berdasarkan Kota Bandar Lampung, engkau memerlukan ketika kurang lebih 4 jam 12 mnt, dengan jeda tempuh lebih kurang 199 km.

Setibanya pada Blambangan Umpu dekat menggunakan Islamic Centre Way Kanan Kabupaten Way Kanan, kamu perlu menempuh bepergian sekitar 1 jam 2 mnt lagi buat hingga pada Air terjun Curug Gangsa.

Fasilitas pada Curug Gangsa pada Lampung

curug gangsa way kanan lampung
curug gangsa way kanan lampung via insta @rivaldihananto

1 Spot Foto Air Terjun

Setiap pengujung yang berwisata kesuatu loka telah niscaya ingin melihat keindahan yang terdapat dilokasi tersebut. Nah, pada curug gangsa kamu akan menemukan beberapa spot foto yang menarik, selain kamu bisa berfoto menggunakan background ait terjun yang sangat megah.

Dua Saung/Pondokan

Nah, jika engkau ingin bersantai setelah puas menikmati estetika alam yg ada di Curug Gangsa, engkau bisa duduk-duduk kalem semabari menikmati makanan yang telah kamu bawa, atau yg telah engkau beli pada pedagang yg terdapat disekitaran loka wisata tersebut.

Tiga Jembatan

Didekat wisata air terjun Curug Gangsa ada sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, jembatan tersebut sangat cocok buat engkau jadikan sebagai loka buat berfoto dengan beckground air terjun yg latif dibelakangnya.

Hotel atau Penginapan terdekat dari Air Terjun Curug Gangsa

Kalau kamu mau liburan atau menginap di Kabupaten Way Kanan, coba deh lihat beberapa hotel atau penginapan di Lampung Tengah. Kami punya rekomendasi hotel yang oke buat kamu, nih!

Ada Hotel Wisata Bandar Jaya, hotel ini cocok banget buat kamu yang suka backpackeran. Tempatnya nyaman banget, deh! Lokasinya di Jalan Prokamator, Bandar Jaya Timur, Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Harganya juga terjangkau banget, cuma sekitar Rp. 176.000 per malam. Dengan harga segitu, kamu udah bisa tidur nyenyak di tempat tidur yang nyaman dan dapet sarapan yang diantar ke kamar.


Tips untuk liburan ke Curug Gangsa di Lampung:

Pertama, jaga kondisi tubuhmu. Soalnya jalan menuju air terjun ini agak susah dilalui, meskipun masyarakat setempat udah memperbaiki akses jalannya.

Kedua, selalu jaga kebersihan tempat wisata ini. Jangan buang sampah sembarangan dan jangan coret-coret bebatuan di sekitar air terjun. Biar tetap indah alamnya dan lingkungannya bersih.

Ketiga, pakai sepatu atau sandal yang nggak licin. Supaya pas kamu lewatin bebatuan di sekitar air terjun, nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Nah, itu tadi ulasan tentang wisata Curug Gangsa. Kalau menurutmu artikel ini bermanfaat, boleh banget kamu bagikan ke teman-temanmu!

Post a Comment

0 Comments