Jelajah Nusantara : Gunung Titi Limpasu, Surga Kecil yang Jarang Terjamah

Gunung Titi Limpasu, Barabai (HST), Kalimantan Selatan – Mendaki gunung bisa dikatakan sebagai aktivitas berwisata alam yang paling tinggi peminatnya. Omong-omong mendaki gunung, di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terdapat gunung yang asyik untuk didaki yakniGunung Pihandam atau yang lebih dikenal dengan sebutanBukit Titi atau Gunung Titi.

Berapa ketinggian Gunung Titi?

Menurut peta yg dibentuk oleh Belanda di tahun 1920, ketinggian Gunung Titi mencapai 313 Mdpl.

Pemandangan Gunung Titi di Pagi Hari, Sunrise gunung titi, Keindahan Gunung Titi

Berlokasi pada Desa Hawang, Limpasu. Gunung Titi merupakan rangkaian berdasarkan pegunungan Meratus yang eksotis. Walau tidak terlalu tinggi, pemandangan di Gunung Titi tidak perlu diragukan lagi, udara sejuk & suasana alam yg masih asri terjaga menggunakan baik akan membuahkan liburan Anda dan teman-sahabat semakin berkesan.

Keindahan & Daya Tarik Gunung Titi

Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pemukiman warga sehingga mudah untuk dituju, yakni dekat dan bisa dituju mulai dari Desa Hawang, Pihandam, Pauh dan desa Natih di Kecamatan Batang Alai Timur.

Pemandangan Gunung Titi, Pemandangan Bukit Titi, Gunung Titi Limpasu,

Pemandangan indah di gunung satu ini juga bisa dibilang komplit. Saat di Gunung Titi, pada pagi harinyasunrise-nya begitu elok dilengkapi pemandangan berawan tipis, di siang hari akan nampak jelas deretan pegunungan Meratus yang megah memanjang, pada sore hari atau senja walaupun bukan di pantai pemandangansunset di Gunung Titi begitu memukau. Dan di malam hari akan terlihat nyala lampu-lampu kota, di arah Barat ada kota Barabai, dan Kota Paringin, Kabupaten Balangan di arah Utara. Semua pemandangan indah dari puncak Gunung Titi ini bisa Anda nikmati dengan camping di puncaknya. Jangan sampai terlewatkan ya!

Jalur Pendakian Gunung Titi

Untuk menjajakkan kaki di puncak Gunung Titi, Anda bisa mendaki “punggungnya” dengan berjalan kaki atau menaiki motor. Tapi agar perjalanan mempunyai kesan mendalam, sebaiknya dengan jalan kaki saja. Jalur yang akan Anda lewati bisa dibilang cukup mudah, jalur pendakiannya cukup lebar, namun lumayan berbatu, dan agak licin kalau hujan. Walupun dikatakan mudah, apabila tidak hati-hati justru akan sebaliknya.

Gunung Titi, Bukit Titi, Jalur Pendakian Gunung Titi, Keindahan Gunung Titi

Pendakian menuju puncaknya, jika nir poly istirahat kira-kira hanya memakan waktu kurang lebih 80 menit-an. Dan mampu hampir dua jam bahkan lebih jika poly istirahat sembari berfoto ria. Vegetasi dominan di sepanjang jalan sampai zenit Gunung Titi adalah rerumputan ilalang & pepohonon kecil. Sementara satwanya merupakan burung dan kera. Suasana di Gunung ini cukup menenangkan buat mencari kesejukan yang sulit ditemui pada perkotaan.

Gunung Titi, Pemandangan Gunung Titi, Bukit Titi, Pemandangan Bukit Titi

Oh iya, ternyata Gunung Titi ini memiliki 2 area puncak lho. Namun yang cukup luas adalah puncak yang pertama. Luas puncak tersebut juga didukung dengan kontur tanah yang lumayan datar. So!rasanya puncak Gunung Titi atau Bukit Titi ini cocok dijadikan lokasi kegiatan pertemuan komonitas pecinta alam yang memerlukan area puncak yang luas.

Lokasi, rute, fasilitas & Harga Tiket Masuk gunung Titi

Lokasi :Gunung Titi Berlokasi di Desa Hawang, Kecamatan Limpasu, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Rute:Banajarmasin – Barabai – Pertigaan Desa Kapar, ambil arah belok kanan – Birayang, di pertigaan tugu pilih arah kiri menuju desa Birayang Surapati – di Birayang Surapati Anda akan menjumpai pertigaan lalu ambil arah kanan menuju Kecamatan Limpasu – Desa Hawang.

Fasilitas :Fasilitas di tempat wisata Gunung Titi sangat minim, fasilitas yang tersedia hanya area parkir di kaki gunung/ bukit.

Harga tiket masuk : Rp10.000/orang.

Tarif parkir : Rp5.000 apabila tidak camping/ bermalam dan Rp10.000 apabila camping.(Harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Tips Berwisata pada Gunung Titi

  1. Jaga Kebersihan, pastikan Anda ikut menjaga kebersihan dan keelokannya. Jangan merusak keasrian alam di sana.
  2. Jika ingin bermalam dan berkemah. Bawalah peralatan sendiri sekaligus perbekalan untuk konsumsi dari rumah, karena di area lokasi wisata ini masih belum tersedia jasa sewa alat untukcampingdan warung yang menjajakan makanan.
  3. Jika ingin leluasa menikmati panorama di gunung Titi, sebaiknya berkunjung saat sore hari.
  4. Siapkan kamera terbaik Anda. Tak apalah tanpa SLR. Kamera dismartphone Anda pun jadi.

Itulahreview singkatGunung Titi Limpasu, surga kecil yang jarang terjamah. Yukpacking!

Happy Travelling!

Post a Comment

0 Comments