Jelajah Nusantara : Bukit Batu Riam Kanan, Afrikanya Kalimantan Selatan

Wisata Bukit Batu Riam Kanan – Kawasan Afrika memang terkenal akan pemandangan padang savana nan indah dan satwa-stawa liarnya. Dan pemandangan serupa bisa Anda jumpai apabila berkunjung ke Bukit Batu di Riam Kanan Kalsel, hanya saja hamparan padang rumput kuning kecoklatan disini bukannya ditemani satwa-satwa liar melainkan perairan waduk Riam Kanan dan bentangan pegunungan serta perbukitan di kejauhan, Bukit Tiwingan salah satunya. Pemandangan gersang namun menyejukkan!

Pemandangan bukit batu riam kanan kalsel

Sekilas Tentang Penamaan Bukit Batu Riam Kanan

Ada yang menyebutnya Bukit Batu terdapat jua Gunung Batu. Ya, penamaan itu diambil lantaran banyaknya bebatuan yang tersembunyi di antara padang ilalang. Oleh karenanya, Anda wajib berhati-hati saat trekking pada bukit ini.

Keeksotisan Bukit Batu Riam Kanan

apabila berkunjung dalam musim hujan, pemandangan sekitar terlihat hijau menggunakan suasana sejuknya.

wisata bukit batu riam kanan

Tetapi saat kemarau, lokasinya terlihat gersang. Rumput & padang ilalang setinggi lutut orang dewasa akan berwarana kuning agak coklat dampak kekeringan. Tetapi itulah yg menjadi daya tarik Bukit Batu sensasi berpetualang pada savana Afrika.

bukit batu aranio riam kanan

Berwisata alam di Bukit Batu Riam Kanan juga akan dimanjakan pemandangan sunrise dan sunset. Semburat kilau hangat mentari di pagi hari hingga berubah kejinggaan di senja haritampak senada dengan rumput ilalang di Bukit Batu. Dan berlanjut berburu milkyway di malam hari.

keindahan bukit batu riam kanan

Keindahan alam yang tak bisa ditolak ini, tak sedikit membuat para traveler yang datang untuk memutuskan bahkan menyengajakan diri untuk camping atau bermalam di wisata ini. Medan yang mudah memungkinkan kita untuk mebawa banyak bekal tanpa terlalu menguras tenaga. Kita bisa membawa makakanan ringan yang banyak, teh, kopi, roti, sosis dan jagung untuk kuliner bakar-bakar serta gitar untuk bernyanyi menikmati tempat ini. Yuk luangkan waktu menikati keindahan Bukit Batu!

Lokasi dan Cara Menuju Bukit Batu Riam Kanan

Bukit Batu berada pada Desa Sungai Luar, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

cara menuju bukit batu riam kanan

Dari Banjarmasin menuju Waduk Riam Kanan bisa ditempuh lebih kurang sekitar 95 menitan. Dari dermaganya, Anda & mitra-mitra perlu menyewa bahtera kelotok buat menyebrang ke Bukit Batu dengan biaya 500 ribu. Penyebrangan berlangsung kurang lebih 45 menitan yang mana pemandangannya pula sangat indah.

Tips Wisata pada Bukit Batu

  1. Agar tak terlalu terik dan angin lebih terasa sepoi-sepoi berkunjunglah saat sore hari.
  2. Untuk mendirikan tenda di Bukit Batu ini tentunya pilihlah tempat yang rata yang tidak banyak batuan besar. Bawalah matras untuk membuat alas tambahan karena juga banyak kerikil-kerikil yang mengganjal.
  3. Tetaplah menjaga kebersihan dimanapun Anda berwisata.
  4. Hati-hatilah berain api. Api unggung atau putung rokok yang belum mati sempurna bila dibuang sembarangan bisa memicu kebakaran, kan?

Itulah review singkat Bukit Batu Riam Kanan, Afrikanya Kalimantan Selatan dengan padang savananya yang luas. Jika tabungan belum cukup untuk terbang langsung ke Afrika, maka objek wisata ini adalah solusi nomero uno. Yuk ke SINI!

Post a comment

0 Comments